Sukses

7 Cara Merapikan Baju Tanpa Setrika yang Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Berpenampilan menarik berarti segala yang dikenakan rapi. Mulai dari baju,celana dan rok yang tidak kusut misalnya. Agar bisa mengenakan pakaian yang rapi, cara yang bisa dilakukan biasanya dengan menyetrika. Kegiatan yang membosankan dan melelahkan kata orang-orang. Hal ini membuat cara merapikan baju tanpa setrika menjadi penting untuk diketahui.

Tidak hanya karena malas menyetrika di rumah. Cara merapikan baju tanpa setrika juga dibutuhkan bagi sebagian orang ketika sedang bepergian. Ketika hotel tidak menyediakan setrika dan ketika tidak memiliki banyak waktu untuk menyetrika. Bisa juga ketika tidak sempat membawanya ke laundry karena terlalu sibuk dengan pekerjaan.

Nah, ketika tidak sempat menyetrika, kamu bisa merapikan baju dengan peralatan seadanya. Cara merapikan baju tanpa setrika ini bisa mengandalkan kamar mandi dan handuk basah. Bahkan, es batu, catok, hairdryer, dan panci bisa membantu lebih cepat merapikan baju loh.

Berikut Liputan6.com ulas cara merapikan baju tanpa setrika dari berbagai sumber, Rabu (1/7/2020).

2 dari 6 halaman

Handuk Basah dan Mesin Cuci

Handuk Basah

Handuk basah bisa diandalkan untuk merapikan baju. Cara merapikan baju tanpa setrika ini bisa dilakukan ketika sedang sangat malas menggunakan setrika. Bisa juga ketika sedang tidak punya setrika atau hotel tidak menyediakan setrika.

Siapkan handuk basah dan letakkan baju di bidang datar. Kemudian mulai tutupkan bagian baju yang kusut dengan handuk basah. Jangan lupa untuk menekannya dengan tangan. Angkat handuk basah ketika bagian kusut mulai rapi dan biarkan sampai kering.

Mesin Cuci

Mesin cuci juga bisa digunakan untuk merapikan baju loh. Cara merapikan baju tanpa setrika ini mengandalkan bagian pengering mesin cucinya. Cara ini bisa diterapkan pada baju berbahan katun dan linen. Baju bahan ini bisa nampak licin seperti sudah disetrika. Cobalah dengan memasukkan pakaian dalam mesin cuci dan nyalakan pengering 15 menit. Bisa juga dengan menambah pakaian basah kecil seperto kaus kaki dan sapu tangan jika bagian kusutnya besar.

 

3 dari 6 halaman

Kamar Mandi

Kamar mandi bisa digunakan untuk merapikan baju yang kusut. Bahkan, cara ini terkadang lebih cepat diterapkan pada beberapa jenis baju loh. Cara merapikan baju tanpa setrika cukup sederhana.

Cobalah untuk menggantung baju di kamar mandi kemudian tutup jendela dan pintu shower. Namun, tetap pastikan air shower tidak mengenai baju. Tutup juga ventilasi udara termasuk jendela dan pintu, tunggu beberapa menit. Cara ini juga bisa dilakukan dengan mandi.

4 dari 6 halaman

Panci Logam

Panci logam bisa dijadikan salah satu alat untuk merapikan baju tanpa setrika. Memang terdengar kuno, tetapi cara merapikan baju tanpa setrika ini lebih mudah loh. Menggunakan panci logam akan lebih praktis dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga bisa sangat membantu ketika listrik rumah atau kosan sedang padam.

Coba praktikkan saja setelah menggunakan panci logam untuk memasak. Tempelkan pantat panci dan menggosoknya ke pakaian. Lakukan seperti ketika sedang memegang setrika listrik. Namun, tetap pastikan bahwa panci logam ini sudah dalam keadaan bersih. Jika panci yang digunakan kotor maka besar kemungkinan pakaian yang dirasa ingin dirapikan tidak bisa dipakai kemudian.

Panci

Didihkan air pada panci, jika sudah mendidih angkat dan kosongkan. Pada bagian bawah panci yang panas akan digunakan untuk setrika. Letakkan pakaian pada bidang datar dan terapkan bagian pantat panci seperti setrika.

Uap Cerek

Jika tidak memiliki steamer, uap cerek bisa dijadikan solusinya. Panaskan cerek di atas kompor. Ketika air sudah mulai mendidih dan mengeluarkan uap letakkan pakaian kusut di depan cerek dengan jarak 20 cm.

5 dari 6 halaman

Es Batu

Es batu yang dimasukkan dalam mesin cuci bisa membantu merapikan pakaian. Cara merapikan baju tanpa setrika ini terbukti cukup efektif. Memang terdengar cukup aneh tetapi lebih praktis. Bahkan, cara ini juga bisa diterapkan pada dua sampai lima baju.

Cukup masukkan balok es batu dalam mesin pengering. Jika mesin pengering dihidupkan maka es batu akan meleleh dan menghasilkan uap. Uap dari es batu inilah yang nantinya dapat merapikan baju. Namun, usahakan untuk tidak menaruh terlalu banyak pakaian karena uap es mungkin tidak bekerja efektif.

Cara:

Nyalakan pengering mesin cuci dan masukkan baju yang ingin disetrika. Lebih baik kurang dari 5 potong pakaian. Kemudian masukkan 2-3 balok es dan nyalakan mesin cuci pengering. Setelah 10 menit, es yang meleleh akan menciptakan uap dan membuat pakaian tidak lagi kusut.

6 dari 6 halaman

Hairdryer dan Catok

Hairdryer

Cara merapikan baju tanpa setrika yang mengandalkan hairdryer ini bisa diterapkan di rumah. Metode penerapannya juga cukup mudah dan praktis. Hanya perlu mengatur hairdryer dengan mode suhu tertinggi. Kemudian arahkan uap hairdryer ke baju yang kusut secara merata. Lakukan berulang agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Catok

Hampir sama seperti hairdryer, catok juga bisa diandalkan sebagai salah satu cara merapikan baju tanpa setrika. Bahkan, catok lebih efektif untuk merapikan bagian baju yang sulit dijangkau. Misalnya saja pada lipatan kecil atau kerah baju. Hanya perlu meletakkan catok pada bagian baju yang dirasa kusut atau ingin disetrika saja selama beberapa detik. Tetap pastikan catok sudah bersih dari rambut dan obat rambut. Hindari penggunaan catok pada baju yang berbahan halus karena bisa merusaknya.