Sukses

6 Cara Membersihkan Keramik Kusam, Gunakan Bahan-bahan Ini

Liputan6.com, Jakarta Cara membersihkan keramik kusam memang terkadang membutuhkan usaha yang tidak mudah. Terutama jika tidak memperhatikan dengan benar apa saja bahan-bahan yang dapat menunjang hasil dari cara membersihkan keramik kusam.

Memang, memiliki keramik yang sudah berwarna kusam cukup membuat kurang nyaman untuk dilihat. Selain itu, memiliki keramik yang kusam memberi kesan malas pemilik rumah untuk membersihakan rumah. Memang penyebab keramik kusam selain karena jarang dibersihkan, yaitu karena ada faktor usia. Seperti bangunan-bangunan yang sudah berusia lebih dari puluhan tahun biasanya memiliki keramik kusam.

Padahal, agar keramik tidak kusam bisa menggunakan beberapa bantuan bahan yang mudah didapatkan. Beberapa bahan dalam cara membersihkan keramik kusam bisa ditemukan di sekitar Anda dan harganya juga cukup murah, dan bahan turut memudahkan Anda dalam membersihkan keramik kusam tersebut.

Nah, jadi bagaimana cara membersihkan keramik kusam yang mudah tersebut? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tentang cara membersihkan keramik kusam yang semakin efektif dengan bantuan bahan-bahan berikut ini, Selasa (30/6/2020).

2 dari 7 halaman

1. Cuka

Cara membersihkan keramik kusam yang pertama yaitu menggunakan bantuan cairan cuka. Meski biasanya dikenal sebagai bahan dalam masakan, namun cuka ternyata mampu membuat keramik menjadi tidak kusam lagi, bahkan cuka bisa dikatakan sangat efektif mengembalikan kilau keramik.

Untuk memanfaatkan cairan cuka untuk membersihkan keramik, Anda bisa dengan menuangkan cuka putih secukupnya di atas keramik yang sudah terlihat kusam, lalu cukup diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu gunakan kain kering untuk menggosok keramik yang telah dituang cairan cuka tersebut hingga kotoran dan warna kusam pada keramik terangkat.

Jika sudah selesai, lanjutkan dengan membersihkan keramik dengan menggunakan cairan pembersih lantai atau cukup menggunakan sabun cuci piring cair yang bertujuan menghilangkan aroma asam dari cuka yang sangat kuat.

3 dari 7 halaman

2. Baking Soda

Bahan yang dapat membuat warna keramik tidak kusam kembali yaitu dengan bantuan baking soda. Bahan yang umumnya juga digunakan dalam membuat kue ini dapat secara efektif mengembalikan kilau pada keramik. Cara mengaplikasikannya sangat mudah, yaitu dengan mencampur baking soda dengan pasta gigi berwarna putih. Setelah itu, celupkan kain basah ke dalam campuran baking soda dan pasta gigi tersebut, lalu cukup dengan menggosok keramik dengan memakai kain basah tersebut.

4 dari 7 halaman

3. Tepung Terigu

Cara membersihkan keramik kusam selanjutnya dapat dengan menggunakan tepung terigu. Penggunaan tepung terigu ini sangat efektif untuk membersihkan keramik kusam yang biasanya diakibatkan oleh noda dari minyak yang bercampur dengan kotoran lalu mengering. Anda cukup menaburkan tepung terigu ke atas keramik yang berminyak. Setelah itu diamkan 1-2 jam, lalu bersihkan hingga noda minyak terangkat dan keramik mulai terlihat bersih.

Tapi jangan lupa, untuk membilas keramik yang sudah dibersihkan dengan tepung terigu menggunakan cairan sabun cuci piring atau pembersih lantai, agar hasilnya lebih maksimal lagi.

5 dari 7 halaman

4. Kaporit

Umumnya, bahan berupa kaporit ini digunakan untuk menjernihkan air. Akan tetapi, kaporit bisa juga digunakan untuk membersihkan noda yang menyebabkan kusam pada keramik. Agar keramik terlihat tidak kusam lagi dengan menggunakan bantuan kaporit, Anda cukup menaburkan kaporit tersebut ke seluruh bagian keramik yang dirasa sangat kusam, lalu diamkan selama 1 jam.

Setelah didiamkan selama 1 jam, Anda bisa menggosoknya sebentar lalu bilas keramik dengan menggunakan air bersih. Apabila noda yang menempel pada keramik sangat pekat, maka Anda bisa mencoba untuk mengulangi sebanyak 3-4 kali cara di atas.

6 dari 7 halaman

5. Sitrun

Sitrun sebenarnya merupakan bahan makanan. Bahan makanan ini biasa digunakan juga dalam membersihkan jamur yang menempel pada jas hujan. Akan tetapi, sitrun ternyata juga efektif dalam membersihkan keramik kusam. Sebab, sitrus mengandung asam sitrat yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan noda kusam pada keramik.

Langkah pertama yaitu dengan menyiapkan bahan berupa sitrun yang bisa Anda dapatkan di toko-toko bahan kue dan roti. Setelah itu, campur sitrun dengan air sedikit demi sedikit hingga berbentuk seperti pasta kental. Jika sudah jadi, maka Anda bisa mengoleskan pasta sitrun ke seluruh bagian keramik yang kusam, lalu diamkan selama 1 jam. Jika dirasa sudah cukup lama didiamkan, selanjutnya bilas keramik dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan lap kering.

7 dari 7 halaman

6. Karbol

Cara membersihkan keramik kusam yang terakhir merupakan cara pamungkas yang sangat efektif, namun membutuhkan kehati-hatian dalam penggunaannya. Sebab, karbol sendiri memang merupakan zat yang dijual di pasaran, namun memiliki kandungan kimia yang sangat keras. Saking keras kandungan zat kimia pada karbol, sehingga efektif dalam melunturkan berbagai jenis noda yang menempel pada keramik kusam.

Cara menggunakan karbol ini cukup mudah, yaitu dengan menuangkan cairan karbol ke seluruh bagian keramik, lalu diamkan 5 menit dan gosok hingga kilau dari keramik muncul kembali.

Jadi, cukup mudah bukan untuk membersihkan keramik kusam? Namun, agar cara membersihkan keramik kusam ini mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukannya hingga 2 atau 4 kali, tergantung seberapa kusam keramik Anda. Selamat mencoba!