Sukses

8 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam di Kaki Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bekas luka menghitam bisa dilakukan dengan bahan alami. Bekas luka menghitam ini biasanya terdapat di kaki dan cukup sulit dihilangkan. Hal ini tentu sangat menyebalkan karena bisa mengganggu penampilan kamu.

Umumnya bekas luka yang tidak menghilang ini terjadi karena ketika luka mengering dan terasa gatal, malah digaruk dan akhirnya menimbulkan bekas luka. Bekas luka menghitam di kaki ini kadang bisa hilang cukup cepat, namun ada juga yang lama.

Cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan bahan alami bisa menjadi solusi. Menggunakan bahan alami, seperti buah-buahan dan tanaman untuk menghilangkan luka tentu lebih aman digunakan dan juga murah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/6/2020) tentang cara menghilangkan bekas luka menghitam.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Jeruk Nipis dan Lidah Buaya

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bekas luka menghitam di kaki secara alami yang pertama adalah menggunakan jeruk nipis. Hal tersebut terjadi karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) dalam jeruk nipis yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan jeruk nipis:

- Belah buah jeruk menjadi dua bagian

- Oleskan pada kulit secara merata

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa dijadikan bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas luka menghitam. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka.

Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan lidah buaya:

- Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah

- Oleskan secara merata pada kulit wajah Anda

- Diamkan selama 15 menit

- Bilas dengan air bersih

3 dari 5 halaman

Madu dan Minyak Zaitun

Madu

Cara menghilangkan bekas luka menghitam selanjutnya adalah dengan madu. Madu dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan madu:

- Ambil 1 sdm madu

- Oleskan pada bekas luka di kaki

- Diamkan selama 30 menit

- Bilas dengan air bersih

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat memudarkan bekas luka menghitam di kaki karena kandungan zat linoleic acid di dalamnya. Apalagi minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan minyak zaitun:

- Siapkan 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu.

- Campur keduanya menjadi satu.

- Oleskan pada bekas luka anda.

4 dari 5 halaman

Lemon dan Mentimun

Lemon

Cara menghilangkan bekas luka menghitam juga bisa menggunakan lemon. Hal ini karena lemon kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas luka pada kaki akan memudar seiring dengan waktu.

Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengoleskan perasan lemon pada bekas luka di kaki, bekas luka tersebut akan segera memudar karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

Mentimun

Selain itu, mentimun juga bisa dijadikan bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas luka menghitam. Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting dan dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka hitam di kaki dengan cepat.

Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan mentimun:

- Iris mentimun tipis-tipis

- Tempelkan pada seluruh wajah

- Diamkan selama 30 menit

- Basuh dengan menggunakan air bersih

5 dari 5 halaman

Teh Hijau dan Air Kelapa

Teh Hijau

Cara menghilangkan bekas luka menghitam selanjutnay adalah dengan teh hijau. Kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin, yaitu zat yang bersifat antioksidan, antibakteri sekaligus antiinflamasi pada teh hijau terbukti dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan teh hijau:

- Gunakan ampas teh hijau

- Gosokkan pada bekas luka

- Lakukan rutin setiap hari, maka bekas luka di kaki segera menghilang

Air Kelapa

Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Menggunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka yang hitam, ternyata cukup manjur sebagai cara menghilangkan bekas luka menghitam.

Berikut cara menghilangkan bekas luka menghitam dengan air kelapa:

- Siapkan air kelapa secukupnya

- Gunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka anda

- Biarkan beberapa saat

- Bilas dengan air bersih

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.