Sukses

Macam-Macam Bisnis Online untuk Mulai Wirausaha, Bisa Kerja dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam bisnis online bisa menjadi pilihan wirausaha terbaik. Memilih jenis usaha bisa menentukan kesuksesan bisnismu ke depan. Bisnis online menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memulai bisnis.

Ada banyak macam-macam bisnis online yang bisa dicoba. Macam-macam bisnis online ini terbagi dalam berbagai klasifikasi. Macam-macam bisnis online misalnya berdasarkan tempat berjualan, sumber produk, dan jenis-jenis apa saja yang diminati.

Dengan perkembangan internet yang makin luas, macam-macam bisnis online bisa sangat menjanjikan. Untuk menentukan macam-macam bisnis online mana yang harus dipilih, kamu perlu riset dan pertimbangan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Berikut macam-macam bisnis online yang bisa dicoba untuk memulai usaha, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(23/6/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Macam-macam bisnis online berdasarkan tempat berjualan

Bisnis online dari website sendiri

Untuk berjualan online, kamu bisa memulai bisnis dari websitemu sendiri. Kamu bisa membuat website khusus untuk memasarkan produkmu. Banyak penyedia jasa pembuatan website yang bisa kamu gunakan untuk membuat website sendiri. Selain website, kamu juga bisa membuat blog khusus untuk produk yang kamu pasarkan. Penyedia blog gratis seperti Blogspot dan WordPess bisa jadi pilihan.

Jika website dirasa terlau rumit, kamu bisa membuat akun sosial media sendiri khusus untuk produk yang kamu pasarkan. Akun seperti Instagram, Facebook, dan Twitter menjadi platform gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan produk secara online.

Bisnis online di marketplace

Selain website dan media sosial, macam-macam bisnis online juga bisa dimulai dari marketplace. Situs jual beli online atau marketplace menjadi pilihan tepat untuk berjualan online. Kini sudah banyak marketplace yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan online.

Sistem di marketplace juga lebih terorganisir karena memang dikhususkan untuk berjualan. Jual beli di marketplace juga dinilai lebih terpercaya dan aman. Ini membuat konsumen kini lebih banyak mencari produk yang diinginkannya melalui marketplace.

3 dari 5 halaman

Macam-macam bisnis online berdasarkan sistemnya

Bisnis online reseller

Reseller merupakan macam-macam bisnis online yang cukup diminati orang. Reseller bisa dibilang mirip dengan pedagang konvensional. Kamu harus lebih dahulu membeli barang ke supplier atau produsen dan menjualnya pada konsumen. Reseller harus mengeluarkan sejumlah modal untuk membeli produk yang akan dijualnya. Reseller juga harus menyediakan ruang untuk menyimpan produk yang akan dijualnya.

Bisnis online dropshipper

Sistem dropshipper mirip dengan reseller. Perbedaanya dropshipper merupakan bisnis yang melibatkan pihak ketiga (dropshipper) untuk menjembatani hubungan antara pemilik usaha dan produsen. Dengan sistem dropshipper, kamu tak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang yang akan dijual. Kamu juga tidak perlu menyediakan ruang untuk menyimpan barang tersebut.

Yang perlu kamu lakukan adalah menawarkan barang pada konsumen. Ketika konsumen tertarik dan ingin membeli, kamu bisa meneruskannya pada produsen dan produsen akan mengirimkannya pada konsumen.

Bisnis online produk handmade

Selain reseller dan dropshipper, kamu juga bisa memasarkan produk buatanmu sendiri. Jika reseller dan dropshipper produknya bergantung pada produsen atau supplier, jenis bisnis online ini bisa kamu atur dan tentukan sendiri.

Kamu bisa membuat produk handmade seperti baju, sepatu, akesori, atau kebutuhan lainnya. Dengan membuatnya sendiri, kamu bisa menjamin kualitas produk dan membangun kepercayaan konsumen dengan lebih baik.

4 dari 5 halaman

Macam-macam bisnis online yang banyak diminati

Bisnis fashion

Bisnis fashion merupakan macam-macam bisnis online yang banyak diminati. Fashion memiliki cakupan luas mulai dari pakaian, sepatu, tas, aksesori, dan lainnya. Kamu bisa memilih salah satu jenis bisnis fashion ini. Atau kamu juga bisa mencoba menjual semua jenis fashion. Bisnis fashion juga bisa mencakup fashion wanita, pria, remaja, anak, bayi, dan segala usia.

Bisnis kuliner

Selain fashion, bisnis kuliner juga sangat menjanjikan. Kuliner juga memiliki cakupan luas. Mulai dari camilan, makanan berat, kue, minuman, hingga makanan kekinian. Kamu cukup memasak dari rumah dan mengantarkannya pada konsumen. Untuk pengantaran, kamu bisa membuka jasa pengantaran sendiri atau bekerjasama dengan jasa pengantaran.

5 dari 5 halaman

Macam-macam bisnis online yang banyak diminati

Bisnis makeup dan skincare

Macam-macam bisnis online yang banyak diminati selanjutnya adalah makeup dan skin care. Makeup dan skin care merupakan produk yang banyak dicari terutama kaum wanita. Kamu bisa menjual produk skincare atau makeup dari supplier brand ternama. Kini juga sudah banyak produsen makeup dan skincare lokal yang menyasar pada reseller online.

Bisnis jasa

Selain menjual produk, di internet kamu juga bisa menjual jasa yang kamu miliki. Jika kamu memiliki bakat atau latar belakang kemampuan yang bisa menghasilkan uang, cobalah untuk memanfaatkannya.

Kemampuan ini seperti desain, penulisan, konsultan, IT, pelatihan, dan masih banyak lagi. Banyak situs-situs yang bisa membantumu menjual jasa yang kamu miliki. Bisnis jasa ini bisa kamu jadikan usaha sampingan untuk mendapatkan uang tambahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.