Sukses

6 Gerakan Peregangan Sebelum Tidur yang Bikin Lebih Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Gerakan peregangan sebelum tidur yang bikin lebih nyenyak bisa diterapkan secara rutin. Usai beraktivitas seharian, tentunya tubuh membutuhkan istirahat dengan tidur nyenyak sepanjang malam. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami berbagai masalah yang membuat tidurnya tidak nyenyak.

Melakukan peregangan sebelum tidur bisa menjadi solusi yang tepat. Melakukan berbagai peregangan sebelum tidur membantu memusatkan perhatian pada napas dan tubuh. Aktivitas ini juga membantu meredakan ketegangan otot yang dapat mengganggu kualitas tidur.

Gerakan peregangan sebelum tidur cukup mudah dipraktikkan. Melakukan peregangan ini di kamar juga sangat praktis karena tidak memerlukan alat apapun. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah gerakannya sehingga bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/6/2020) tentang gerakan peregangan sebelum tidur.

2 dari 7 halaman

Menempelkan Kaki di Dinding

Gerakan peregangan sebelum tidur yang bikin kamu lebih nyenyak salah satunya adalah gerakan menempelkan kaki di dinding. Tujuan gerakan ini adalah agar punggung, bahu, dan leher yang sering terasa kaku dan pegal bisa lebih nyaman saat tidur.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal berbaring dengan posisi kedua kaki diangkat dan menempel di dinding. Tempatkan pinggul dan kaki pada dinding, lalu pilih seberapa jauh jaraknya dengan dinding sesuai kenyamanan.

Selanjutnya, letakkan tangan pada posisi yang nyaman, bisa berada di samping tubuh. Kemudian, tahan posisi ini hingga 5-8 menit.

3 dari 7 halaman

Bear Hug

Gerakan peregangan sebelum tidur berikutnya adalah Bear Hug. Gerakan ini memiliki fungsi untuk meringankan pegal atau sakit pada daerah bahu dan punggung atas. Seperti namanya, gerakan ini dilakukan dengan gaya seperti memeluk.

Cara melakukan gerakan Bear Hug untuk mendapatkan tidur nyenyak juga cukup mudah. Pertama-tama, berdiri tegak dan tarik napas sambil membuka kedua lengan lebar-lebar. Lalu buang napas perlahan sambil menyilangkan tangan dengan gerakan seperti memeluk diri sendiri. Kemudian, tarik napas dalam-dalam saat kamu memeluk diri dan menarik bahu ke depan.

Kamu bisa menahan dalam posisi ini selama 30 detik. Terakhir, tarik napas kembali sambil membuka kembali lengan dengan lebar seperti semula.

4 dari 7 halaman

Sleeping Swan

Gerakan peregangan sebelum tidur selanjutnya adalah Sleeping Swan. Untuk melakukan peregangan ini yang kamu butuhkan adalah sebuah bantal. Setiap gerakan pada peregangan ini membutuhkan pernapasan yang baik yang bertujuan menenangkan sistem saraf.

Fokus pada peregangan ini terletak di leher, bahu, punggung, pinggul, dan kaki. Tahan napas selama delapan hingga sepuluh hitungan dan ulangi.

5 dari 7 halaman

Child Pose

Gerakan peregangan sebelum tidur satu ini disebut juga dengan child pose. Melakukan gerakan ini dapat membantu kamu mengatur tarikan napas, melemaskan tubuh, dan mengurangi stress setelah seharian bekerja.

Bahkan gerakan child pose ini juga membantu menghilangkan rasa sakit dan tegang di punggung, bahu, dan leher. Kamu bisa melakukannya dengan duduk dengan posisi kaki terlipat ke belakang. Lalu, rentangkan tangan lurus ke depan, perlahan condongkan tubuh ke lantai hingga menyentuhnya.

Selanjutnya, tarik napas dalam-dalam dan lepaskan secara perlahan. Tahan pose ini selama kurang lebih 5 menit.

6 dari 7 halaman

Seated Forward

Seated Forward ini merupakan gerakan peregangan sebelum tidur yang juga bisa kamu terapkan. Gerakan peregangan ini dapat membantu merilekskan otot kaki, paha, punggung, dan bahu.

Caranya cukup mudah, duduk dengan posisi kedua kaki lurus ke depan dan kedua tangan terangkat ke atas. Lalu, arahkan tubuh ke depan dengan posisi tangan masih tetap, seolah sedang mencium lutut.

Tekuk sedikit lutut kamu atau beri penyangga di bagian bawah lutut untuk memberikan tekanan. Lalu, tahan posisi ini hingga sekitar 5 menit.

7 dari 7 halaman

Cat Stretch (Marjariasana)

Peregangan sangat baik untuk fleksibilitas tulang belakang. Juga membantu organ pencernaan dan meningkatkan pencernaan, sehingga membantu untuk tidur nyenyak. Hal ini juga meningkatkan sirkulasi darah dan merilekskan pikiran.

Cara melakukan gerakan peregangan sebelum tidur ini cukup mudah, buatlah dirimu seperti bayi merangkak. Bentuk punggung seperti meja dengan tangan dan kaki membentuk kaki meja. Jaga lengan kamu tegak lurus ke lantai, dengan tangan langsung di bawah bahu dan rata dengan tanah, lutut selebar pinggul. Lihatlah lurus ke depan.

Dalam melakukan gerakan peregangan ini, saat kamu menarik napas, angkat dagu kamu ke atas dan keluarkan napas sambil tundukkan kepala kembali. Lakukan beberapa kali.