Sukses

10 Cara Mengurangi Mata Minus dan Silinder Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki keluhan mata minus kini juga kerap disandingkan dengan mata silinder. Mata minus merupakan kondisi ketika mata tidak bisa melihat jarak jauh. Sedangkan, mata silinder merupakan kondisi ketika kornea mata tidak sempurna dan menyebabkan penglihatan kabur. Keduanya memang sulit disembuhkan tanpa penanganan medis, tetapi bisa dikurangi. Cobalah untuk menerapkan Cara Mengurangi Mata Minus dan silinder secara alami.

Cara mengurangi mata minus dan silinder secara alami ini penting sekali dilakukan. Tujuannya agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu dengan penglihatan yang kabur karena minus dan silinder yang dimiliki. Alih-alih memilih menggunakan kacamata, lebih baik mulai menguranginya secara alami bukan?

Jika tidak berupaya menguranginya secara alami, maka kondisinya akan semakin parah. Kondisi mata minus dan silinder parah pada akhirnya hanya bisa diatasi dengan tindakan medis seperti operasi. Meski begitu, risiko tindakan medis juga cukup tinggi. Jadi, lebih baik mulai terapkan cara mengurangi mata minus dan silinder secara alami ini.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengurangi mata minus dan silinder secara alami dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020).

2 dari 5 halaman

Mata Minus

Menjemur Mata

Menjemur mata merupakan salah satu cara mengurangi mata minus. Kegiatan ini bisa dilakukan secara rutin setiap pagi. Cobalah untuk menutup kedua mata dan mulai arahkan ke posisi yang terpapar cahaya matahari.

Pertahankan posisi ini kurang lebih 10 menit sampai mata terasa hangat. Rutin melakukannya setiap pagi akan membuat hasilnya lebih maksimal. Selain dapat mengurangi mata minus, kegiatan ini juga akan membuat tubuh mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari.

Melepas Kacamata

Melepas kaca mata bisa membantu mengurangi mata minus. Melepas kaca mata yang dimaksud adalah ketika melihat dengan jelas tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya ketika sedang membaca buku dengan jarak dekat, makan, dan sedang bersantai. Cara mengurangi mata minus ini akan membuat mata terbiasa fokus dengan lensa. Terus menggunakan kacamata justru hanya akan membuat otot mata tegang karena bola mata jarang bergerak.

3 dari 5 halaman

Mata Minus

Melatih Fokus Penglihatan

Melatih fokus penglihatan juga bisa membantu mengurangi minus pada mata. Latihan fokus ini juga tidak memerlukan alat yang mahal. Hanya perlu menggunakan bolpoin atau jari. Cobalah untuk meletakkan jari dengan jarak 10 cm. Posisikan diri dengan duduk yang nyaman.

Jika sudah, fokuskan pandangan ke arah jari. Kemudian, secara perlahan alihkan fokus ke objek di belakang jari. Lakukan tanpa menggeser menggeser posisi kepala. Untuk hasil fokus maksimal, ulangi cara mengurangi mata minus ini sebanyak 10 kali dalam sehari secara rutin.

Terapi Lilin

Terapi lilin juga dikenal sebagai satu cara mengurangi mata minus yang mudah dilakukan. Sama seperti latihan fokus dengan bolpoin dan jari. Cobalah untuk mulai menyiapkan lilin dan menyalakannya. Posisikan diri dengan duduk yang nyaman. Lalu, tataplah lilin selama beberapa menit dan jangan berkedip sama sekali.

Selain tanpa berkedip, cobalah untuk menatap lilin sampai keluar air mata. Jika air mata sudah keluar maka hentikan. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan terapi lilin ini beberapa kali dalam satu minggu. Jangan pula melakukannya setiap hari, karena akan membahayakan mata.

 

4 dari 5 halaman

Mata Silinder

Olahraga Mata

Olahraga mata setiap hari dipercaya bisa membantu mengurangi silinder pada mata. Olahraga mata ini akan membantu kelenturan mata dan mencukupi oksigen mata. Cobalah untuk menggerakkan mata ke kiri dan kanan.

Kemudian fokuskan pandangan lurus ke depan. Pijat juga pelipis kanan dan kiri yang searah jarum jam. Lalu, pijit secara perlahan pada bagian bawah kepala. Lakukan cara mengurangi mata silinder ini minimal di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Kompres Air Hangat

Mengompres mata dengan air hangat bisa membantu mengurangi silinder pada mata. Cara mengurangi mata silinder ini sebaiknya dilakukan ketika sedang bersantai. Sesekali coba lepas kacamata untuk mengurangi ketergantungan kacamata. Lalu, mulailah kompres dengan air hangat. Mengompres mata dengan air hangat akan membantu otot mata lebih lentur, rileks, dan tidak tegang.

Hindari Kebiasaan Buruk

Tidak bisa dipungkiri karena kebiasaan buruk seperti membaca terlalu lama akan menambah silinder mata. Termasuk kebiasaan menonton televisi terlalu dekat dan berada di depan komputer dengan penerangan buruk. Menghindarinya akan membantu mengurangi silinder pada mata.

Selalu kondisikan mata senyaman mungkin agar tidak terlalu lelah dan tegang. Jaga juga kebersihan mata dengan merendam kapas pada air bersih. Seka mata dari sisi kiri ke sisi kanan untuk menghilangkan kotoran.

5 dari 5 halaman

Nutrisi Mata Minus dan Silinder

Wortel

Tidak bisa dipungkiri karena mengonsumsi wortel memang salah satu cara mengurangi mata minus dan silinder. Mengonsumsinya dengan cara apapun tidak akan menghalangi manfaat wortel untuk mata. Misalnya saja bisa menjadikannya sup atau jus segar.

Hal ini disebabkan karena wortel kaya kandungan Vitamin A. Bahkan, vitamin A juga memiliki beta-karoten yang masih mampu memroduksi vitamin A lebih banyak. Selain mampu mengurangi mata minus dan silinder, mengonsumsinya akan membantu mencegah minus dan silinder pada mata sehat.

Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata mampu membantu menutrisi mata. Tidak heran jika mengonsumsi lidah buaya termasuk cara mengurangi mata minus dan silinder. Sebab, lidah buaya mampu mencegah berbagai jenis penyakit mata dan meredakan penyakit mata seperti minus/silinder. Lidah buaya ini bisa dikonsumsi secara langsung dengan cara dibuat jus. Bisa juga menjadikannya manisan atau mencampurnya dengan madu/lemon/kenari.

Buah Bit

Buah bit ternyata mampu membantu menyehatkan mata. Salah satunya mampu mengurangi minus dan silinder pada mata. Cobalah untuk mengonsumsinya dengan mengolah menjadi jus.

Bisa juga dengan mencampurnya dengan buah belimbing atau wortel. Konsumsilah secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Selain melakukan cara mengurangi mata minus dan silinder, terapkan pola hidup sehat sebagai penunjangnya.