Sukses

Cara Membuat ID Apple Baru dan Cara Mengamankannya Agar Tidak Mudah Dihack

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat ID Apple baru penting diketahui bagi pengguna perangkat Apple. ID Apple merupakan akun yang digunakan pengguna akun untuk mengakses berbagai layanan Apple. Saat baru memiliki perangkat Apple, kamu pasti akan diminta untuk membuat ID Apple.

Bagi kamu yang baru memiliki perangkat Apple dan belum memiliki ID Apple, cara membuat ID Apple baru bisa membantumu. Cara membuat ID Apple baru mencakup alamat email dan kata sandi yang digunakan untuk masuk ke akun Applemu. Dengan ID Apple kamu bisa menikmati layanan Apple seperti App Store, Apple Music, iCloud, iMessage, FaceTime, dan banyak lagi.

Cara membuat ID Apple baru bisa dilakukan dari semua perangkat Apple baik itu iPhone, Mac, iPad, dan lainnya. Cara membuat ID Apple baru juga bisa kamu gunakan jika kamu lupa ID Apple-mu yang lama dan tidak bisa memulihkannya kembali.

Selain cara membuat ID Apple baru, kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara mengamankan akun ID Apple-mu agar tidak mudah diretas. Berikut cara membuat ID Apple baru, dirangkum Liputan6.com dari support.apple, Senin (29/6/2020).

2 dari 5 halaman

Cara membuat ID Apple baru di iPhone, iPad, atau iPod touch

Membuat ID Apple saat mengatur perangkat:

1. Ketuk Lupa kata sandi atau tidak memiliki ID Apple.

2. Ketuk Buat ID Apple Gratis.

3. Pilih tanggal lahir dan masukkan nama. Ketuk Berikutnya.

4. Ketuk Gunakan alamat email saat ini, atau ketuk Dapatkan alamat email iCloud gratis.

Membuat ID Apple dari App Store:

1. Buka App Store, lalu ketuk gambar profil .

2. Ketuk Buat ID Apple Baru. Jika tidak ada pilihan ini, pastikan kamu sudah keluar dari iCloud.

3. Masukkan email, kata sandi, dan pilih negara atau wilayah yang sesuai dengan alamat penagihan untuk metode pembayaran. Alamat email yang kamu berikan akan menjadi ID Apple baru.*

4. Baca Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi Apple, lalu ketuk Setuju dengan Syarat dan Ketentuan. Ketuk Berikutnya.

5. Masukkan nama dan tanggal lahir, lalu ketuk untuk berlangganan Pembaruan Apple jika kamu menginginkannya. Langkah ini akan memberi kamu berita, perangkat lunak, produk, dan layanan terkini dari Apple. Ketuk Berikutnya.

6. Masukkan kartu kredit dan informasi penagihan, lalu ketuk Berikutnya. kamu juga dapat memilih Tidak Ada, dan mempelajari tindakan yang harus dilakukan jika Tidak Ada tidak muncul atau kamu tidak dapat memilihnya. kamu tidak akan dikenakan biaya jika tidak melakukan pembelian. kamu dapat mengubah atau menghapus detail pembayaran di lain waktu.

7. Konfirmasikan nomor telepon kamu. Langkah ini dapat membantu memverifikasi identitas dan memulihkan akun jika diperlukan. Ketuk Berikutnya.

8. Cari email verifikasi dari Apple dalam email kamu, lalu ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi alamat email tersebut. Pelajari tindakan yang harus dilakukan jika kamu harus mengatur email di iPhone, iPad, atau iPod touch.

9. Setelah memverifikasi alamat email, kamu dapat menggunakan ID Apple untuk masuk ke iTunes Store, App Store, dan layanan Apple lainnya seperti iCloud.

3 dari 5 halaman

Membuat ID Apple di Mac

1. Buka App Store.

2. Klik Masuk, lalu klik Buat ID Apple. Jika tidak ada pilihan ini, pastikan kamu keluar dari iCloud.

3. Baca dan setujui Syarat dan Ketentuan.

4. Isi formulirnya untuk membuat ID Apple baru. Alamat email yang kamu berikan akan menjadi ID Apple baru.

5. Setelah mengisi formulir, klik Lanjutkan. Bila melihat pesan yang mengatakan bahwa alamat email yang dimasukkan telah terhubung dengan ID Apple, ikuti petunjuk berikut untuk menggunakan ID Apple yang ada.

6. Masukkan informasi kartu kredit dan penagihan, lalu klik Lanjutkan. kamu juga dapat memilih Tidak Ada, dan mempelajari tindakan yang harus dilakukan jika Tidak Ada tidak muncul atau kamu tidak dapat memilihnya. Apple hanya akan membebankan biaya ketika kamu melakukan pembelian. kamu dapat mengubah atau menghapus detail pembayaran di lain waktu.

7. Cari email verifikasi dari Apple dalam email kamu, lalu ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi alamat email tersebut.Setelah memverifikasi alamat email, kamu dapat menggunakan ID Apple baru untuk masuk ke App Store dan layanan Apple lainnya seperti iCloud.

4 dari 5 halaman

Membuat ID Apple di PC Windows

1. Buka iTunes untuk Windows. Pastikan kamu memiliki versi terbaru.Dari bar menu di bagian atas layar komputer atau di bagian atas jendela iTunes, pilih Akun > Masuk. Setelah itu, klik Buat ID Apple Baru.

2. Baca dan setujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi Apple.

3. Isi formulirnya untuk membuat ID Apple baru. Alamat email yang kamu berikan akan menjadi ID Apple baru. Formulir juga menyertakan pertanyaan keamanan untuk perlindungan kamu.

4. Setelah mengisi formulir, klik Lanjutkan. Bila melihat pesan yang mengatakan bahwa alamat email yang dimasukkan telah terhubung dengan ID Apple, ikuti petunjuk berikut untuk menggunakan ID Apple yang ada.

5. Masukkan informasi kartu kredit dan penagihan, lalu klik Lanjutkan. kamu juga dapat memilih Tidak Ada, dan mempelajari tindakan yang harus dilakukan jika Tidak Ada tidak muncul atau kamu tidak dapat memilihnya. Apple hanya akan membebankan biaya ketika kamu melakukan pembelian. kamu dapat mengubah atau menghapus detail pembayaran di lain waktu.

6. Cari email verifikasi dari Apple dalam email kamu, lalu ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi alamat email tersebut.

 

5 dari 5 halaman

Cara melindungi akun ID Apple dengan autentikasi dua faktor

Autentikasi dua faktor meningkatkan keamanan ID Apple secara signifikan. Setelah menyalakannya, untuk masuk ke akun, Anda akan memerlukan kata sandi maupun akses ke perangkat atau nomor telepon tepercaya. Fitur ini merupakan keamanan tambahan untuk ID Apple untuk memastikan bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang dapat mengakses akun, meskipun seseorang mengetahui kata sandimu. Berikut cara mengaktifkannya:

Menyalakan autentikasi dua faktor di iPhone, iPad, atau iPod touch

Jika menggunakan iOS 10.3 atau versi lebih baru:

1. Buka Pengaturan > [nama] > Kata Sandi & Keamanan.

3. Ketuk Aktifkan Autentikasi Dua Faktor.

4. Ketuk Lanjutkan.

Jika menggunakan iOS 10.2 atau versi lebih lama:

1. Buka Pengaturan > iCloud.

2. Ketuk ID Apple > Kata Sandi & Keamanan.

3. Ketuk Aktifkan Autentikasi Dua Faktor.

4. Ketuk Lanjutkan.

Kamu mungkin akan diminta untuk menjawab pertanyaan keamanan ID Apple.

Masukkan nomor telepon di mana kamu ingin menerima kode verifikasi saat masuk. Kamu dapat memilih untuk menerima kode ini melalui pesan teks atau panggilan telepon otomatis.

Saat kamu mengetuk Berikutnya, Apple akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang kamu berikan. Masukkan kode verifikasi untuk memverifikasi nomor telepon dan mengaktifkan autentikasi dua faktor.