Sukses

19 Versi Macam-Macam OS Android Sejak Diluncurkan hingga Tahun 2020

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam OS Android sejak awal diperkenalkan telah mengalami berbagai inovasi dari segi fitur dan juga performanya. Hadirnya versi terbaru dari OS Android tidak lepas dari respon pasar ponsel pintar yang ternyata sangat baik terhadap sistem operasi besutan Google ini. Bahkan hadirnya macam-macam OS Android ini mampu menggeser popularitas sistem operasi Symbian serta Blackberry. 

Hampir tiap tahun, Android selalu memperbarui sistem operasi atau OS mereka. Hingga pada bulan Juni 2020 ini, Android akhirnya resmi meluncurkan jenis OS Android terbaru, yaitu Android 11. Tentu hal ini menambah panjang rangkaian OS Android dari masa ke masa, sebab jika ditotal, maka Android hingga kini sudah meluncurkan 19 OS Android, tentu dengan Android 11 yang menjadi OS terbarunya.

Salah satu hal yang uni dari macam-macam OS Android ini, yaitu nama dari OS Android yang sempat diberi nama berupa jenis makanan penutup, seperti Apple Pie, Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, dan berbagai nama unik lainnya yang cukup membuat OS ini justru semakin terkenal. Namun, nampaknya nama tersebut tidak diberlakukan untuk OS terbarunya yaitu Android 11.

Mungkin Anda cukup penasaran, apa saja sebenarnya macam-macam OS Android sejak awal diluncurkan. Maka dari itu Liputan6.com di bawah ini telah merangkum informasi menganai macam-macam OS Android dari tahun ke tahun tentunya, yang mungkin di antara Anda sempat atau bahkan hingga hari ini masih menggunakannya, Selasa (23/6/2020).

2 dari 6 halaman

Macam-Macam OS Android

Android 0.9

Dimulai dari generasi pertama dimana sistem opersi Android ini mulai dikenalkan dengan nama Android 0.9. Android ini memang masih menjadi generasi yang digunakan untuk uji coba. Android 0.9 ini pertama kali diluncurkan pada 18 Agustus 2008. Salah satu fitur yang ditawarkan yaitu resolusi 320X480 HVGA.

Android 1.0 Apple Pie

Selanjutnya yaitu Android 1.0 Apple Pie. Android ini juga biasa disebut sebagai Android Alpha. OS Android ini diperkenalkan pada 23 September 2008. Fitur yang ada pada Android ini antara lain play store, web browser, kamera, sinkronisasi dengan Gmail, kontak, serta Google Agenda. Pada OS ini juga dilengkapi dengan fitur Maps dan YouTube. 

Android 1.1 Banana Bread

Generasi selanjutnya masih menggunakan nama makanan penutup, yaitu Android 1.1 Banana Bread. OS Android ini diluncurkan pada pada 9 Februari 2009 dan baru bisa digunakan pada ponsel pintar HTC. Android Banana Bread memiliki fitur yang tidak jauh beda dari Android Apple Pie.

Android 1.5 Cupcake

Android Cup Cake adalah OS Android generasi keempat yang dikembangkan oleh Google. Android ini dirilis pada 30 April 2009. Pada OS ini dapat dibilang merupakan langkah awal OS Android mulai dilirik oleh masyarakat luas. Pada Android 1.5 terdapat fitur baru seperti keyboard di layar serta dukungan Bluetooth dan peningkatan dari segi fitur seperti perubahan User Interface untuk manajemen aplikasi dan beberapa aplikasi Google.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam OS Android

Android 1.6 Donut

Android Donut dirilis pada 16 September 2009. Android ini merupakan versi terbaru dari OS 1.5 dan sudah mengalami perbaikan dari segi bug. Android Donut juga memiliki fitur tambahan berupa fitur navigasi Turn by Turn.

Android 2.0 Eclair

Pada 26 Oktober 2009, Android merilis OS versi terbaru yang diberi nama Eclair. Versi Android Eclair adalah awal dari mulai populernya Bluetooth 2.1 pada Android. Lalu pada 12 Januari 2010, versi 2.0 Eclair mendapat pembaruan ke versi 2.1 namun dengan nama yang tetap sama. Meski memiliki nama yang sama, fitur tambahan pada versi ini cukup banyak yaitu, Multi Touch, Live Wallpaper serta sistem flash kamera terbaru. 

Android 2.2 Froyo

Akhirnya, setelah beberapa waktu bertahan pada versi Eclair, akhirnya Android merilis Android Frozen Yogurt atau Froyo. Android Froyo yang diberi kode 2.2 ini resmi dirilis pada 20 Mei 2010. Android Froyo sendiri merupakan pembaruan fitur dari versi Eclair, dimana pada Android Froyo, Google Chrome memiliki fitur tambahan yaitu Script Chrome. Fitur ini sangat berguna untuk menambah laju dari kinerja Google Chrome.

Android 2.3 Gingerbread

OS ini resmi diluncurkan pada 6 Desember 2010. Google kembali merilis Android dengan nama Gingerbread. Namun, pada Android versi 2.3 ini mulai disematkan fitur NFC, internet calling, serta download manager.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam OS Android

Android 3.0 Honeycomb

Android Honeycomb ini resmi dirilis pada 22 Februari 2011. Selain itu, jenis Android ini mulai banyak digunakan pada perangkat tablet. Android Honeycomb memang dirancang untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar, terutama tablet. 

Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android Ice Cream Sandwich diluncurkan pada 18 Oktober 2011 dan menjadi jenis Android yang mulai populer di kalangan pengguna ponsel pintar. Sebab, Android Ice Cream Sandwich sudah bisa digunakan pada semua jenis platform dan merek ponsel pintar. Selain itu, fiturnya semakin bertambah dan juga lebih multitasking. 

Android 4.1.2 Jelly Bean

Jelly Bean merupakan salah satu OS Android yang sangat populer digunakan pada berbagai ponsel pintar. Android Jell Bean dirilis pada 27 Juni 2012 dan jenis OS Android ini adalah versi Android yang mendapatkan update hingga 2 kali. Versi terbaru dari OS Android mendapat pembaruan dari segi User Interface dan adanya tambahan Google Search.

Android 4.4.2 KitKat

Setelah Jelly Bean, pengguna ponsel pintar dengan OS Android semakin menjamur. Hal ini membuat Google pada akhirnya memilih untuk merilis versi Android terbarunya yang diberi nama KitKat. Android KitKat resmi dirilis pada 31 Oktober 2013 dan ternyata memiliki banyak pembaruan dibandingkan fitur sebelumnya.

 

5 dari 6 halaman

Macam-Macam OS Android

Android 5.0 Lollipop

Android Lollipop dirilis pada 12 November 2014. Versi Android ini pertama kali digunakan pada ponsel pintar Google Nexus 6. Pada OS ini pengguna bisa menikmati fitur tambahan yang merupakan penyempurnaan dari fitur-fitur terdahulunya. 

Android 6.0 Marsmallow

OS Android ini mulai digunakan pada 5 Oktober 2015. OS Android ini memiliki fitur tambahan berupa support dari USB Type C. Android Marsmallow juga memiliki fitur sensor sidik jari serta peningkatan pada kinerja baterai.

Android 7.0 Nougat

Pada 22 Agustus 2016, Android Nougat resmi dirilis oleh Google. Pada Android Nougat terdapat beberapa fitur baru seperti support pada Multi Window yang cukup memuasakan para penggunanya. 

Android 8.0 Oreo

Android Oreo dirilis pada 21 Agustus 2017. Pada Android Oreo tampaknya Google lebih terfokus pada peningkatan kecepatan dan juga efisiensi daya baterai. Bahkan kecepatan Boot pun dapat mencapai 2 kali lipat. Selain itu baterai pada sistem Android ini lebih tahan lama.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam OS Android

Android 9.0 Pie

Resmi pada 6 Agustus 2018, Google merilis Android Pie yang memiliki desain serta fitur yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan versi pendahulunya. Fitur yang cukup menarik dari Android Pie ini adalah adanya App Actions. Fitur ini membuat Android dapat memprediksi tindakan yang akan dilakukan oleh penggunanya.

Android 10

Dimuali dari generasi ke 10 ini, Android memutuskan tidak lagi menggunakan nama makanan pada nama belakang OS-nya. Menurut pihak Android, ternyata nama dessert untuk Android tidak selalu dimengerti oleh masyarakat umum. Android 10 sendiri dirilis pada 3 September 2019. Android 10 saat ini masih menjadi OS Android yang banyak digunakan pengguna ponsel pintar berbasis Android di seluruh dunia. 

Android 11

Dan, OS Android terbaru yang akan diluncurkan yaitu Android 11. Android 11 sendiri berdasar informasi dari techradar.com seharusnya dirilis pada 3 Juni 2020. Namun harus mundur akibat aksi protes yang sempat meluas di Amerika Serikat. Dan hingga kini, belum ada informasi resmi mengenai kapan akan dirilisnya Android 11 ini, mari tunggu saja kehadirannya.