Sukses

6 Cara Menajamkan Pisau, Tidak Hanya Menggunakan Batu Asah

Liputan6.com, Jakarta Cara agar pisau semakin tajam tentunya perlu Anda perhatikan, sebab pisau yang terjaga ketajamannya akan sangat membantu Anda ketika melakukan pekerjaan, seperti memotong daging dan bahan masakan lainnya. Bayangkan saja, ketika Anda memotong daging namun pisau yang digunakan sudah tumpul, sudah pasti pekerjaan Anda akan semakin lama selesai. Itulah mengapa perlu diperhatikan bagaimana cara agar pisau semakin tajam.

Memang, umumnya cara agar pisau semakin tajam dengan menggunakan batu asah. Biasanya batu asah tersebut bisa Anda temukan di pasar tradisional atau beberapa penjual peralatan rumah tangga. Namun, ketika Anda sedang kesulitan untuk menemukan jenis batu asah, ada beberapa benda lainnya yang bisa digunakan sebagai cara agar pisau semakin tajam. Benda-benda tersebut juga sangat mudah didapatkan.

Jika sudah mengetahui cara agar pisau semakin tajam, maka jangan buru-buru Anda buang dahulu pisau yang telah tumpul tersebut, atau langsung membeli pisau baru. Maka, agar semakin memperjelas bagaimana cara agar pisau semakin tajam, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tersebut untuk Anda, Rabu (1/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Gesekkan dengan Pisau Lainnya

Cara agar pisau semakin tajam yaitu dengan menggesekkan pisau yang akan Anda gunakan dengan pisau lainnya. Mungkin Anda pernah melihat beberapa koki menggesekkan kedua pisau mereka sebelum memotong bahan makanan terutama daging. Cara tersebut ternyata memang efektif untuk mengasah pisau.

3 dari 7 halaman

2. Asah dengan Cangkir Keramik

Cara agar pisau semakin tajam yang selanjutnya mungkin cukup mudah dilakukan. Cara ini membutuhkan cangkir keramik yang sudah pasti ada di tiap rumah. Tahukah Anda, ternyata keramik yang digunakan untuk membuat cangkir tersebut sangat efektif untuk menajamkan pisau. Bagian yang digunakan untuk mengasah pisau tersebut adalah bagian gelas yang tidak tertutup dengan cat.

Sebab, biasanya cangkir keramik yang ada di rumah-rumah semuanya sudah tertutupi cat sehingga tekstur kasar pada keramik tidak terlihat. Namun Anda harus hati-hati ketika sedang mengasahnya, sebab cangkir keramik biasanya sangat licin. Salah-salah justru bisa tergelincir dan membuat pisa jatuh menimpa bagian tubuh Anda.

4 dari 7 halaman

3. Dengan Permukaan Batu Sungai

Untuk mempertajam pisau selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan batu-batuan yang ada di sekitar Anda, terutama jenis batu sungai. Batu ini memiliki fungsi yang sama dengan batu asah. Untuk mengasah pisau menggunakan batu sungai, Anda bisa menggunakan bagian batu sungai yang halus dan rata. Mengapa menggunakan batu sungai? Sebab, jenis batuan sungai memang terkenal lebih keras dan memiliki tekstur permukaan yang cukup baik untuk mengasah pisau.

Namun, jika tidak memungkinkan menggunakan batu sungai untuk mengasah pisau, Anda bisa menggunakan jenis batuan lain seperti batu yang ada di area taman. Cara untuk mempertajam pisau dengan batu sungai sama saja dengan menggunakan batu asah, yaitu dengan menggosoknya dari satu sisi ke sisi lain.

5 dari 7 halaman

4. Asah dengan Bantuan Amplas

Selanjutnya, Anda bisa menggunakan amplas untuk mengasah pisa. Cara ini, dengan memanfaatkan bagian kasar pada amplas untuk mengasah pisau. Amplas sendiri bisanya dijual dalam beberapa tingkat kekasaran permukaannya. Ketika membeli amplas, Anda bisa memilih tingkat kekasaran yang mendekati kekasaran dari batu asah. Cara ini merupakan cara yang efektif namun tidak dapat dilakukan terus-menerus, sebab kertas amplas tidak akan awet lama apabila bertemu dengan tajamnya pisau.

Akan tetapi, keuntungan menggunakan amplas untuk mengasah pisau ada dari segi kepraktisannya. Pasalnya, ketika Anda sedang bepergian untuk berkemah misalnya, Anda bisa membawa amplas untuk berjaga-jaga ketika pisau masak Anda tiba-tiba tumpul, sebab amplas mudah disimpan dan tidak berat layaknya batu asah. Selain itu, harga amplas juga cukup murah.

6 dari 7 halaman

5. Menggunakan Ubin Beton

Cara ini sama halnya dengan menggunakan batu asah, yaitu dengan memanfaatkan bagian kasar dari ubin beton. Cara ini sebenarnya juga cukup efektif untuk mempertajam pisau. Namun, selalu pastikan ubin yang digunakan sudah Anda bersihkan dengan air terlebih dahulu, sebab ubin beton memang biasa dijadikan ala berpijak yang sarat akan kotoran menempel.

7 dari 7 halaman

6. Menggunakan Alat Asah Pisau

Cara mengasah pisau agar semakin tajam yang terakhir yaitu menggunakan alat asah pisau yang banyak dijual di pasaran. Selain mudah digunakan, alat asah pisau ini memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dibawa-bawa. Cara menggunakannya cukup dengan menyematkan pisau ke lubang asah yang tersedia. Setelah itu, lakukan gerakan layaknya sedang memotong, maka pisau akan semakin tajam dengan sendirinya.

Nah, jadi tidak selalu menggunakan batu asah sebagai cara agar pisau semakin tajam, dengan berbagai bahan di atas Anda sudah bisa mempertajam pisau. Selamat mencoba dan selalu hati-hati jangan sampai pisau tersebut melukai tangan Anda, ya!