Sukses

4 Bisnis Waralaba Minuman Terlaris di Indonesia, Kenali Berbagai Keuntungannya

Liputan6.com, Jakarta Bisnis waralaba minuman terlaris menjadi daya tarik tersendiri saat ini. Banyak waralaba minuman yang dibuka di berbagai kota, mulai dari minuman jenis teh, kopi, cokelat hingga minuman dengan rasa buah-buahan. Berbagai minuman ini kebanyakan digemari oleh anak muda. 

Waralaba atau franchise merupakan usaha turunan dari bentuk usaha yang sudah ada sebelumnya. Namun, izin mendirikan usaha waralaba harus berdasarkan persetujuan penemu usaha. Selanjutnya, pendiri franchise sebagai pemilik modal cukup menyediakan dana dan lokasi, lalu bisnis sudah dapat berdiri.

Bisnis waralaba minuman ini telah menjamur di berbagai kota. Bahkan, di satu kota tidak jarang kamu melihat beberapa waralaba minuman dengan nama yang sama. Hal ini berkaitan dengan merek atau brand yang sedang hits dan dianggap kekinian oleh anak muda.

Bisnis waralaba minuman terlaris menjadi usaha yang menggiurkan bagi banyak orang. Apalagi, bisnis ini dikabarkan memiliki peluang yang besar dengan tingkat kesuksesan yang tinggi. Tidak heran bisnis franchise atau waralaba ini semakin diminati.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/6/2020) tentang bisnis waralaba minuman terlaris.

2 dari 6 halaman

Waralaba Kopi

Bisnis waralaba minuman terlaris yang pertama tentunya adalah kopi. Sekarang ini, mungkin kamu bisa melihat banyak sekali bisnis waralaba atau franchise kopi berdiri di mana-mana. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh banyaknya anak muda yang menyukai minuman jenis kopi ini. Penikmat kopi pun tidak terbatas kepada orang dewasa saja dengan berbagai varian rasa.

Meski rasanya pahit, kopi memiliki kenikmatan tersendiri bagi para penikmatnya. Jika dulu kopi hanya hanya dijual di warkop, warung makan sederhana atau restoran, kini kopi telah berhasil menyasar penggemar baru dengan ide kreatif para pebisnis waralaba. Kopi menjadi minuman kekinian yang digemari anak muda.

Inovasi kopi berupa Americano, Espresso, Cappuccino, Latte, Macchiato bisa ditemukan dengan mudah di kafe kecil maupun yang sudah memiliki berbagai cabang di Indonesia. Selain itu, sudah banyak juga minuman kopi yang terkenal menjadi bisnis waralaba minuman terlaris.   

3 dari 6 halaman

Waralaba Teh

Bisnis waralaba minuman terlaris berikutnya adalah waralaba teh. Hampir semua orang memesan minuman teh ketika sedang makan di luar. Maka, tidak aneh jika teh bisa dijadikan alternatif franchise minuman yang bisa menambah penghasilan. Pada awalnya, minuman teh hanya sesederhana es teh seperti Tong Tji, Teh Poci, Teh Gopek, dan yang lainnya.

Namun seiring perkembangan zaman, bisnis waralaba minuman terlaris ini mulai dikreasikan menjadi minuman baru yang tidak kalah nikmatnya. Misalnya, milk tea atau teh susu, Thai Tea, dan yang terbaru yaitu Cheese Tea. Gerai franchise teh yang laris di Indonesia seperti Dum Dum Thai Tea, Chatime, Chacha Milk Tea, Koi, Koma, dan lain-lain sudah menjamur di berbagai kota.

4 dari 6 halaman

Waralaba Cokelat

Bisnis waralaba minuman terlaris berikutnya adalah cokelat. Minuman cokelat pada dasarnya berasal dari buah cokelat yang memiliki rasa pahit. Namun, setelah diolah cokelat bisa disulap menjadi minuman enak yang manis serta menggoyang lidah.

Tak heran jika cokelat menjadi minuman favorit anak-anak karena rasanya yang manis. Cokelat bisa dibuat berbagai jenis minuman sekaligus makanan. Salah satu contoh waralaba cokelat adalah Milo, Nyocolate Factory, Pasco, Monster Ice Blend, Nyoklat, Soklat Banget, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Waralaba Sop Durian

Bisnis waralaba minuman terlaris selanjutnya yang tidak disangka-sangka adalah sop durian. Franchise minuman memang tak hanya berhenti di teh, kopi, dan cokelat saja. Pasalnya, durian pun tidak boleh dilewatkan jika berbicara mengenai kuliner Indonesia. Meski buah durian punya bau yang menyengat, namun buah ini tetap memiliki banyak penggemar.

Berbagai waralaba minuman terkenal di Indonesia yang berasal dari buah durian adalah Mendem Duren, Mabok Duren, Es Teler, Maniak Duren dan banyak cabang franchise lainnya.

6 dari 6 halaman

Keuntungan Bisnis Waralaba Minuman

Minuman Disukai Banyak Orang

Minuman kekinian sudah pasti diminati oleh banyak kalangan, terlebih anak-anak, remaja dan orang dewasa. Minuman kekinian memang selalu punya penggemarnya sendiri. Produk minuman kopi kekinian terbaik selalu mengalami inovasi dan keberagaman, yang menjadikan bisnis ini semakin menjamur. Pasar dari bisnis minuman tidak pernah mati, orang akan senantiasa membutuhkan dan membeli produk-produk minuman kekinian ini asalkan terus berinovasi.

Mudah Dikerjakan

Bisnis waralaba minuman ini cukup mudah dikerjakan. Tidak hanya dalam pembuatannya, namun juga dalam penjualannya. Kamu tidak perlu menyiapkan banyak hal, seperti resep minuman, tempat jualan, banner promosi, ataupun perlengkapan lainnya. Biasanya hal-hal tersebut telah disediakan oleh perusahaan waralaba, dan kamu tinggal mempersiapkan tempat untuk jualan dan menekuni bisnis. Hal ini tentunya terkait juga dengan kesepakatan antara kamu dan pemilik usaha waralaba nantinya.

Modal Kecil

Selain itu, bisnis waralaba minuman terlaris ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Modal yang dipakai kebanyakan cukup terjangkau, dan umumnya perusahaan waralaba telah menyiapkan bermacam jenis paket bisnis pada harga yang beragam. Kamu bisa memilih paket yang diperlukan sekaligus juga bisa disesuaikan dengan modal yang kamu miliki.

Merek Telah Dikenal Masyarakat

Salah satu kelebihan bisnis waralaba minuman terlaris ini adalah merek atau brand yang telah terkenal. Jadi pada waktu mulai berjualan, kamu tidak akan kerepotan dalam mengenalkan produk sebab orang-orang sudah pasti mengenalnya lebih dulu.