Sukses

Cara Membuat Penguat Sinyal HP dengan Antena TV di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV bisa kamu terapkan di rumah. Sinyal HP tentunya merupakan hal yang sangat penting agar kamu bisa berkomunikasi jarak jauh dengan lancar. Jika sinyal tidak stabil tentu komunikasi bisa terhambat.

Penguat sinyal HP dengan antena TV ini bisa jadi solusi bagus bagi kamu yang menggemari elektronik, sekaligus mengisi waktu luang. Selain menggunakan antenna TV, penguat sinyal HP ini juga bisa dibuat dari berbagai macam peralatan lainnya.

Cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV memang cukup rumit, tapi kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan dalam pembuatannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (29/6/2020) tentang cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Penguat Sinyal HP dengan Antena TV

Cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV bisa dilakukan dengan memanfaatkan barang bekas saja. Kamu bisa membuatnya dari antena TV yang sudah tidak terpakai sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang berguna sebagai pendukung cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV ini. Berikut cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV:

Alat dan Bahan:

- Antena TV bekas

- Tang atau gunting

- Obeng

- Kabel

- HP

Cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV:

1. Siapkan antena TV bekas serta kabelnya, lalu langsung sambungkan keduanya. Kabel yang kamu gunakan bebas, apakah kabel standar ataupun kabel koaksial asalkan masih bisa menyambung.

2. Gunakan tang dan obeng untuk menyambungkan keduanya.

3. Lalu, pastikan ujung kabel yang satu terpasang ke antena, dan satunya lagi dikupas beberapa centimeter dan disambungka ke HP. Kamu bisa melilitkannya pada body HP atau menempelkan di belakang.

4. Letakkan antena di posisi yang pas. Jika kamu meletakkan di dalam ruangan namun sinyal masih belum bagus, cobalah letakkan di luar ruangan. Kamu bisa menerapkan fungsi antena yang biasanya diletakkan di atas atap.

5. Setelah itu, kamu tinggal mengecek apakah sinyal sudah bertambah atau belum.

Biasanya cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV ini dapat membuat sinyal bertambah satu atau dua bar. Namun, memang sinyalnya tidak terlalu bertambah secara signifikan. Setidaknya, kamu sudah bisa menggunakan sinyal tersebut untuk menelpon ataupun sms saja.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Penguat Sinyal HP dengan Antena TV

Cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV ini biasanya diletakkan di luar rumah. Walaupun biasanya penguat sinyal HP dapat ditempelkan langsung, cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV ini juga efektif.

Cara memuat penguat sinyal HP dengan antena TV ini memang cukup rumit, namun kamu yang menggemari elektronik tentunya kan senang melakukannya. Nantinya, kamu bisa menggunakan antena ini sebagai penguat sinyal dan meletakkannya di luar ruangan, seperti di atas atap layaknya antena TV biasanya.

Berikut cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV:

Alat dan Bahan:

- 2 hanger baju dari bahan besi lentur

- Sekrup

- Kawat besi yang tidak dilapisi cat, 2-4 mm

- 2 konektor blok 20A

- Kabel koaksial

- Kabel TV

Cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV:

1. Bentuk hanger baju seperti antena TV dengan 3 bagian sudut 90 derajat, dan 2 sudur 45 derajat.

2. Sambungkan ujung hanger pada 2 konektor blok yang sudah disiapkan.

3. Siapkan kabel konektor dari kabel TV, caranya adalah dengan memotong kabel TV sepanjang 15 cm.

4. Buka kulit kabel sampai tersisa kawat halus.

5. Putar bagian ujung kabel dengan arah yang berbeda sehingga kawat menjadi lebih pendek.

6. Hubungkan dua ujung konektor tadi pada hanger.

7. Buat satu lagi antena seperti ini sehingga kamu memiliki dua antena dari hanger.

8. Setelah itu hubungkan antena dengan kabel TV.

9. Tambahkan kawat penghubung dengan membentuk kawat menjadi spiral dengan putaran arah jarum jam, lalu sekrup pada hanger.

10. Pasang satu antena di luar dan satu antena di dalam.

Dalam menerapkan cara membuat penguat sinyal hp dengan antena TV ini kamu perlu untuk meletakkannya di daerah yang sekiranya memiliki sinyal paling kuat. Nantinya, antena TV ini dipasang secara vertikal.

Itulah beberapa cara membuat penguat sinyal HP dengan antena TV yang bisa kamu terapkan di rumah. Bagi kamu yang menyukai otak-atik peralatan elektronik, hal ini tentunya sangat menarik dan menantang. Kamu bisa melakukannya di waktu luang sebagai hobi yang menyenangkan.