Sukses

8 Cara Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan telinga tanpa cotton bud sebenarnya lebih direkomendasikan dibandingkan membersihkan telinga dengan bantuan dari cotton bud. Sebabnya, membersihkan telinga dengan cotton bud merupakan cara yang keliru dan justru membahayakan bagi kesehatan telinga itu sendiri, karena bisa saja melukai area sekitar telinga bahkan kapas dari cotton bud tersebut dapat tertinggal di dalam telinga.

Untuk mempraktikkan cara membersihkan telinga tanpa cotton bud sebenarnya cukup mudah dan tidak diperlukan bahan-bahan yang sulit didapatkan. Meski cara membersihkan telinga tanpa cotton bud ini terbilang lebih aman, namun membersihkan telinga terlalu sering juga tidak baik. Sebab, cairan kental dalam telinga, atau yang biasa disebut sebagai kotoran telinga tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang baik dan menguntungkan. Salah satu fungsi dari kotoran telinga tersebut adalah untuk mencegah terjadinya infeksi pada kanal telinga.

Selain itu, adanya kotoran pada kanal telinga tersebut akan mencegah masuknya berbagai serangga kecil yang berbahaya jika sampai masuk ke dalam telinga. Bakan, menurut para peneliti di University of Pittsburgh Medical Center, membersihkan telinga terlalu sering akan memicu kekeringan dan rasa gatal di telinga. Itulah mengapa jangan telalu sering-sering dalam membersihkan kotoran yang ada di telinga.

Nah, mungkin Anda cukup penasaran, bagaimana sebenarnya cara membersihkan telinga tanpa cotton bud bukan? Nah, di bawah ini, Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai cara membersihkan telinga tanpa cotton bud tersebut untuk Anda, namun harus diperhatikan ya cara untuk aplikasinya, agar tidak terjadi kesalahan yang justru merugikan kesehatan telinga Anda, Senin (22/6/2020).

2 dari 5 halaman

Baby Oil dan Minyak Almond

1. Baby Oil

Cara membersihkan telinga tanpa cotton bud yang pertama bisa dengan menggunakan baby oil. Mungkin cara ini juga menjadi cara yang paling mudah dilakukan, sebab untuk mencari baby oil tersebut bisa di arung kelontong dekat tempat tinggal Anda. Harga dari baby oil ini pun juga cukup murah, sehingga tidak akan menguras kantong. Untuk menggunakan baby oil dalam membersihkan telinga, Anda bisa dengan meneteskan sedikit saja baby oil tersebut langsung ke dalam telinga. Lalu, Anda bisa menutup lubang telinga dengan kain atau benda lainnya yang aman selama beberapa menit.

2. Minyak Almond

Selain dengan baby oil, cara membersihkan telinga tanpa cotton bud bisa juga dengan menggunakan minyak almond. Minyak almond selain merupakan jenis bahan yang alami, tentu saja akan sangat aman bagi kesehatan kulit pada area sekitar telinga, sebab minyak almond memiliki berbagai kandungan nutrisi seperti vitamin E yang akan baik dalam menjaga kelembapan kulit. Dan, minyak almond ini sangat  baik dalam melunakkan kotoran telinga yang sudah terlanjur mengeras.

Untuk mempraktikkan cara membersihkan telinga tanpa cotton bud ini, Anda bisa menggunakan bantuan pipet tetes lalu teteskan minyak almond ini ke dalam telinga Anda. Setelah itu, diamkan minyak almond ini selama beberapa menit, lalu bersihkan kotoran telinga yang muncul dengan kain halus.

3 dari 5 halaman

Minyak Kelapa dan Minyak Zaitun

3. Minyak Kelapa

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan jenis minyak kelapa. Minyak kelapa ini merupakan bahan yang sangat baik untuk membersihkan kotoran telinga. Kandungan asam lemak yang terdapat pada minyak kelapa menjadi kunci mengapa jenis minyak ini baik untuk membersihkan kotoran telinga. Selain itu, minyak kelapa juga sangat baik dalam membantu telinga melawan infeksi dan berbagai bakteri. Untuk menggunakan minyak kelapa ini, Anda bisa dengan memanaskan sedikit minyak kelapa, lalu biarkan sedikit dingin dan gunakan pipet tetes untuk memasukkan beberapa tetes minyak ke dalam telinga. Lalu, diamkan minyak kelapa selama 5 menit, dan bersihkan menggunakan kain pembersih telinga.

4. Minyak Zaitun

Masih dari jenis minyak alami lainnya, minyak zaitu ternyata juga mampu membersihkan telinga dengan baik. Bahkan minyak zaitun juga berguna untuk melunakkan kotoran telinga yang sudah mengeras. Tekstur yang dimiliki oleh minyak zaitu bermanfaat untuk membuat kotoran telinga menjadi lebih lunak, sehingga sangat mudah untuk dibersihkan. Selain itu, mainyak zaitu juga minyak mengandung zat antibakteri yang dapat menjaga telinga tetap sehat.

4 dari 5 halaman

Alkohol dan Hidrogen Peroksida

5. Alkohol

Cara membersihkan telinga tanpa cotton bud yang lainnya adalah dengan menggunakan alkohol. Alkohol yang diberi campuran cuka akan semakin efektif untuk membantu mengurai kotoran telinga seluruhnya. Mengapa perlu campuran cuka? Sebabnya, alkohol sendiri saja bisa mengeluarkan kotoran telinga dengan baik, sementara cuka akan bermanfaat dalam menjaga telinga dari infeksi. Untuk membersihkan telinga dengan kedua campuran bahan tersebut, cukup dengan bantuan kapas khusus yang digunakan untuk membersihkan telinga. Meski kapas ini merupakan kapas khusus, namun Anda harus tetap hati-hati dalam menggunakannya, dan jangan terlalu masuk ke dalam telinga.

6. Hidrogen Peroksida

Selanjutnya Anda bisa menggunakan hidrogen peroksida. Zat ini merupakan cara yang dapat dibilang cukup efektif untuk membersihkan kotoran telinga. Kandungan ekstra oksigennya dapat mengurai kotoran lebih cepat serta menjauhkan dari infeksi. Anda bisa menggunakan kapas khusus telinga lalu oleskan hydrogen peroksida tersebut ke dalam telinga, lalu bersihkan kembali dengan kapas bersih.

5 dari 5 halaman

Baking Soda dan Air Garam

7. Baking Soda

Bahan yang digunakan untuk membersihkan telinga ini mungkin cukup membingungkan, sebab baking soda memang selayaknya tidak digunakan dalam aplikasi terhadap tubuh. Tapi jangan salah, ternyata baking soda sangat baik dan efektif untuk menyingkirkan kotoran telinga. Sebabnya, baking soda berperan aktif sebagai antiseptik yang berguna dalam melunakkan kotoran telinga.

Untuk menggunakan baking soda tersebut, Anda bisa dengan mencampurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam air lalu tuangkan beberapa tetes larutan tersebut ke dalam telinga. Biarkan selama beberapa saat, lalu bersihkan telinga dengan kapas lembut.

8. Air Garam

Cara membersihkan telinga tanpa cotton bud yang terakhir bisa dengan larutan air garam. Ternyata, air garam sangat membantu dalam melarutkan kotoran telinga yang memiliki efektifitas layaknya obat tetes yang biasa diresepkan oleh para dokter.

Cara aplikasinya juga cukup mudah, cukup campurkan 1 sendok makan garam ke dalam air. Lalu, rendam kapas pada air tersebut dan teteskan ke dalam telinga. Namun, jaga larutan agar tidak mengalir keluar selama beberapa menit.

Cukup mudah bukan cara membersihkan telinga tanpa cotton bud tersebut? Nah, dengan begitu Anda bisa sedikit demi sedikit merubah kebiasaan membersihkan telinga dengan cara yang lebih aman di atas ya.