Sukses

Tips Tetap Sehat Setiap Hari dan Produktif buat Para Driver Ojol di Era New Normal

Liputan6.com, Jakarta Selama masa pandemi yang berlangsung beberapa bulan belakangan ini, para driver ojol jadi sosok yang paling menunjukkan ketangguhannya. Saat orang lain melakukan karantina diri di rumah saja, mereka tetap menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di jalan. Di tengah ancaman penularan virus, para driver ini tetap membantu mengantarkan pesanan makanan atau barang kebutuhan lainnya agar kamu tetap nyaman di rumah saja. 

Kini memasuki era new normal, para driver ojol bisa perlahan beraktivitas dengan normal karena kebijakan PSBB yang mulai dilonggarkan. Tapi, new normal bukan berarti terbebas dari penularan virus. Biar tetap sehat setiap hari dan produktif di masa new normal serta terhindar dari penularan virus, ini beberapa tips yang bisa dilakukan. 

2 dari 5 halaman

Terapkan Protokol Kesehatan dengan Disiplin

Hal terpenting untuk menjaga tubuh tetap sehat saat banyak beraktivitas di luar rumah adalah menjaga kebersihan diri. Ikuti protokol kesehatan saat new normal dengan disiplin, salah satunya menggunakan alat pelindung diri seperti jaket, helm, masker dan sarung tangan. 

Siapkan disinfektan dan hand sanitizer yang bisa digunakan sebelum dan setelah menerima maupun menghantarkan pesanan makanan atau barang. Selain itu, minta penumpang untuk membawa helm sendiri dan hindari bersentuhan langsung dengan penumpang atau orang yang menerima pesanan.

Yang nggak boleh terlupakan adalah segera ganti pakaian dan mandi begitu sampai di rumah. Kebiasaan ini penting banget untuk membersihkan tubuh dari risiko virus yang menempel, sehingga tidak menyebar pada anggota keluarga lain yang ada di rumah. 

3 dari 5 halaman

Hindari Overwork

Dengan dilonggarkannya PSBB di masa new normal, kabar baik buat para driver ojol adalah mereka mulai diperbolehkan membawa penumpang. Hal ini jelas melegakan karena driver ojol bisa bekerja dengan lebih produktif lagi. Tapi, pastikan jangan sampai terlalu semangat yang bikin kamu bekerja melebihi kapasitas tubuh yang seharusnya. 

Bekerja dengan terlalu keras atau jam kerja yang melebihi batas normal rentan membuat tubuh kelelahan. Kondisi ini bisa membuat daya tahan tubuh menurun, yang tentunya berbahaya karena lebih mudah terserang virus. Jadi, pastikan atur waktu bekerja yang seimbang dan sempatkan untuk beristirahat sejenak saat mulai merasa lelah. Jangan lupa hindari juga berkerumun dengan driver ojol lainnya. 

4 dari 5 halaman

Saat Merasa Tidak Enak Badan, Lebih Baik Istirahat di Rumah

Bekerja dan mencari nafkah memang penting, tapi jangan lupa perhatikan selalu kesehatanmu. Jika mulai merasa mulai merasa tidak enak badan, seperti bersin-bersin, nyeri di tenggorokan, badan lemas hingga suhu badan mulai naik. Sebaiknya, jangan memaksakan diri untuk bekerja dan istirahat di rumah saja. 

Pasalnya, daya tahan tubuh yang sedang menurun membuat driver ojol rentan terserang penyakit. Ditambah aktivitas di jalan raya yang penuh polusi atau bertemu dengan banyak orang bisa meningkatkan risiko kontaminasi. Selagi di rumah, pastikan untuk cukup istirahat dan konsumsi obat maupun multivitamin yang membantu tubuh kembali bugar dan bisa beraktivitas kembali. Lebih baik istirahat sehari supaya tubuh kembali fit daripada dipaksa yang membuatmu sakit lebih lama. 

5 dari 5 halaman

Konsumsi Makanan Bernutrisi Setiap Hari

Jangan lupa perhatikan asupan makanan bernutrisi dan seimbang selama buat menjaga daya tahan tubuh di era new normal. Nikmati makanan rumahan yang bukan hanya hemat tapi terjaga kebersihannya. Pastikan menu makanan sehari-hari kaya akan asupan karbohidrat, protein, sayur dan buah-buahan. Selain itu, penting juga untuk memenuhi kebutuhan air putih dan hindari terlalu banyak konsumsi kopi yang bisa memicu dehidrasi dan bikin tubuh terasa lemas. 

Saking sibuknya beraktivitas di jalan, menu yang praktis tapi tetap lezat seringnya jadi kebutuhan. Misalnya saja mi instan yang kenikmatannya nggak ada yang bisa menolak. Tapi, ada nggak sih mi instan yang sehat dikonsumsi setiap hari? Jawabannya ternyata ada, Mi Lemonilo bisa jadi rekomendasi nih!

Mi Lemonilo berbeda daari mi instan kebanyakan karena terbuat dari dari bahan alami, tanpa pewarna buatan, pengawet dan penguat rasa sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Warna hijau yang khas pada Mi Lemonilo berasal dari bahan alami, yaitu saripati bayam, serta saripati daun bawang dan seledri.  

Proses pembuatan mi ini sendiri nggak digoreng, tapi menggunakan oven yang membuat mi jadi lebih kering, kaku, awet, serta rendah lemak. Yang nggak kalah penting, Mi Lemonilo sudah memiliki izin edar dari BPOM dan terjamin halal. Ada 3 varian lezat yang bisa dipilih, seperti Lemonilo Mi Instan Rasa Mi Goreng, Lemonilo Mi Instan Kuah Rasa Kari Ayam dan Lemonilo Mi Instan Rasa Ayam Bawang.

Sehat setiap hari buat para driver ojol bisa kamu lakukan lewat beberapa tips di atas. Selamat bekerja, ya! Info lebih lengkap tentang Mi Lemonilo bisa kamu cek di sini.

 

(*)