Sukses

Punya Masalah Insomnia? Coba Tambahkan Ini di Rutinitas Harianmu!

Magnesium bermanfaat guna membantu protein baru untuk jaringan otot, memperbaiki DNA, serta mengendurkan otot-otot serta mengatur sistem saraf.

Liputan6.com, Jakarta Jika disadari sebenarnya banyak banget penyebab seseorang mengalami insomnia. Mulai dari kebiasaan bekerja shift yang mengubah jam biologis tubuh, perubahan hormon, bahkan sampai gangguan kecemasan dan depresi. 

Nah jika dipahami dari uraian di atas, kira-kira apa nih yang membuat kamu mengalami kesulitan tidur alias insomnia? Tapi tahu nggak sih, sebenarnya kita dapat mengatasi faktor risiko insomnia itu dengan cara yang terbilang mudah. 

Ya, cobalah untuk menambahkan asupan vitamin magnesium (mg). Magnesium merupakan salah satu mineral zat pembentuk sel darah merah yang mengikat oksigen dan hemoglobin. 

Magnesium membantu protein baru untuk jaringan otot, memperbaiki DNA, serta mengendurkan otot-otot serta mengatur sistem saraf. Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Magnesium Research seperti dikutip laman Womanworld, dijelaskan bahwa orang dewasa yang depresi diberikan 450 mg magnesium per hari, dan terjadi peningkatan mood. 

Peningkatan yang sama, ketika penderita insomnia mengonsumsi obat untuk depresi. Selain itu, magnesium juga membantu mengubah makanan menjadi energi, sehingga kita memiliki lebih banyak energi, serta memberikan kualitas tidur yang lebih baik. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Magnesium Membuat Lebih Rileks

Tak banyak yang mengetahui bahwa magnesium memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu untuk membantu tubuh lebih rileks dan tenang. Itu karena magnesium memainkan peranan pentingnya untuk tubuh di bagian saraf dan otot. 

Dalam hal membantu tidur, magnesium mengatur neurotransmitter yang menghubungkan sistem saraf dan otak, sehingga membantu mendorong rasa tenang dalam tubuh. Itu karena magnesium berkaitan dengan reseptor asam gamma aminobutirat (GABA), neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk menenangkan aktivitas saraf.

Tak hanya itu, magnesium juga berperan dalam mengatur hormon melatonin, yang mengatur siklus tidur-bangun pada tubuh. Dengan mengonsumsi magnesium pada kadar tepat, kita jadi memiliki kualitas tidur yang lebih nyenyak.

Lalu dari mana mineral magnesium bisa didapatkan? Kamu bisa mendapatkan mineral itu dari sayuran berwarna hijau (bayam), kacang-kacangan seperti almond dan kacang mede, sereal, daging, ikan berlemak, dan buah-buahan seperti alpukat.

Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen magnesium, tapi ingat hanya pilih produk suplemen yang telah mengantongi Sertifikasi Good Manufacturing Practices (GMP). Jadi aman dikonsumsi dan memiliki jaminan mutu. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.