Sukses

5 Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim ini bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan ketika kamu sedang bosan saat dirumah saja. Selain bisa mengisi waktu luangmu saat sedang libur dari kegiatan baik di kantor atau di sekolah, mempraktikkan cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim ini juga bisa membantu lingkungan sekitarmu agar semakin bersih dan terbebas dari sampah yang mencemari.

Bahan yang dibutuhkan untuk menunjang cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim ini tidaklah terlalu banyak, kamu cukup menyediakan bahan utama yaitu stik es krim dan lem serta beberapa peralatan tambahan lainnya. Jika memungkinkan, lebih baik jika kamu menggunakan stik es krim bekas.

Selain bahan untuk menunjang cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim ini mudah didapatkan, harganya juga cukup murah. Namun, yang sebenarnya cukup menantangmu adalah sangat dibutuhkannya ketelatenan agar hasil dari kerajinan tangan dari stik es krim ini dapat maksimal dan indah.

Nah, agar kamu tidak semakin penasaran, maka di bawah ini Liputan6.com telah melansir dari Kapanlagi.com tentang cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim yang mudah untuk kamu praktikkan, Rabu (24/6/2020).

2 dari 6 halaman

1. Rumah-Rumahan

Cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim yang pertama memerlukan beberapa langkah agar hasilnya lebih maksimal, beberapa langkah tersebut yaitu:

a. Gunakan kertas karton atau kardus untuk bagian alas. Tapi, sebelum diberi alas karton atau kardus, kamu bisa menggunakan kertas koran untuk menutupi kertas karton atau kertas kardus tersebut, tujuannya agar lem agar tidak merusak permukaan alas rumahnya.

b. Langkah selanjutnya susun stik es krim menggunakan lem untuk merekatkannya, hingga membentuk segi empat yang tujuannya digunakan sebagai dinding.

c. Lalu, lapisi bagian dinding rumah yang sudah jadi tadi menggunakan stik es krim lainnya. Tujuannya agar dinding rumah semakin kokoh.

d. Apabila dinding rumah sudah jadi, selanjutnya kamu akan membuat bagian atap rumah. Caranya dengan merekatkan 3 stik es krim yang disusun menjadi bentuk segitiga, seperti rumah pada umumnya. Buat sebanyak 3 buah kerangka untuk bagian depan, tengah, dan belakang.

e. Sebagai bagian alas atap, gunakan stik secukupnya hingga menutupi alas atap rumah menggunakan lem.

f. Lalu, sebagai penghias dari dinding rumah, kamu bisa melubangi dinding rumah tadi dengan cutter yang dibentuk menjadi jendela dan pintu.

g. Sebagai langkah akhir, kamu bisa menyatukan seluruh bagian-bagian yang telah dibuat tadi, mulai dari badan hingga atap serta alasnya, tentu dengan bantuan lem untuk merekatkannya.

h. Beri warna agar hasilnya terlihat lebih menarik.

3 dari 6 halaman

2. Tempat Pensil

Selain dijadikan rumah-rumahan untuk pajangan, stik es krim juga bisa dijadikan barng yang memiliki fungsi yang memudahkan kehidupan, yaitu dengan menjadikannya tempat pensil. Berikut caranya:

a. Langkah pertama dengan memotong karton menjadi ukuran sedang atau ukuran pensil.

b. Gulung hingga berbentuk silinder atau tabung dan beri lem sebagai perekatnya.

c. Potong karton berbentuk bulat sebagai alas dan rekatkan dengan lem.

d. Lalu, tempel stik es krim mengikuti bentuk tabung tadi, dan tambahkan lem hingga merata pada stik es krim.

e. Apabila seluruh dinding karton sudah tertutup seluruhnya dengan stik es krim, potong stik es krim lainnya mengikuti ukuran alas tabung menggunakan cutter.

f. Setelah semua selesai, jangan lupa beri warna dan sedikit pernak-pernik hasil tempat pensil tersebut agar lebih menarik.

4 dari 6 halaman

3. Bingkai Foto

Kerajinan dari stik es krim ini mungkin merupakan kerajinan yang paling mudah untuk dilakukan. Sebab bentuknya tidak terlalu rumit. Berikut cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim berupa bingkai foto:

a. Pertama-tama susun 4 buah stik es krim menjadi bentuk persegi, dan buat sebanyak 2 buah. Lalu, susun tumpuk menjadi 2 lapisan persegi. Jangan lupa selalu gunakan lem agar merekat.

b. Selanjutnya susun bagian alas bingkainya. Kamu cukup memotong kertas karton menjadi bentuk persegi empat dengan ukuran yang sama dengan bingkai.

c. Susun stik es krim menggunakan lem hingga menutupi alas bingkai.

d. Lalu, susun dua buah stik es krim menjadi tumpuk dua, dan buat sebanyak 3 buah. Bagian ini berguna sebagai wadah untuk foto agar bisa diletakkan ke dalam bingkai.

e. Kemudian tempel bagian alas bingkai tadi dan sisakan satu sisi celah pada posisi atas untuk memasukkan foto.

f. Langkah selanjutnya rekatkan bingkai dan alas bingkai tadi.

g. Setelah selesai jangan lupa warnai dan hiasi bingkai foto agar lebih menarik.

h. Jika semua sudah siap, kamu tinggal masukkan foto ke dalam bingkai tersebut.

5 dari 6 halaman

4. Tempat Sendok dan Garpu

Untuk membuat kerajinan tangan dari stik es krim ini juga cukup mudah, berikut caranya:

a. Ambil 3 buah stik es krim lalu bentuk menjadi segitiga. Jangan lupaa gunakan lem untuk merekatkan. Bentuk segitiga tersebut dimaksudkan agar struktur dari tempat sendok dan garpu semakin kuat. Jadi kamu bisa membuatnya sebanyak mungkin sesuai dengan sendok garpu yang ada di rumahmu.

b. Tumpuk segitiga yang telah dibuat hingga berlapis-lapis.

c. Beri warna sesuai seleramu, agar terlihat menarik dan cocok jika diletakkan di meja makan.

6 dari 6 halaman

5. Karakter Kartun

Kerajinan dari stik es krim yang terakhir adalah yang paling disukai oleh anak-anak. Sebab, anak-anak memang merupakan penggemar kartun. Berikut langkah untuk membuatnya:

a. Siapkan satu buah stik es krim dan cat dengan warna putih.

b. Jika sudah kering tempelkan pernak pernik untuk membuat wajah, seperti mata, mulut, dan rambut yang direkatkan dengan lem.

c. Siapkan kain flanel dan potong sesuai bentuk pakaian daru kartun yang dimaksud.

d. Beri tambahan warna dengan spidol pada bagian yang masih terlihat warna kayunya.

Bagaimana, cara membuat kerajinan tangan dari stik es krim di atas cukup mudah bukan? Selamat mencoba ya!