Sukses

10 Cara Atasi Jerawat di Dagu, Kenali Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Jerawat bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Di bagian wajah, jerawat biasa muncul di dahi, pipi, dagu dan rahang. Lokasi jerawat ini ternyata memiliki penyebab yang berbeda. Jerawat di dagu dan rahang menjadi jenis jerawat yang paling sering muncul.

Tidak seperti jerawat di wajah lainnya, jerawat yang muncul di sepanjang dagu dan rahang biasanya memiliki tampilan berbeda. Jerawat di dagu dan rahang cenderung berupa benjolan padat. Jerawat ini juga sering disebut dengan jerawat batu.

Hormon adalah faktor utama penyebab jerawat batu muncul. Ini sebabnya wanita dan remaja akan lebih sering memiliki jerawat di dagu dan rahang. Cara atasi jerawat di dagu bisa dengan menggunakan obat yang diresepkan dokter, bahan alami, hingga perubahan pola makan.

Berikut cara atasi jerawat di dagu, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (29/6/2020).

2 dari 6 halaman

Cara atasi jerawat di dagu

Alpha hydroxy acid

Alpha hydroxy acids (AHA) adalah asam nabati yang sebagian besar berasal dari buah jeruk. AHA dapat membantu menghilangkan kelebihan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. AHA juga bisa membantu mencegah munculnya bekas jerawat. AHA bisa ditemukan dalam produk perawatan jerawat seperti krim, masker, atau pelembap yang dijual bebas dipasaran.

Retinoid

Jerawat hormon ringan juga bisa diatasi dengan retinoid topikal. Retinoid berasal dari vitamin A. Banyak krim, gel, dan lotion retinoid tersedia di pasaran. Dosis retinoid biasanya disesuaikan dengan keparahan jerawat. Jadi, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan retinoid. Produk yang diresepkan seringkali merupakan cara paling efektif untuk jerawat. Retinoid dapat meningkatkan risiko terbakar sinar matahari. Jadi gunakan tabir surya setelah menggunakan retinoid di siang hari.

3 dari 6 halaman

Cara atasi jerawat di dagu

Tea tree oil

Tea tree oil berguna untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Tea tree oil tersedia di banyak produk perawatan kulit, seperti pembersih dan toner. Kamu juga bisa menggunakan Tea tree oil yang sudah dilarutkan dan mengaplikasikannya pada jerawat. Minyak pohon teh sangat kuat, jadi selalu encerkan dengan bahan lain sebelum dioleskan ke kulit.

Teh hijau

Teh hijau dikenal untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Teh hijau bisa diminum setiap haru untuk mencegah peradangan jerawat. Menggunakan produk topikal teh hijau juga bisa membantu menenangkan jerawat.

Teh hijau bisa digunakan langsung sebagai kompres jerawat. Seduh kantung teh hijau, dinginkan dan tempelkan pada kulit berjerawat. Gunakan juga air teh hijau sebagai semprotan untuk wajah untuk menenangkan peradangan.

4 dari 6 halaman

Cara atasi jerawat di dagu

Lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu proses penyembuhan jerawat. Mengaplikasikan lidah buaya pada bekas jearawat membantu mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat alami yang membantu mencegah bekas jerawat. Ketika dioleskan ke kulit, gel lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka bekas jerawat.

Kunyit

Kunyit juga merupakan antioksidan yang baik untuk pertumbuhan sel kulit baru. Kunyit juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mencegah peradangan jerawat. Kunyit akan membantu mempercepat penyembuhan jerawat sambil menyamarkan bekas jerawat yang ada. Kunyit juga membantu mencegah hiperpigmentasi kulit yang menyebabkan bekas hitam pada kulit.

5 dari 6 halaman

Cara atasi jerawat di dagu

Konsumsi omega-3

Pola makan kaya akan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan dan mengatasi gejala jerawat. Omega-3 dapat mengatur hormon seperti testosteron yang memicu produksi sebum berlebih. Minyak ikan mengandung dua jenis utama asam lemak omega-3: asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Tingginya kadar EPA dan DHA telah terbukti mengurangi faktor peradangan, yang dapat mengurangi risiko jerawat. Asam lemak esensial EPA dalam omega-3 juga dikonversi dalam tubuh menjadi zat antiinflamasi dan antibakteri yang kuat.

Konsumsi makanan yang mengandung seng

Seng adalah nutrisi penting yang penting untuk pertumbuhan sel, produksi hormon, metabolisme dan fungsi kekebalan tubuh. Studi juga menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya akan seng bermanfaat dalam mencegah dan mengobati jerawat. Makanan yang kaya akan seng meliputi biji labu, kacang mete, daging sapi, biji gandum, kacang-kacangan, dan makanan laut seperti tiram dan kepiting.

6 dari 6 halaman

Cara atasi jerawat di dagu

Hindari banyak konsumsi gula

Cara atasi jerawat di dagu selanjutnya adalah mengurangi konsumsi gula dan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Makan makanan tinggi indeks glikemik menyebabkan lonjakan insulin. Kondisi ini diperkirakan meningkatkan produksi sebum, menyebabkan jerawat. Makanan dengan indeks glikemik tinggi termasuk roti putih, minuman bersoda, makanan manis, donat, kue kering, permen, sereal sarapan manis dan makanan olahan lainnya.

Kurangi konsumsi protein dan produk susu

Minum susu dan mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan perubahan hormon dan memicu timbulnya jerawat. Susu dan protein yang dihasilkan dari susu bisa meningkatkan pertumbuhan jerawat. Susu dan produk susu mempromosikan sekresi insulin dan produksi hormon, seperti IGF-1. Hormon ini dikenal sebagai kontributor utama untuk pengembangan jerawat.