Sukses

6 Fakta Unik Negara Belanda, Punya Perlintasan Satwa Liar

Liputan6.com, Jakarta Fakta unik tentang sebuah negara memang selalu menarik untuk ditelaah. Keindahan negara yang disajikan juga selalu membuat seseorang berdecak kagum. Setiap negara tentunya memiliki identitas agar dikenal oleh masyarakat dunia.

Belanda merupakan salah satu negara yang tentunya menjadi salah satu negara yang kerap dikunjungi oleh masyarakat dunia. Keindahan negara yang disajikan tentunya selalu menarik perhatian pengunjung. Selain keindahan negaranya, rupanya budaya Belanda juga selalu menarik untuk diketahui.

Belanda memiliki banyak pelukis terkenal. Abad ke-17, ketika itu Republik Belanda mencapai kemakmuran, merupakan zaman Para Maestro Belanda. Pada Zaman Keemasan Belanda, seni sastra juga bertumbuh kembang, dengan Joost van den Vondel dan P. C. Hooft sebagai dua penulis terkenal. Replika-replika bangunan di Belanda juga selalu menarik perhatian wisawatan.

Selain memiliki budaya yang unik, negara yang identik disebut negeri Kincir Angin ini memiliki fakta menarik yang jarang diketahui. Salah satu fakta menarik negara Belanda yakni negara satu ini merupakan negara pertama yang memiliki jalur sepeda bertenaga surya pertama di dunia. Selain fakta tersebut, terdapat fakta menarik lainnya yang jarang diketahui oleh masyarakat dunia.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 6 fakta unik negara Belanda, yang menarik untuk diketahui, Minggu (28/6/2020).

2 dari 7 halaman

1. Salah satu negara yang sangat melindungi hewan

Salah satu fakta unik negara Belanda yakni Belanda merupakan salah satu negara tanpa hewan peliharaan yang ditinggalkan. Hewan peliharaan di Belanda sangat dilindungi dan diperlakukan dengan baik. Baru-baru ini dikonfirmasi tidak ada kucing dan anjing yang berkeliaran di jalanan. Pemerintah berhasil melakukan hal tersebut tanpa membahayakan hewan.

Upaya tersebut juga merupakan bukti perlindungan dan perlakuan baik kepada hewan. Dalam upaya untuk memastikan hak-hak anjing, pihak berwenang membuat undang-undang yang tegas terhadap penyalahgunaan hewan.

3 dari 7 halaman

2. Belanda memiliki jalur sepeda bertenaga surya pertama di dunia

Proyek yang disebut SolaRoad adalah hasil kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan akademisi. Bagian pertama dari jalan dibuka pada tahun 2015. Panjangnya hanya 100 m, tetapi ini merupakan terobosan besar dalam pembangunan jalan di masa depan. Gagasan utama dari proyek ini adalah bahwa tenaga surya dari jalan digunakan untuk penerangan jalan dan pengisian kendaraan listrik.

Upaya yang dilakukan pemerintah Belanda satu ini cukup unik. Pasalnya hal tersebut juga bermanfaat untuk melindungi bumi dari Global Warming. Memiliki jalur sepeda bertenanga surya pertama di dunia tentunya dapat membuat para pengguna sepeda lebih nyaman menggunakan sepeda.

4 dari 7 halaman

3. Titik pengisian daya untuk mobil listrik terletak dalam jarak 50 m satu sama lain

Fakta menarik negara Belanda selanjutnya yakni titik pengisian daya untuk mobil listrik terletak dalam jarak 50m satu sama lainnya. Biasanya jarak pengisian yang kita ketahui jaraknya cukup dekat.

Titik pengisian daya untuk mobil listrik yang terletak dalam jarak 50m merupakan salah satu kekuatan Belanda adalah sistem transportasi berkelanjutan mereka. Itu sebabnya dalam upaya untuk berhenti menggunakan kendaraan bertenaga bensin dan diesel, banyak titik pengisian dibuka untuk warga yang mengendarai mobil listrik.

5 dari 7 halaman

4. Terdapat sebuah kota yang tidak ada kendaraan bermobil

Mengurangi penggunakan mobil atau kendaraan lainnya yang menyebabkan polusi tentunya menjadi tugas setiap negara. Salah satu kota di Belanda sudah menerapkan kebiasaan untuk mengurangi penggunaan mobil.

Kota Houten Belanda dianggap sebagai tempat teraman di dunia. Pada awal 1980-an, 4.000 warga kota membuat keputusan untuk mendorong semua orang di kota untuk mulai bersepeda lebih daripada terus-menerus menggunakan mobil. Kini, semua warga terbiasa untuk mengendarai sepeda.

6 dari 7 halaman

5. Pihak berwenang akan melarang penjualan kendaraan bertenaga bensin dan diesel

Fakta unik negara Belanda selanjutnya yang jarang diketahui adalah pihak berwenang di negara tersebut akan melarang penjualan kendaraan bertenaga bensin dan diesel. Mobil bensin dan diesel tidak lagi tersedia di Belanda pada tahun 2025. Selain itu, pemilik mobil bahan bakar alternatif tidak harus membayar pajak kendaraan bermotor pribadi. Akibatnya, mobil ramah lingkungan menjadi 15.000 euro lebih murah.

7 dari 7 halaman

6. Terdapat perlintasan satwa liar untuk hewan yang hidup di hutan (Ecoducts)

Belanda merupakan salah satu negara yang akan mengupayakan banyak hal untuk melindungi hewan. Memberikan perlindungan kepada hewan liar merupakan salah satu tugas utama lainnya dari pemerintah Belanda. Oleh karena itu, beberapa perlintasan satwa liar dibangun untuk memungkinkan hewan menyeberang jalan dengan aman dari satu bagian hutan ke hutan lainnya.