Sukses

12 Macam-Macam Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Liputan6.com, Jakarta Sumber daya alam adalah segala yang berasal dari alam dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Salah satu jenisnya, yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Artinya sumber daya alam ini dapat dikembangbiakkan lagi. Misalnya saja seperti pohon, hewan, dan masih ada banyak sekali macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi bukan berarti harus dikembangkan lagi oleh manusia. Namun, sumber daya alam ini justru bisa mengembangkan/memperbaharuhi dirinya sendiri. Bahkan, ada pula yang memiliki kuantitas tidak terhingga dan bisa dipakai terus-menerus oleh manusia.

Macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi ini berasal dari berbagai ekosistem. Ada ekosistem darat seperti hutan, tanah, gurun, dan tundra. Ada pula ekosistem laut seperti rawa, danau, dan sungai. Segala ekosistem memiliki sumber daya yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia.

Berikut Liputan6.com ulas macam-macam sumber daya alam yang dapat diperbaharui dari berbagai sumber, Senin (22/6/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Hewan Darat

Hewan darat termasuk salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi. Seperti tumbuhan, hewan darat bisa berkembang biak sendiri atau dikembangbiakkan oleh manusia. Hewan darat termasuk makhluk hidup yang keberadaannya sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Selain berfungsi untuk sumber pangan, hewan darat juga membantu meringankan pekerjaan manusia.

Hewan Air

Hewan air adalah adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharuhi. Hewan ini sudah pasti hidup di air. Keberadaan hewan air hampir sama pentingnya dengan hewan darat. Keduanya sangat dibutuhkan untuk kebutuhan pangan makhluk hidup seperti manusia. Ada hewan air tawar dan hewan air asin.

Ombak

Ombak adalah aliran air laut yang dipengaruhi tiupan angin dan perbedaan tekanan air laut. Ombak termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Keberadaanya sangat bermanfaat bagi manusia terutama nelayan. Ombak memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Ada pula manusia yang menggunakannya sebagai sumber listrik mercusuar tebing.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Pasang dan Surut Air Laut

Pasang surut air laut bisa disebut sebagai naik dan turun permukaan air laut. Beberapa manusia menjadikannya sebagai sumber tenaga listrik. Sumber tenaga listrik ini sangat membantu pasokan listrik di desa sekitar pesisir pantai.

Biomassa

Biomassa disebut sebagai sisa mahkluk hidup yang sudah mati. Makhluk hidup yang sudah mati ini masih memiliki manfaat untuk kehidupan manusia. Misalnya saja seperti sisa serbuk kayu dan sisa kulit kayu. Bahan ini biasanya masih bisa di pakai kembali untuk mebel.

Ada pula sisa rumput kering yang bisa digunakan untuk bahan pupuk kompos. Kemudian sisa kotoran hewan yang bisa digunakan sebagai pengganti bahan bakar seperti biogas.

Geotermal

Geotermal dikenal sebagai energi yang berasal dari panas bumi. Energi dari geotermal juga bisa digunakan untuk pembangkit listrik. Berbeda dengan batu bara dan bensin. Geotermal lebih bersih dan ramah lingkungan. Energi ini memang belum banyak dipakai. Jadi, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Nuklir

Nuklir termasuk salah satu energi buatan dari proses pemecahan atom. Nuklir adalah salah satu sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini juga kini kerap dipakai sebagai pembangkit listrik. Salah satunya yang sudah menerapkan adalah negara jepang. Nuklir menjadi alasan berhentinya perang dunia kedua.

Matahari

Sinar matahari termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini bahkan bisa dipakai terus menerus. Matahari memiliki energi yang bisa digunakan dengan batas tidak terhingga. Matahari kerap disebut sebagai pusat galaksi bima sakti.

Sebagian manusia menjadikan matahari sebagai sumber energi untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga karena sangat ramah lingkungan. Sebagian lagi menggunakannya untuk menghidupkan pemanas air atau pemanas ruangan.

Angin

Angin disebut juga udara yang bergerak. Angin biasanya digunakan manusia untuk alternatif pembangkit listrik tenaga angin. Beberapa manusia juga menjadikannya sebagai alat pengairan. Sama seperti matahari, angin memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Energi alternatif dari angin sangat murah dan ramah lingkungan.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Sumber Daya Alam

Air

Air juga termasuk energi yang tidak terhingga. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui ini sangat penting keberadaannya bagi makhluk hidup. Air juga bisa dijadikan sebagai sumber energi alternatif seperti pembangkit listrik. Hampir seluruh makhluk hidup di bumi memerlukan air untuk kehidupannya.

Tanah

Tanah adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam ini juga bisa mengembangkan dirinya sendiri. Tanah memiliki kuantitas yang tidak terhingga. Tanah sangat bermanfaat untuk pertanian, perkebunan, dan pembangunan.

Terkadang, tanah di pakai untuk memasak. Beberapa juga mengganggapnya sebagai pengganti minyak untuk menggoreg kerupuk. Sebagian lagi menjadikannya sebagai tempat tidur karena dianggap lebih sehat dan nyaman.

Tumbuhan

Tumbuhan adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Keberadaannya terkadang harus dikembangkan oleh manusia. Terkadang juga bisa berkembang dengan sendirinya. Tumbuhan juga termasuk makhluk hidup di bumi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.