Sukses

8 Obat Alami untuk Ambeien Luar, Bisa Diobati di Rumah

Terapkan obat alami untuk ambeien luar agar tidak perlu dilakukan penangan medis seperti operasi.

Liputan6.com, Jakarta Ambeien merupakan kondisi ketika pembuluh darah anus mengalami pembengkakan. Ambeien luar ini terjadi tepat di luar rektum atau sekitar lubang anus. Ambeien luar akan semakin parah jika ukurannya semakin besar dan mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Pada kondisi ini, obat alami untuk ambeien luar bisa digunakan.

Ambeien luar akan membuat penderitanya merasakan perih, panas, dan gatal di sekitar anus. Terkadang, ambeien luar juga membuat buang air besar disertai dengan darah. Pembengkakan di bawah kulit sekitar anus juga akan membuat anus terasa nyeri. Salah satu solusi untuk meredakan gejalanya adalah dengan lebih telaten menggunakan obat alami untuk ambeien luar.

Sebenarnya sebagian kasus ambeien bisa sembuh dengan sendirinya. Meski begitu, menangani ambeien luar lebih dini dengan obat alami untuk ambeien luar akan sangat meringankan gejalanya. Pembengkakan akibat aliran darah di sekitar anus yang tidak lancar juga semakin mudah diatasi. Namun, jika terjadi efek samping yang tidak biasa, sebaiknya segera hentikan penggunaan obat alami ini.

Berikut Liputan6.com ulas obat alami untuk ambeien luar dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Lidah Buaya dan Witch Hazel

Lidah Buaya

Lidah buaya termasuk salah satu obat alami untuk ambeien luar. Lidah buaya dipercaya mampu meredakan peradangan yang dialami. Rasa perih dan gatal pada anus juga akan lebih ringan. Luka akibat sembelit dan merobek benjolan akan lebih cepat pulih.

Tidak hanya menggunakan tumbuhannya secara langsung. Menggunakan krim/gel dengan ekstrak lidah buaya juga sama manfaatnya. Cobalah untuk menerapkannya pada bagian anus yang mengalami pembengkakan. Oleskan 2-3 kali sehari, sampai gejala ambeien membaik atau pembengkakan mengempis.

Witch Hazel

Witch hazel juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk ambeien luar. Tanaman ini ampuh membantu meredakan gatal, perih, dan nyeri yang dialami penderita ambeien luar. Hal ini disebabkan karena kandungan tanin dan minyak alaminya. Kandungan ini dipercaya mempu membantu meredakan peradangan, iritasi, dan mengempiskan pembengkakan. Obat alami ini bisa dibuat sendiri dan bisa ditemukan dalam bentuk salep/krim.

3 dari 5 halaman

Minyak Mineral, dan Es Batu

Minyak Mineral

Minyak mineral atau essential oil termasuk obat alami untuk ambeien luar yang bisa diandalkan. Ada minyak kelapa, minyak vitamin E, petroleum jelly, dan minyak esensial dengan chamomile. Ada pula ekstrak kacang almond dan minyak ikan. Minyak ini disebut mampu membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan ambeien. Bahkan, minyak ini juga akan membantu melembapkan, meredakan gatal, dan perih yang disebabkan iritasi kulit anus.

Es Batu

Mengompres pembengkakan dengan es batu juga termasuk obat alami untuk ambeien luar. Sifat dingin dari es batu efektif meredakan nyeri dan pembengkakan pada anus. Cobalah dengan mulai menyiapkan kain bersih untuk membungkus es batu. Kemudain kompres bagian anus luar atau yang bengkak dan terasa sakit 15 menit.

 

4 dari 5 halaman

Air Hangat dan Cocor Bebek

Air Hangat

Air hangat dipercaya bisa dijadikan obat alami untuk ambeien luar. Sifat hangat dari air ini mampu meredakan rasa gatal dan nyeri akibat iritasi pada anus. Obat ini cukup aman dilakukan dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cobalah untuk duduk di bak mandi yang berisi air hangat selama 15 menit. Berendam agar pembengkakan bisa terkena air hangat lebih rata. Jika sudah, keringkan anus dengan lembut menggunakan handuk yang bersih. Lakukan 2-3 kali sehari saat mandi atau setelah buang air besar.

Cocor Bebek

Tanaman cocor bebek selain dikenal sebagai tanaman hias juga dipercaya sebagai obat alami untuk ambeien luar. Kandungan glikosida, damar, biofilin, magnesium malat, kalsium, oksalat, asam formiat, dan tanin dalam cocor bebeklah penyebabnya. Kandungan ini membuat cocor bebek memiliki sifat anti-radangan. Sehingga efektif untuk mengempiskan benjolan anus di bagian luar karena ambeien.

Cara mengobati dengan cocor bebek:

- Jemur daun cocor bebek sampai kering

- Tumbuk sampai halus dan seduh menjadi teh

- Minumlah air seduhan daun cocor bebek secara rutin

 

5 dari 5 halaman

Kulit Manggis dan Bawang Putih

Kulit Manggis

Kulit manggis dikenal memiliki sifat anti-oksidan. Sifat inilah yang kemudian membuatnya dijadikan obat alami untuk ambeien luar. Tidak hanya anti-oksidan, tetapi kandungan xanthone juga memiliki peran sebagai anti-peradangan, anti-diabetes, anti-kanker, anti-bakteri, anti-jamur, anti-plasmodial.

Ada satu turunan lagi dari xanthone pada kulit manggis, yakni alfa-mangistin dan gamma-mangostin. Kedua turunan senyawa xanthone ini mampu membantu menghentikan peradangan. Peradangan bisa dihentikan karena senyawa ini mampu menghambat enzim COX-2 sebagai pemicu peradangan.

Cara mengobati dengan kulit manggis:

- Keringkan kulit manggis di bawah sinar matahari

- Jika sudah kering, rebus kulit manggis sampai air mendidih

- Minum air rebusan kulit manggis secara rutin untuk hasil maksimal

Bawang Putih

Bawang putih mengandung vitamin C, kalsium, besi, karbohidrat, serat, allicin, dan sulfida alili. Sedangkan kandungan terbesarnya adalah allicin. Allicin ini yang akan berperan sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri. Sehingga bawang putih dipercaya efektif dijadikan obat alami untuk ambeien luar.

Cara mengobati dengan bawang putih:

- Haluskan 2 siung bawang putih bersih

- Oleskan bawang putih halus pada area pembengkakan atau benjolan di sekitar anus secara rutin

- Bisa juga menjadikannya sebagai jus untuk membantu melawan bakteri dari dalam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.