Sukses

12 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat belajar Bahasa Inggris bisa dilakukan secara otodidak di mana saja. Apalagi dengan teknologi internet sekarang ini, tentunya tidak sulit lagi untuk mendapatkan berbagai informasinya. Belajar Bahasa Inggris bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja.

Cara cepat belajar Bahasa Inggris secara otodidak ini kuncinya adalah membiasakan diri. Jika kamu telah terbiasa menerapkan Bahasa Inggris dalam kehidupan, tentunya kamu akan lebih cepat mahir. Perbanyaklah membaca, mendengarkan, menulis, dan menerapkan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Cara cepat belajar Bahasa Inggris sekarang ini bisa memanfaatkan internet. Kamu bisa menemukan berbagai tips belajar Bahasa Inggris secara online, bahkan dari media sosial. Sekarang ini, juga banyak akun media sosial di Instagram, Facebook, dan lain-lain yang menawarkan konten Bahasa Inggris secara gratis.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/7/2020) tentang cara cepat belajar Bahasa Inggris.

2 dari 5 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Pelajari Kata-kata Dasar Sederhana

Cara cepat belajar Bahasa Inggris yang pertama adalah mempelajari kata-kata dasar terlebih dahulu. Sebelum mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya kamu mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Contohnya kata aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Dengarkan Lagu Bahasa Inggris

Cara cepat belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah membiasakan pendengaran kamu dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Kegiatan ini tentunya akan menyenangkan bagi kamu yang juga menggemari musik, kamu bisa belajar sekaligus menjalankan hobi.

Namun, dalam tahap ini kamu tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget. Setelah lirik lagu selesai kamu tulis, cek lirik tersebut di internet. Apakah benar semua atau ada yang salah. Hal ini akan menambah baik pendengaran kamu dalam Bahasa Inggris (listening).

Menonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Masih terkait dengan aktivitas yang menyenangkan dan bisa dijadikan hobi, cara cepat belajar Bahasa Inggris berikutnya adalah dengan menonton film. Namun, dalam hal ini kamu bisa menonton film tanpa menggunakan subtitle Bahasa Indonesia.

Kamu bisa memulainya dengan menonton film tanpa subtitle Bahasa Indonesia. Gunakanlah subtitle Bahasa Inggris saja terlebih dahulu. Jika menemukan kata-kata yang susah, kamu bisa mencarinya dalam kamus untuk belajar.

3 dari 5 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Membaca Buku Berbahasa Inggris

Masih seputar hobi, kamu juga bisa menerapkan cara cepat belajar Bahasa Inggris dengan membaca buku. Kamu bisa membaca cerpen, artikel, novel dan buku bacaan lainnya yang kamu sukai agar belajar Bahasa Inggris semakin menyenangkan.

Saat membaca tentunya kamu akan belajar berbagai kosa kata baru. Jika kamu tidak tahu artinya tinggal mengecek kamus. Hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading) sekaligus Bahasa Inggris secara keseluruhan.

Pelajari Arti Kata yang Tidak Kamu Mengerti, Lalu Hafalkan

Hal ini terkait dengan berbagai kegiatan seperti mendengar musik, menonton tv, dan membaca buku yang telah kamu lakukan. Kamu harus mempelajari arti kata-kata yang tidak kamu mengerti dan menghafalkannya. Jangan hanya dilewati saja. Catat dan hafalkan. Hal ini merupakan salah satu cara cepat belajar bahasa inggris.

Selalu Sedia Kamus

Cara cepat belajar Bahasa Inggris yang sangat penting tentunya adalah selalu menyediakan kamus. Kamus tentunya memiliki peran yang tidak dapat tergantikan dalam belajar Bahasa Inggris. Semua kata-kata yang baru kamu pelajari dan tidak kmau mengerti artinya tentu harus dicari di dalam kamus agar kamu mengerti artinya dan cara menggunakannya. Cara cepat belajar Bahasa Inggris otodidak ini juga berguna untuk menambah vocabulary (kosa kata).

4 dari 5 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Coba Menulis dalam Bahasa Inggris

Cara cepat belajar Bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan mencoba menulis dalam Bahasa Inggris. Ketika vocabulary Bahasa Inggris kamu sudah banyak, mulailah menulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan writing kamu meningkat.

Kamu bisa memulainya dengan menulis diari atau kegiatan kamu dalam sehari. Tidak apa kalau kamu masih banyak salah dan belum terlalu mengerti tentang grammar. Setidaknya kamu mencoba dulu menulis dalam Bahasa Inggris.

Belajar Berbicara Bahasa Inggris di Depan Cermin

Belajar berbicara tentunya juga merupakan latihan yang fundamental bagi perkembangan kemampuan Bahasa Inggris kamu. Jika kamu belum percaya diri praktik langsung dengan orang lain, kamu bisa berlatih secara rutin di depan cermin terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa fasih dengan cepat dan tidak kagok saat praktik langsung.

Jadikan Kebiasaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara cepat belajar Bahasa Inggris secara otodidak ini harus dijadikan kebiasaan. Jadikan semua cara yang telah disebutkan sebagai kebiasaan ataupun rutinitas agar kemampuan Bahasa Inggris kamu dapat meningkat dengan cepat.

Teruslah berlatih kapanpun dan di manapun agar kamu cepat mahir. Jangan malu untuk menunjukkan kamu sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus kapanpun dan di manapun.

5 dari 5 halaman

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Maksimalkan Penggunaan Internet

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak bagi pemula selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas internet di mana ada banyak sekali website yang dapat membantu kamu untuk belajar Bahasa Inggris dengan benar.

Maksimalkanlah penggunaan internet, khususnya media sosial yang biasanya kamu gunakan. Ikuti berbagai akun yang sekiranya dapat membantu kamu dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Menerapkannya Bersama Teman

Selain itu, bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris. Kamu juga bisa saling belajar dengan teman-teman agar kamu bisa lebih percaya diri.Belajar bersama dengan teman sendiri tentunya membuat kamu lebih nyaman dan tidak perlu takut salah.

Berteman dengan Orang Asing

Memiliki teman orang asing yang fasih berbahasa Inggris akan membuat pembelajaran kamu semakin cepat. Kamu bisa mencari teman orang asing di internet maupun saat bertemu di tempat wisata.

Banyak sekali platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tidak perlu sungkan untuk mengatakan bahwa kamu sedang belajar berbahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa berlatih setiap hari dengan penutur asli Bahasa Inggris.