Sukses

9 Makanan Khas Kota Blitar Jawa Timur yang Enak dan Menggugah Selera

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Kota Blitar terdiri dari berbagai makanan berat dan jajanan yang menggugah selera. Berkunjung ke kota yang terletak di bagian selatan Jawa Timur ini tentunya tidak lengkap tanpa menikmati makanan khas atau membawa pulang jajanan khas yang lezat. 

Kota yang merupakan tempat dimakamkannya Bung Karno ini tidak hanya menyimpan sejarah, kamu juga bisa mengunjunginya sebagai alternatif liburan. Apalagi, berbagai kuliner unik yang khas akan menyambutmu di Blitar.

Makanan khas Kota Blitar memiliki keunikan tersendiri yang tak ada di daerah lain. Kamu bisa mengunjungi pusat oleh-oleh yang menyediakan makanan khas Kota Blitar untuk melengkapi liburanmu menjadi makin berkesan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020) tentang makanan khas Kota Blitar.

2 dari 5 halaman

Es Drop dan Nasi Ampok

Es Drop

Salah satu makanan khas Kota Blitar yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Es Drop. Seperti yang telah diketahui, Blitar identik dengan tempat pemakanan Presiden pertama Indonesia, yaitu Bung Karno. Ketika kamu berkunjung ke kawasan makam Bung Karno atau di tempat-tempat wisata lainnya, kamu akan sering menjumpai termos berwarna merah.

Termos tersebut berisikan es drop, yang memiliki bentuk seperti es krim dengan bungkus kertas yang sangat khas. Es krim ini pernah sangat populer di tahun 1990an. Selain rasanya yang beraneka ragam, pembungkus es krim yang unik menjadi daya tarik tersendiri dari jajanan kha Blitar ini.

Nasi Ampok

Makanan khas Kota Blitar sleanjutnya adalah Nasi Ampok. Makanan tradisional jaman dulu ini sangat jarang ditemui di kota-kota lainnya. Jadi, jika berkunjung ke Blitar, sangat disayangkan jika kamu tidak mencicipinya.

Nasi Ampok merupakan nasi jagung yang menjadi makanan pokok pengganti beras. Kamu bisa menemukan makanan khas Kota Blitar ini di sekitar alun-alun Kota Blitar. Biasanya, Nasi Ampok ini ditambahkan dengan sambal tomat, sayur rebus, hingga ikan asin. Dengan harganya yang yang cukup murah, Nasi Ampok bisa dijadikan wisata kuliner murah saat liburan.

3 dari 5 halaman

Wajik Kletik dan Tahu Bumbu Lawu

Wajik Kletik

Jajanan wajik memang dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Blitar ternyata juga memiliki wajik khasnya sendiri, yaitu wajik kletik. Wajik ini memiliki keunikan yaitu butiran ketan yang digunakan tidak sepenuhnya mengembang dan masih berupa butiran keras.

Jajanan ini dibungkus dengan kulit jagung kering, sehingga memiliki cita rasa yang khas dan memiliki tekstur yang legit. Salah satu wajik kletik yang terkenal di Blitar adalah wajik kletik Bu Prayitno. Biasanya makanan khas Kota Blitar ini dijual dalam bentuk rentengan dengan isi 5 buah per rentengnya. Harganya juga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 10.000 saja.

Tahu Bumbu Lawu

Makanan khas Kota Blitar selanjutnya adalah Tahu Bumbu Lawu. Masakan khas Jawa Timur yang berbahan dasar tahu dan disiram dengan saus kacang yang gurih ini juga ada di Blitar, dan tentunya rasanya dapat menggoyang lidah.

Tahu Bumbu Lawu merupakan racikan dari potongan lontong, tauge, kerupuk, sambal, bawang goreng dan tahu setengah matang. Disiram dengan bumbu kacang, menambah selera makan menjadi memuncak.

Walaupun tampilannya sangat sederhana, makanan khas Kota Blitar satu ini sangatlah enak dan gurih. Kamu bisa menemukan tempat makan Tahu Bumbu Lawu dengan cita rasa khas Blitar ini di Jalan Lawu, Blitar.

4 dari 5 halaman

Geti dan Uceng Goreng

Geti

Geti merupakan jajanan yang berbahan dasar kacang-kacangan, seperti kacang tanah, mete, dan wijen yang direkatkan dengan gula merah. Rasanya manis, legit, dan tentunya sangat enak. Makanan khas Kota Blitar ini bisa dijadikan oleh-oleh saat liburan yang enak.

Apalagi, bagi kamu yang suka olahan kacang-kacangan, camilan tradisional satu ini bisa dijadikan pilihan tepat. Kamu bisa mendapatkan Geti ini di Desa Kademangan. Kawasan ini memang terkenal sebagai sentra produsen geti di Blitar. Biasanya 1 kg geti dijual dengan harga sekitar Rp 40.000 saja.

Uceng Goreng

Uceng Goreng merupakan salah satu makanan khas Kota Blitar yang cukup unik. Uceng sendiri merupakan sejenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai. Bentuknya bulat memanjang dan memiliki ukuran kira-kira sebesar jari kelingking saja.

Walaupun kecil, uceng bisa diolah menjadi berbagai kudapan yang lezat. Kamu bisa mencoba uceng goreng, bothok uceng, hingga sayur uceng. Uceng Goreng merupakan makanan khas Kota Blitar yang sangat gurih dan menggugah selera. Biasanya, kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat dan sambal tomat pedas.

Uceng ini juga bisa dijadikan peyek yang renyah dan gurih. Kamu bisa menjadikannya oleh-oleh atau camilan enak untuk dikonsumsi bersama keluarga di rumah.

5 dari 5 halaman

Rujak Cingur, Es Pleret, dan Susu Jahe Blitar

Rujak Cingur

Rujak Cingur memang merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Tidak heran jika Rujak Cingur juga menjadi salah satu makanan khas Kota Blitar. Sebagai makanan tradisional yang terbuat dari lidah sapi kelezatan Rujak Cingur tidak perlu dipertanyakan lagi.

Makanan yang terbuat dari lidah sapi ini ditambah bahan-bahan lainnya, seperti kerahi, mentimun, lontong, taoge, tahu, tempe, kangkung, kacang panjang, bengkoang, nanas, mangga muda dan kedondong. Setelah itu, dicampur dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, gula merah, cabai, bawang goreng, garam, petis udang dan potongan pisang klutuk.

Tentunya makanan khas Kota Blitar ini sangat menggugah selera. Kamu bisa menemukan Rujak Cingur ini hampir di setiap jalan di Blitar.

Es Pleret

Es Pleret merupakan minuman yang terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan menggunakan es. Rasanya semakin enak dengan tambahan santan. Makanan khas Kota Blitar ini tentunya sangat cocok dijadikan pelepas dahaga di kala siang terik. Sekarang ini, Es Pleret juga telah banyak ditambahkan dengan isian buah dan lainnya.

Susu Jahe Blitar

Susu Jahe Blitar cocok dijadikan kuliner malam hari untuk menghangatkan badan. Hal ini menilik Kota Blitar yang memiliki hawa cukup dingin di kala malam hari. Kamu bisa mencicipi minuman satu ini di pinggir jalan menggunakan gerobak. Harganya pun cukup murah untuk satu gelas susu jahe, sehingga membuat liburanmu menjadi makin hemat.