Sukses

7 Cara Cepat Belajar Bahasa Korea, Mudah Dipraktikkan

Ikuti cara cepat belajar bahasa Korea ini agar kamu semakin jago.

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat belajar bahasa Korea penting dipahami, apalagi kalau kamu memang tertarik dan ingin belajar kebudayaan Korea lebih dalam. Jika kamu sudah mahir untuk berbahasa Korea tentu memudahkan untuk mendapatkan kesempatan belajar langsung di Korea melalui beasiswa yang tersedia, baik dari Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Korea.

Meningkatnya penggemar kebudayaan dan serba-serbi yang berbau Korea dimulai dari adanya fenomena budaya pop Korea Selatan yang ditularkan ke seluruh belahan dunia melalui konten entertainment. Sebut saja musik K-Pop yang sukses mendongkrak popularitas kebudayaan Korea, mulai dari segi bahasa hingga budaya berupa makanan khas Korea.

Bahkan tidak jarang, mencari cara cepat belajar bahasa Korea tidak hanya dibutuhkan oleh kamu yang mungkin ingin melanjutkan studi di Korea, namun juga para penggemar musik K-Pop yang juga ingin tahu bagaimana cara cepat belajar bahasa Korea.

Saat ini bukan hal yang mustahil kamu bisa menjalankan cara cepat belajar bahasa Korea. Mengapa? Sebab selain didasari dengan keinginan dari dalam hati, hadirnya teknologi yang semakin canggih juga memberi peluang bagi siapa saja mampu mengikuti cara cepat belajar bahasa Korea. Dengan kata lain, agar mampu mengikuti cara cepat belajar bahasa Korea tidak harus mengikuti les formal, meski hasilnya bisa saja lebih maksimal.

Jika kamu salah satu orang yang ingin segera memahami bagaimana cara cepat belajar bahasa Korea, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi tersebut untukmu, Rabu (1/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Pelajari Huruf Hangeul

Cara cepat belajar bahasa Korea yang pertama dimulai dari mempelajari huruf Hangeul. Huruf ini merupakan jenis huruf yang digunakan untuk menulis dalam bahasa Korea.

Mempelajari huruf hangeul menjadi sangat penting, sebab orang Korea tidak menggunakan jenis alfabet latin. Jadi apabila kamu ingin segera memahami bagaimana bahasa Korea tersebut dan semakin mahir berkomunikasi dengan bahasa Korea, kamu harus tahu dasar-dasar huruf hangeul dan bagaimana cara untuk merangkai huruf hangeul menjadi satu rangkaian kata yang utuh.

3 dari 8 halaman

2. Berkunjung ke Situs Internet dengan Bahasa Korea

Salah satu cara memanfaatkan teknologi sebagai cara cepat belajar bahasa Korea, yaitu dengan berselancar di internet menuju beragam situs yang memiliki konten berupa bahasa Korea. Bahkan beberapa situs tersebut menawarkan belajar bahasa Korea yang gratis.

Jadi, kamu bisa memanfaatkan kehadiran situs tersebut untuk mengunduh berbagai dokumen atau modul untuk belajar bahasa Korea yang biasanya sudah tersedia secara gratis.

4 dari 8 halaman

3. Manfaatkan Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Sebagai pengguna ponsel pintar, kamu bisa memanfaatkan kehadiran berbagai aplikasi bahasa yang sudah tersedia di App Store pada Apple atau Play Store pada Android. Kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk belajar bahasa Korea agar lebih intens.

5 dari 8 halaman

4. Menonton Drama Korea

Cara ini bisa dibilang sangat efektif, sebab ketika menonton drama Korea, kamu biasanya dipaksa untuk memahami tiap alur ceritanya. Dari alur cerita dan percakapan pada drama Korea tersebut, kamu akan memahami tiap arti dari kata yang diucapkan. Selain kamu memahami arti dari tiap kata tersebut, kamu juga semakin paham tentunya bagaimana cara untukmengucapkan tiap kata yang ada.

6 dari 8 halaman

5. Manfaatkan YouTube

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan adanya YouTube. Sebab, saat ini sudah banyak YouTuber yang membuat berbagai konten untuk belajar bahasa Korea dengan cepat. Cara ini bisa menjadi alternatif apabila kamu ingin belajar bahasa Korea dengan murah dan mudah. Sebab tidak perlu biaya besar untuk belajar bahasa Korea lewat YouTube.

7 dari 8 halaman

6. Belajar dengan Rutin

Segala cara di atas tidak akan cepat kamu rasakan hasilnya apabila tidak konsisten dan berkomitemen. Bahkan di segala aspek kehidupan, kamu perlu untuk fokus dengan apa tujuanmu. Itulah mengapa, kamu sangat perlu untuk meluangkan waktu setiap hari belajar bahasa Korea. Meski waktunya sangat sedikit, kamu perlu meluangkan setidaknya 15-20 menit untuk belajar bahasa Korea.

Jika kamu menemukan kendala, jangan langsung putus asa. Coba cari solusi dan bertanya dengan orang-orang yang mungkin lebih mahir untuk berbahasa Korea.

8 dari 8 halaman

7. Lakukan Percakapan Langsung

Seluruh poin di atas sudah kamu jalani dan kamu sudah cukup merasa mahir dalam berbahasa Korea. Tapi, tidak akan ada gunanya apabila kamu tidak mencoba untuk melakukan praktik dengan percakapan langsung, baik dengan teman yang sedang sama-sama belajar, maupun dengan orang Korea langsung.

Hal ini akan menjadi poin plus untukmu, sebab melakukan percakapan langsung tidak semudah yang kamu bayangkan. Baik bahasa Korea, Inggris atau bahasa asing lainnya, jika tidak dicoba untuk berkomunikasi langsung tidak akan ada gunanya. Agar lebih mudah untukmu dalam melakukan praktik ngobrol langsung, maka kamu juga bisa bergabung dengan komunitas belajar bahasa Korea yang ada di kota tempat tinggalmu.

Sebenarnya cara cepat belajar bahasa Korea tidak sulit, bahkan bebrapa poin di atas tidak membutuhkan biaya dan waktu berlebih. Namun, komitmen dan konsisten untuk menjalani apa yang menjadi tujuan menjadi nilai terpenting. Selamat mencoba dan belajar bahasa Korea!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.