Sukses

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol yang Mudah, Enggak Ribet

Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah bisa dijadikan hobi menguntungkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah bisa dijadikan hobi menguntungkan. Gelang dari benang wol ini bisa menjadi aksesoris tanganmu yang membuat penampilan semakin menarik. Daripada membelinya, kamu bisa membuatnya sendiri yang tentu akan lebih murah.

Tidak hanya menarik untuk digunakan sendiri, kamu juga menjadikannya bisnis kecil-kecilan, dengan menjualnya kepada teman ataupun ke orang lain. Jadi, membuat gelang dari benang wol ini tidak hanya menghemat pengeluaranmu, tapi juga bisa menambah pemasukanmu.

Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah bisa dipraktikkan di rumah. Benang wol cukup sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat gelang karena memiliki sifat yang fleksibel dan mudah untuk didapatkan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/6/2020) tentang cara membuat gelang dari benang wol yang mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol yang Mudah (Teknik Menganyam)

Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah pertama adalah dengan menggunakan teknik menganyam. Teknik ini merupakan cara membuat gelang yang paling sederhana. Namun, soal hasilnya kamu tidak perlu ragu, karena teknik menganyam ini juga akan menghasilkan gelang yang menarik dan unik.

Kamu bisa menambahkan berbagai pernak-pernik menarik pada gelang yang kamu buat dengan menganyam ini. Berikut cara membuat gelang dari benang wol yang mudah dengan teknik menganyam:

Alat dan Bahan:

- Benang wol dengan 3 warna yang berbeda.

- Aksesoris tambahan atau pernak-pernik lainnya

- Gunting

- Tang

Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah dengan teknik menganyam:

1. Siapkan 3 helai benang wol yang warnanya sama dengan panjang sesuai dengan lingkar pergelangan tangan kamu. Kamu juga bisa mematok sekitar 20 cm jika ingin membuat untuk orang lain atau membuat dalam jumlah banyak.

2. Kemudian, ikat ketiga benang wol tersebut pada bagian atasnya lalu kepang hingga habis.

3. Lakukan langkah pertama dan kedua tersebut untuk dua warna yang lainnya.

4. Setelah ketiga benang wol dengan warna berbeda tersebut dikepang, kamu bisa menggabungkan ketiganya sehingga menjadi sebuah gelang.

5. Lalu, kamu bisa menambahkan aksesoris yang sudah kamu siapkan di sekeliling gelang tersebut dengan bantuan tang.

6. Kamu dapat mengatur lebar gelang tersebut dengan cara menambah atau mengurangi benang wol yang digunakan.

Jika ingin gelang yang kamu buat lebih bervariasi dan enak dipandang, kamu juga dapat membuat satu gelang dari tiga warna sekaligus. Kamu bisa berkreasi sesuai keinginan dalam cara membuat gelang dari benang wol yang mudah ini asalkan sudah memiliki alat dan bahannya.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol yang Mudah (Menggunakan Ring)

Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah berikutnya bisa dengan menggunakan bantuan ring. Menggunakan ring aluminium ini dapat membuatmu semakin mudah dalam membuat gelang sesuai keinginan.

Apalagi, bila kamu kurang mahir dan enggak ingin ribet dalam mengepang benang wol yang tentu membutuhkan waktu. Selain caranya yang mudah, kamu bisa membuatnya dengan cepat dan dalam jumlah banyak dalam waktu yang tidak begitu lama. Berikut cara membuat gelang dari benang wol yang mudah dengan bantuan ring aluminium:

Alat dan Bahan:

- Benang wol

- Ring aluminium yang biasa digunakan untuk membuat gelang (kamu juga bisa menggunakan ring yang biasa digunakan pada dream catcher)

- Aksesoris tambahan atau pernak-pernik lainnya

- Gunting

- Lem

Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah dengan bantuan ring aluminium:

1. Langkah pertama, siapkan ring terlebih dahulu

2. Lalu, oleskan sebagian permukaanya (sekitar 1 cm) dengan lem.

3. Selanjutnya, kamu bisa menempelkan ujung benang wol pada bagian yang diolesi lem tersebut.

4. Kemudian, lilitkan benang wol ke seluruh permukaan ring. Usahakan untuk membuat lilitan yang rapi melingkari ring tanpa ada yang saling bertumpukan.

5. Setelah semuanya tertutupi dengan rapi, kamu bisa mengelem kembali bagian ujung dari ring tersebut.

6. Tambahkan berbagai pernak-pernik dan aksesoris agar gelang kamu semakin cantik.

Itulah cara membuat gelang dari benang wol yang mudah dengan bantuan ring. Tentunya cara ini sangta sederhana dan bisa dilakukan siapa saja.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Gelang dari Benang Wol yang Mudah (Menggunakan Sedotan)

Alat dan Bahan:

- Benang Wol

- Sedotan bening

- Gunting

- Selotip

- Penggaris

- Bolpoin

- Korek api

Cara membuat gelang dari benang wol yang mudah dengan sedotan:

1. Siapkan sedotan. Ukur 1,5 cm dan tandai dengan pena, teruskan hingga sedotan habis. Gunting-gunting sedotan setiap 1,5 cm.

2. Siapkan benang wol, ukur sama panjang, rekatkan bagian tengahnya pada meja dengan selotip.

3. Masukkan satu buah sedotan ke dalam benang, lalu masukkan sisi lain benang menyilang. Tarik benang hingga sedotan ada di atas. Lakukan terus hingga habis. Sesuaikan dengan pergelangan tangan.

4. Setelah cukup panjang, buat simpul di bagian akhir benang.

Kamu bisa menumpuk benang terlebih dahulu agar gelang yang kamu buat menjadi lebih tebal dan kuat. Tentunya juga harus menyesuaikan dengan sedotan yang kamu gunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.