Sukses

8 Cara Memilih Sepeda Lipat, Perhatikan agar Lebih Nyaman

Meski terlihat mudah, cara memilih sepeda lipat perlu diperhatikan dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih sepeda lipat kelihatannya cukup mudah dan kadang kurang diperhatikan oleh sebagian besar orang. Hingga akhirnya ketika cara memilih sepeda lipat tersebut salah, justru membuat pengalaman mengendarai sepeda tersebut kurang nyaman. Padahal bersepeda pada hakikatnya merupakan olahraga yang seharusnya dapat dimaksimalkan untuk memberi dampak sehat pada tubuh.

Namun ketika sepeda yang digunakan tidak nyaman digunakan, maka akan membuat tidak maksimalnya manfaat dari olahraga bersepeda tersebut. Sebab, mengendarai sepeda yang tidak nyaman justru akan membuat otot dan beberapa bagian tubuh menjadi sakit, dan intensitas olahraga bersepeda tersebut justru terganggu. Itulah mengapa, cara memilih sepeda lipat yang benar sangat krusial.

Selain untuk tujuan berolahraga, cara memilih sepeda lipat juga perlu diperhatikan dengan sungguh bagi Anda yang memang menjadikan sepeda lipat sebagai kendaraan sehari-hari. Sebab jika sepeda lipat yang digunakan tidak memiliki posisi yang ergonomis, maka akan berisiko menyebabkan penyakit tulang belakang serta otot, yang tentunya akan sangat berbahaya jika dibiarkan terus menerus.

Sebenarnya tidak melulu sepeda lipat yang nyaman memiliki harga yang mahal. Seiring perkembangan zaman, teknologi yang digunakan dalam memproduksi sepeda lipat juga semakin mumpuni. Bahkan, berbagai merek sepeda yang berasal dari luar negeri, saat ini telah banyak yang memutuskan untuk memproduksi produk sepeda lipat mereka di Indonesia.

Jika Anda masih bingung bagaimana sebenarnya cara memilih sepeda lipat dengan benar, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tersebut, Rabu (24/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perhatikan Bobot Sepeda dan Pilih Frame dengan Material yang Bagus

1. Perhatikan Bobot Sepeda

Salah satu cara memilih sepeda lipat yang mungkin paling mudah dilakukan yaitu dengan menimbang atau memperhatikan perbandingan bobot sepeda dari tiap merek dan tipe. Kembali kepada esensi dari sepeda lipat itu sendiri, yaitu alat transportasi yang ringkas dan mudah dibawa ke mana saja. Tentu Anda tidak mau bukan jika sepeda yang Anda bawa sehari-hari memiliki bobot berlebihan, yang justru akan merepotkan Anda.

Namun, memang untuk bobot sepeda ini biasanya dipengaruhi oleh harga dan kualitas bahan. Semakin ringan bobot dari sepeda lipat, biasanya harga dan bahan frame sepeda tersebut juga semakin mahal.

2. Pilih Frame dengan Material yang Bagus

Langkah selanjutnya dengan memilih frame atau rangka sepeda yang memiliki material atau bahan yang bagus. Selain faktor bobot seperti yang disinggun pada poin sebelumnya, biasanya harga dan baik atau buruknya kualitas sepeda juga ditentukan dari material atau bahan baku pembuatan frame sepeda lipat tersebut.

Sebagai contoh, pada sepeda dengan frame besi sewajarnya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan frame sepeda lipat yang dibuat dari aluminium atau karbon. Bahan besi memiliki bobot yang cukup berat dan juga mengurangi performa sepeda ketika digunakan.

Performa seperti apa yang dimaksudkan? Performa ini maksudnya ketika Anda menggunakan sepeda lipat, jika bobotnya semakin berat akan cepat membuat lelah Anda ketika berkendara. Itulah mengapa sepeda balap biasanya terbuat dari bahan ringan seperti karbon.

3 dari 5 halaman

Tentukan Spesifikasi Kecepatan dan Pilih Ukuran Ban yang Sesuai

3. Tentukan Spesifikasi Kecepatan

Ada beberapa jenis spesifikasi kecepatan yang digunakan pada sepeda lipat. Fitur merubah kecepatan ini akan berguna ketika Anda melewati jalan naik atau turun.

Beberapa jenis spesifikasi kecepatan tersebut yaitu single speed dan internal atau eksternal gear. Pada jenis single speed Anda akan menemukan spesifikasi layaknya sepeda fixie, yang memang sama sekali tidak memiliki gear pergantian kecepatan.

Sedangkan pada jenis sepeda yang menggunakan internal atau eksternal gear dapat ditemukan pada jenis sepeda gunung atau sepeda balap, yang memang memiliki beberapa pilihan kecepatan yang dapat diatur. Perbedaan spesifikasi kecepatan ini juga berpengaruh pada tingakt harga dari sepeda lipat tersebut. Sepeda internal gear memiliki harga yang lebih mahal, sedangkan single speed seperti fixie merupakan jenis spesifikasi kecepatan yang lebih murah, dan itu juga berlaku pada sepeda lipat.

4. Pilih Ukuran Ban yang Sesuai

Memang, semakin kecil ukuran ban sepeda lipat akan semakin memudahkan Anda untuk membawanya ke mana-mana. Mengingat esensi sepeda lipat yaitu mudah dan praktis.

Tapi, ukuran ban yang terlalu kecil juga tidak dapat menjamin kenyaman ketika dikendarai. Hal ini juga akan dipengaruhi oleh berat badan Anda.

Sebisa mungkin Anda menyesuaikan berat badan ketika akan memilih ukuran ban dari sepeda lipat tersebut. Ketika berat Anda terlalu berlebih dan menggunakan ban kecil, ban menjadi lebih rentan mengalami kerusakan, terutama jika digunakan untuk melewati jalanan berlubang.

4 dari 5 halaman

Perhatikan Cara Melipat Sepeda dan Ukuran Frame

5. Perhatikan Cara Melipat Sepeda

Beda tipe dan merek ternyata juga berpengaruh pada perbedaan cara melipat sepeda yang dikeluarkan. Sebelum membeli sepeda lipat, usahakan Anda memahami betul mengenai cara melipat sepeda tersebut sebelum membelinya. Hal ini bisa mempengaruhi kenyamanan dan efisiensi waktu ketika Anda harus dalam waktu cepat melipat sepeda Anda.

6. Perhatikan Ukuran Frame

Layaknya cara melipat yang berbeda, tiap merek memiliki produk dan tipenya masing-masing. Perbedaaan pada produk yang dikeluarkan ini akan sangat mempengaruhi ukuran dari masing-masing frame.

Jika memang Anda bertujuan untuk menggunakan sepeda lipat sebagai transportasi sehari-hari, pilih ukuran frame yang tidak terlalu panjang dan besar. Dan akan semakin baik lagi jika ketika dilipat, ukuran sepeda tersebut dapat menjadi sekecil mungkin.

5 dari 5 halaman

Cari Informasi Sepeda yang Diincar lalu Sesuaikan Budget

7. Cari Informasi Sepeda yang Diincar

Jika Anda sudah memiliki pilihan mana sepeda lipat yang diinginkan, langkah selanjutnya coba Anda mencari review tentang sepeda lipat tersebut di kanal sosial media atau bisa juga di YouTube. Coba cari review pengguna sepeda tersebut. Hal ini untuk meyakinkan Anda bahwa sepeda yang akan dibeli merupakan produk yang baik.

8. Sesuaikan Budget

Cara memilih sepeda lipat yang terakhir adalah bagaiman Anda menyesuaikan budget yang ada. Jangan terlalu memaksakan diri untuk memiliki sepeda lipat yang mahal dan berpikiran bahwa semakin mahal sepeda lipat maka akan semakin nyaman ketika digunakan.

Padahal, saat ini sepeda lipat murah justru banyak yang diproduksi oleh pabrik sepeda yang juga memproduksi sepeda lipat merek ternama. Salah satu pabrik tersebut berada di kawasan Kendal, Jawa Tengah.

Jadi, maksimalkan budget yang ada, dan pilih sepeda dengan sepesifikasi serta kualitas terbaik, dengan budget yang Anda miliki. Selamat mempraktikkan cara memilih sepeda lipat di atas, dan semoga berhasil!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.