Sukses

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas Air Mineral, Ikuti 4 Langkah Mudah Berikut

Ternyata cara membuat celengan dari botol bekas air mineral cukup mudah dan singkat untuk diikuti.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat celengan dari botol bekas air mineral biasanya menjadi metode pembelajaran bagi anak agar mulai secara bertahap gemar menabung. Tapi, di sisi lain mempraktikkannya juga dapat berguna untuk mengurangi jumlah sampah dari plastik bekas yang tersebar di sekitar lingkungan tempat tinggal, yang mana apabila dibiarkan saja akan menjadi penyebab pencemaran lingkungan. 

Bagi Anda yang ingin mengasah kreatifitas, mungkin cara membuat celengan dari botol bekas air mineral ini dapat dikatakan efektif. Sebab, cara membuat celengan dari botol bekas air mineral ini membutuhkan ketelitian, kesabaranm serta inspirasi agar tampilan dari celengan yang dibuat dapat semenarik mungkin.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menunjang cara membuat celengan dari botol bekas air mineral juga cukup mudah didapatkan dan murah. Bahan utama seperti botol air mineral bekas bisa menggunakan jenis apa saja dan dari merek apa saja. Seperti yang Anda mungkin ketahui, tiap merek memiliki bentuk botol yang berbeda, dengan begitu akan memberi keragaman dari hasil karya seni berupa celengan yang Anda buat nanti.

Mungkin tidak perlu panjang lebar untuk mulai mempraktikkan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral, karena di bawah ini Liputan6.com telah merangkumnya untuk Anda, Sabtu (27/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alat dan Bahan untuk Membuat Celengan dari Botol Air Mineral Bekas

a. Botol Bekas Air Mineral

Sebelum mulai mempraktikkan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral, Anda tentunya perlu menyiapkan salah satu bahan utama dalam pembuatan celengan ini, yaitu botol bekas air mineral. Untuk membuat celengan dari botol bekas air mineral tersebut, Anda bisa menggunakan botol bekas air mineral baik ukuran 600 ml atau 1 liter. Tentunya, semakin besar ukuran botolnya akan semakin banyak pula jumlah uang yang bisa dikumpulkan.

b. Pisau atau Cutter

Pisau atau cutter ini sudah pasti akan berfungsi dalam mempermudah cara membuat celengan dari botol bekas air mineral. Sebab ada beberapa tahap yang memerlukan proses memotong dan membuat lubang. Fungsi lubang tersebut tentu untuk tempat masuk uang.

Usahakan pisau atau cutter yang digunakan harus tajam. Sebab, tajamnya pisau atau cutter tersebut akan mempengaruhi kerapian dari hasil akhir, serta mempengaruhi kecepatan ketika membuat celengan dari botol air mineral bekas tersebut.

c. Lem atau Lakban

Lem atau lakban ini berfungsi sebagai perekat yang akan membantu untuk menyatukan dan mengunci tutup botol agar tidak mudah terbuka. Sebenarnya lebih disarankan menggunakan lem, seperti jenis lem Alteco yang memiliki daya rekat kuat. Mengapa harus ditutup rapat? Sebab, keinginan untuk mengambil uang dari celengan bisa saja muncul ketika sedang ‘kepepet’ ingin beli sesuatu.

d. Kertas Kado atau Sisa Kain

Kertas kado atau sisa kain ini akan menjadi hiasan bagi bagian luar botol air mineral. Seperti yang Anda ketahui, botol air mineral biasanya memiliki warna transparent yang kurang menarik untuk dilihat jika dijadikan sebuah karya, terutama celengan. Maka dari itu, pilih dan siapkan kertas kado atau sisa kain yang menurut Anda paling baik dan paling bagus.

e. Cat Semprot (Opsi)

Adanya cat semprot ini sebenarnya menjadi opsi ketika Anda tidak mendapatkan kertas kado atau sisa kain yang menurut Anda menarik. Penggunaan cat semprot ini sebenarnya akan membuat warna dari botol bekas air mineral lebih tahan lama. Namun, hati-hati dalam penggunaannya agar tidak terkena anggota tubuh.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Celengan dari Botol Bekas Air Mineral

1. Dimulai dari langkah pertama, yaitu dengan mengeringkan botol menggunakan lap kering dan bersih. Pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel.

2. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengunci atau menyegel tutup botol agar tidak mudah dibuka terbuka dan dilepas dengan menggunakan lem yang tadi telah di siapkan. Seperti yang sempat dijelaskan sebelumnya, alasan mengunci tutup botol ini agar Anda tidak ‘gatal’ untuk membuka celengan ketika butuh membeli sesuatu.

3. Lalu, tahap berikutnya adalah dengan membuat lubang tempat memasukkan uang. Pada tahap ini diperlukan bantuan dari pisau atau cutter agar dapat melubangi plastik botol bekas air mineral yang cukup tebal. Untuk lokasi lubangnya bisa disesuaikan dengan selera Anda.

4. Lanjut ke langkah terakhir dalam membuat celengan dari botol air mineral bekas, yaitu dengan melakukan finishing. Tahapan ini dimaksudkan untuk mempercantik bagian luar dari celengan. Anda bisa menggunakan bahan yang sudah disiapkan tadi seperti kertas kado atau sisa kain. Jika tidak ada bisa menggunakan opsi terakhir yaitu cat semprot.

Tahap ini dapat dibilang merupakan tahap yang benar-benar menuntut kretivitas Anda, karena harus menciptakan sebuah tampilan yang menarik serta unik dari celengan yang Anda buat. Jadi, cukup mudah bukan cara membuat celengan dari botol bekas air mineral di atas? Selamat mencoba ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.