Sukses

5 Cara Menurunkan Panas pada Bayi yang Ampuh, Bisa Dilakukan di Rumah

Cara menurunkan panas pada bayi perlu dilakukan dengan tenang.

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan panas pada bayi perlu diperhatikan orang tua. Kebanyakan orang, terutama orang tua baru, biasanya langsung panik saat mengetahui panas pada bayi. Demam yang dialami belum tentu menandakan kondisi yang serius, namun juga kamu harus berhati-hati untuk menurunkan panasnya.

Orang tua disarankan untuk tetap tenang, agar dapat memberikan penanganan dan perhatian yang dibutuhkan bayi saat demam atau panas dengan tepat. Dalam ilmu medis, bayi dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celcius atau lebih.

Cara menurunkan panas pada bayi perlu dilakukan dengan tenang. Ada kalanya panas pada bayi adalah suatu kondisi yang normal terjadi dan bisa ditangani di rumah. Namun, orang tua tetap harus waspada jika bayi mengalami demam dengan berbagai gejala lainnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/6/2020) tentang cara menurunkan panas pada bayi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Panas atau Demam pada Bayi

Demam atau panas pada bayi sebenarnya merupakan suatu gejala. Kondisi ini biasanya menjadi pertanda bahwa tubuh bayi sedang melawan penyakit.

Contohnya demam atau panas karena efek imunisasi. Demam bisa dianggap menjadi bukti bahwa sistem kekebalan tubuh bayi bekerja dengan baik. Demam juga bisa menyerang bayi jika terlalu lama beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir secara berlebihan jika tubuh bayi terasa panas, tapi dia masih terlihat aktif dan masih mau minum susu.

Namun, bagi bayi yang berusia kurang dari 3 bulan, kamu perlu untuk segera memeriksakannya ke dokter, karena demam pada usia ini bisa menandakan bahwa bayi mengalami kondisi yang serius. Bayi berusia 3 bulan ke bawah belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Jadi, kuman dan virus dapat lebih mudah menyebar dan merusak jaringan tubuhnya dengan cepat.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Panas pada Bayi di Rumah

Umumnya, panas pada bayi yang tidak diikuti dengan berbagai gejala berbahaya lainnya bisa ditangani di rumah. Kamu tidak perlu panik jika badan anak panas, karena hal tersebut biasanya bisa diatasi di rumah.

Cara menurunkan panas pada bayi bisa dilakukan di rumah dengan beberapa cara berikut:

Lap atau Mandi Air Hangat

Cara menurunkan panas pada bayi yang pertama adalah dengan menggunakan lap atau memandikan bayi dengan air hangat.

Gunakan lap atau mandikan bayi menggunakan air hangat atau suam-suam kuku. Selain itu, hindari mandi menggunakan air dingin karena hal ini dapat membuat suhu tubuhnya mengalami kenaikan.

Kompres

Cara menurunkan panas pada bayi selanjutnya adalah dengan mengompresnya. Saat tidur, kompres bagian dahi dengan lap basah sebagai cara menurunkan panas pada bayi, bisa juga diletakkan pada area lipat ketiak dan sekitar lipat paha.

Kamu juga bisa memasukkan kain kompres ke dalam air hangat. Lalu peras kemudian letakkan pada kening anak. Lakukan hingga suhu tubuh sang anak kembali normal.

Penuhi Asupan Cairan Bayi

Cara menurunkan panas pada bayi yang penting adalah memastikan tubuh bayi tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan asupan cairan yang cukup, seperti ASI ataupun susu formula. Pastikan pula bahwa asupan nutrisinya juga mencukupi.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Panas pada Bayi di Rumah

Menggunakan Pakaian Tipis

Selanjutnya, kamu perlu memakaikan pakaian yang tipis pada bayi. Jika bayi menggunakan pakaian yang berlapis atau tebal, kamu harus melepaskannya. Biarkan dia menggunakan satu lapis pakaian saja dan pastikan bahwa pakaian tersebut nyaman dikenakan. Jika bayi kedinginan, pakaikan selimut.

Jaga Suhu Kamar Senantiasa sejuk

Usahakan untuk menjaga suhu ruang kamar bayi tetap sejuk. Jika suhu kamarnya panas, kamu bisa menggunakan penyejuk udara atau kipas angin, namun jangan terlalu kencang dan jangan diarahkan langsung pada bayi.

Cara menurunkan panas pada bayi selanjutnya tentunya adalah dengan menghubungi dokter. Hal ini bisa kamu lakukan bila panas tidak kunjung mereda setelah melakukan berbagai cara di rumah. Selain itu, kamu juga perlu menghubungi dokter jika demam atau panas pada bayi disertai gejala-gejala seperti yang dijelaskan di bawah ini.

5 dari 5 halaman

Gejala Panas pada Bayi yang Perlu Diwaspadai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara menurunkan panas pada bayi bisa dilakukan di rumah saja. Namun, hal ini hanya berlaku jika bayi tidak mengalami gejala-gejala lainnya yang patut diwaspadai.

Kamu perlu waspada jika panas yang dialami bayi disertai dengan beberapa gejala, seperti:

- Tidak nafsu makan

- Muntah dan Diare

- Tidak responsif

- Memiliki ruam

- Uring-uringan saat tidur dan Kejang

- Sesak napas atau napas bayi berbunyi

- Terlihat tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, tidak ada air mata saat menangis, atau popok tidak sebasah biasanya.

Sebaiknya kamu menggunakan thermometer dalam mengukur suhu tubuh bayi. Sebagai informasi, suhu tubuh bayi normal berada di kisaran 36-37,9 derajat Celcius.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.