Sukses

3 Cara Ampuh Bersihkan Kulkas dengan Bahan Alami, Kenali Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan alami bisa kamu terapkan secara rutin. Sebagai satu perlengkapan rumah tangga yang penting, kebersihan kulkas haruslah selalu terjaga. Pasalnya, kulkas yang tidak rutin dibersihkan bisa jadi sumber penyakit.

Kulkas yang tak rutin dibersihkan bisa berdampak terhadap makanan yang disimpan di dalamnya, akibatnya bisa menggangu kesehatan kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk membersihkan kulkas agar lebih aman.

Cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan alami perlu diikuti langkah-langkahnya. Jika kebersihan kulkas tidak dijaga, bahan-bahan yang kamu simpan tersebut akan terkontaminasi bakteri penyebab penyakit. Saat kamu memakannya, bakteri pun akan pindah ke tubuh dan mengacaukan kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/6/2020) tentang cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan alami.

2 dari 5 halaman

Lemon

Cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan alami yang pertama menggunakan lemon. Buah lemon memiliki asam alami yang dapat dijadikan zat pembersih yang kuat. Bahkan, kandungan asam dalam buah lemon mampu menghilangkan bakteri, kotoran dan bau tak sedap.

Untuk membersihkan kulkas, siapkanlah 3 buah lemon dan 2 cangkir air hangat. Kemudian peraslah lemon dan campurkan dengan air hangat. Masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprot dan mulai bersihkan kulkas yang telah dikosongkan.

Semprotkan campuran lemon dan air hangat tersebut ke sudut-sudut kulkas dan diamkan selama lima menit. Kemudian gosok dengan handuk atau kain bersih.

3 dari 5 halaman

Minyak Zaitun dan Lemon

Minyak Zaitun dan Lemon

Minyak zaitun dan lemon juga bisa dijadikan sebagai cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan alami berikutnya. Campuran antara lemon dan minyak zaitun ini sangat ideal untuk membersihkan permukaan lemari es yang berbahan stainless steel. Komponen ini menghilangkan kotoran bekas tumpahan tanpa merusak bahan atau meninggalkan residu yang berminyak.

Cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan alami ini juga cukup mudah. Campurkan 4 sdt minyak zaitun (sekitar 64g) dengan 3 sdt air lemon (30 ml) ke dalam piring atau wadah lainnya. Kemudian, gosok campuran ke permukaan kulkas dengan bantuan kain lembut. Biarkan selama sepuluh menit, lalu bersihkan dengan kain yang sedikit lembap. Biarkan permukaan kulkas kering sebelum kamu kembali memasukkan isinya.

4 dari 5 halaman

Soda kue (baking soda)

Cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan almi berikutnya adalah dengan soda kue. Kandungan sodium bikarbonat dalam soda kue memiliki sifat antibakteri. Hal tersebut menjadikan soda kue sebagai satu solusi terbaik untuk membersihkan dan mendisinfeksi lemari es.

Cara ampuh bersihkan kulkas dengan bahan alimi ini dilakukan dengan, menyiapkan 3 sdt soda kue (30 g) dan 2 gelas air hangat (500 ml). Kemudian campur baking soda dengan air hingga larut. Celupkan spons ke dalam larutan baking soda, lalu gosok ke dinding dan kompartemen kulkas. Biarkan selama lima menit, lalu bersihkan dengan kain yang mudah menyerap.

5 dari 5 halaman

Langkah-langkah Membersihkan Kulkas yang Benar

Berikut langkah-langkah membersihkan kulkas yang benar:

1. Cabut dulu kabel kulkas yang terhubung dengan listrik. Sering kali membersihkan kulkas butuh waktu lama.

2. Keluarkan semua isi kulkas. Sortir mana yang masih layak ditaruh di kulkas dan mana yang sudah tidak layak atau sudah kedaluwarsa.

3. Lepaskan seluruh rak di dalam kulkas. Rendam sebentar di dalam air agar kerak yang menempel mudah dibersihkan.

4. Cuci bersih rak kulkas dengan menggunakan bahan alami yang telah disebutkan di atas dan air hangat. Keringkan.

5. Siapkan penyemprot yang sudah diisi sabun cuci piring atau bahan alami. Bersihkan bagian dalam/dinding kulkas dengan menggunakan lap terlebih dahulu. kemudian bersihkan dengan sabun/bahan alami dan spons.

6. Lap dinding kulkas yang sudah dibersihkan dengan lap basah hingga bersih dan tidak ada sisa sabun. 

7. Bersihkan juga bagian pintu karet dan sela-selanya dengan menggunakan sikat gigi. Lap bersih.

8. Lap semua bagian kulkas dengan kertas tisu hingga kering. 

9. Pasang kembali rak kulkas pada tempatnya. Pasang lagi kabel untuk mendinginkan kulkas. Bersihkan juga pintu handle kulkas.

10. Selagi menunggu kulkas dingin, bersihkan barang-barang dan makanan yang akan disimpan kembali di kulkas. Tata rapi di dalam kulkas.