Sukses

Pengobatan Demam Berdarah Tanpa Opname yang Bisa Dilakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Lebih tepatnya infeksi oleh virus dengue melalui perantara nyamuk Aedes Aegypti. Demam berdarah umumnya bisa sembuh dengan sendirinya setelah 2 minggu terinfeksi. Meski begitu, penanganan lebih awal juga perlu dilakukan. Bagi pasien yang tidak terinfeksi parah bisa dilakukan pengobatan demam berdarah tanpa opname.

Pengobatan demam berdarah tanpa opname ditujukan untuk mencegah terjadinya komplikasi. Kasus DBD yang sudah parah bisa sampai merusak kerja organ vital manusia. Misalnya saja seperti mengganggu kerja paru-paru, hati, dan jantung manusia. Beberapa bisa sampai menyebabkan syok, tekanan darah menurun, hilang kesadaran, dan kematian.

Pengobatan demam berdarah tanpa opname bisa dilakukan ketika gejalanya belum parah. Dalam istilah medis, demam berdarah ini disebut kasus demam berdarah ringan. Ketika demam tinggi, sakit kepala, belakang mata sakit, hilang nafsu makan, mual, ruam, nyeri sendi, dan otot. Namun, ketika mengalami pendarahan, tekanan darah turun, dan syok sebaiknya segera bawa ke dokter untuk pemeriksaan lanjutan.

Berikut Liputan6.com ulas pengobatan demam berdarah tanpa opname dari berbagai sumber, Rabu (31/6/2020).

 

2 dari 7 halaman

Konsumsi Makanan Mudah Dicerna

Beberapa dokter akan menyarankan konsumsi makanan yang mudah dicerna. Makanan ini biasanya diolah dengan direbus. Berupa sayuran dan buah-buahan segar. Salah satu buah yang ampuh membantu memerangi demam berdarah adalah jambu biji.

Jambu biji ini dikenal memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Vitamin C lah yang akan membantu pembentukan trombosit baru dalam darah untuk pengobatan demam berdarah tanpa opname.

Biasanya trombosit pasien demam berdarah akan lebih rendah. Jambu biji memiliki trombinol untuk merangsang trombopoietin lebih aktif. Jika bisa segera aktif maka trombosit yang dihasilkan oleh tubuh akan semakin banyak. Jadi, jika sedang merasa lemas akibat demam berdarah segeralah mengonsumsi jambu biji. Bisa dijadikan jus atau dikonsumsi secara langsung.

Selain memiliki trombinol, jambu biji juga sangat kaya quercetin. Querceti merupakan salah satu senyawa kimia alami yang bisa ditemukan dalam buah dan sayur. Senyawa ini juga bisa sangat berguna menghambat pertumbuhan virus, termasuk virus dengue.

3 dari 7 halaman

Obat Demam dan Nyeri

Mengonsumsi obat demam dan nyeri bisa membantu meringankan demam berdarah. Pengobatan demam berdarah tanpa opname bisa mengandalkan obat Paracetamol. Sedangkan obat nyeri bisa meminta rekomendasi dari dokter atau apotek.

Nyeri yang dapat diringankan juga berdampak besar pada pemulihan demam. Jangan lupa untuk terus mengonsultasikannya dengan dokter secara berkala untuk memastikan demam berdarah tidak semakin parah. 

 

4 dari 7 halaman

Mengonsumsi Banyak Cairan

Mengonsumsi lebih banyak cairan termasuk pengobatan demam berdarah tanpa opname. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi asupan cairan tubuh. Hingga membuat dehidrasi lebih mudah dihindari dan mampu membantu menurunkan demam. Cairan ini bisa didapat dari mengonsumsi air putih atau jus buah segar.

Sebelum mengonsumsi jus segar, perhatikan juga porsi gula yang akan digunakan. Jika terlalu banyak gula, justru akan membuat tubuh kelebihan gula dan berisiko memicu komplikasi lain. Selain bisa membantu meringankan demam, mengonsumsi banyak cairan bisa meringankan kram otot.

Tubuh yang terasa sakit akibat respon terhadap infeksi bisa segera diatasi. Sakit kepala yang dialami juga bisa lebih diringankan. Melalui banyak minum, racun juga akan lebih mudah dikeluarkan melalui urin.

 

5 dari 7 halaman

Istirahat Total

Istirahat total termasuk salah satu bagian dari pengobatan demam berdarah tanpa opname. Beristirahat total disebut juga dengan istilah bed rest. Istirahat ini sangat dianjurkan untuk penderita demam berdarah. Semakin banyak istirahat maka pemulihan juga akan semakin cepat dilakukan. Pemulihan ini akan direspon oleh tubuh secara alami.

6 dari 7 halaman

Derajat Pasien Demam Berdarah

Pasien yang bisa mendapat pengobatan demam berdarah tanpa opname adalah yang masih pada derajat I. kondisi ketika pasien masih memiliki kemungkinan sembuh setelah 2 minggu. Namun, pada derajat II hingga IV akan lebih sulit ditangani tanpa opname.

Solusi tepatnya adalah dengan memeriksakannya ke dokter untuk bisa mendapat penanganan tepat. Jika penanganan tepat bisa dilakukan cepat, maka kematian tidak akan menjadi risiko yang dikhawatirkan. Apalagi jika pasien sudah mimisan, gusi berdarah, munculnya bintik-bintik merah di kulit, tinja hitam, dan muntah darah.

Derajat I

Demam yang dialami berupa gejala tidak khas. Satu-satunya manifestasi perdarahannya dengan uji bendung.

Derajat II

Derajat ini hampir mirip dengan derajat I. Umumnya demam berdarah derajat II akan disertai perdarahan spontan di kulit dan pada bagian lain.

Derajat III

Pada derajat III, nadi penderita akan lebih cepat dan melambat. Terkadang tekanan nadi yang dialami bisa menurun hingga 20 mmHg bahkan bisa kurang. Gejalanya akan semakin diperparah dengan adanya hipotensi, sianosis di sekitar mulut, kulit dingin dan lembap. Beberapa pasien derajat III juga bisa tampak lebih gelisah.

Derajat IV

Penderita demam berdarah derajat IV akan mengalami syok berat. Parahnya sampai nadi penderita sulit untuk diraba. Bahkan tekanan darah penderita juga lebih sulit untuk diukur.

7 dari 7 halaman

Cara Mencegah Demam Berdarah

1. Mulailah pakai pakaian yang menutupi seluruh tubuh. Misalnya saja seperti celana panjang, kemeja lengan panjang, dan lengkap dengan kaus kaki. Hal ini perlu sekali dilakukan terutama jika ada perjalanan menuju daerah tropis.

2. Pilih dan terapkan obat pengusir nyamuk. Misalnya saja dengan konsentrasi minimal 10 persen diethyltoluamide (DEET). Gunakan konsentrasi lebih tinggi untuk pemaparan lebih lama. Namun, tetap hindari penggunaan DEET pada anak.

3. Jangan gunakan sabun harum. Aroma harum sabun justru dapat nyamuk. Hindari juga menggunakan parfum atau pewangi pada tempat yang banyak nyamuknya.

4. Tutup pintu dan jendela jika sudah sore. Hal ini untuk mengantisipasi kehadiran nyamuk di rumah. sebab, nyamuk lebih suka berkeliaran di saat senja.

5. Berada di luar rumah saat dini hari, sore, dan malam harus dihindari. Pada waktu ini nyamuk akan lebih banyak bermunculan. Terkadang juga bisa masuk ke rumah jika ada satu ventilasi besar rumah terbuka.

6. Jangan biarkan ada genangan air di rumah. Nyamuk biasanya akan lebih suka hidup dan berkembang biak di sana. Jika masih ingin menggunakannya, sebaiknya segera tutup genangan tersebut.