Sukses

20 Menu Makanan Warteg Aneka Rupa dan Rasa, Sederhana dan Murah

Liputan6.com, Jakarta Menu makanan warteg selalu jadi andalan untuk mengisi perut. Warteg atau Warung Tegal merupakan warung makan yang menyajikan aneka makanan dengan harga terjangkau. Warteg paling banyak ditemukan di ibu kota. Keberadaannya pun tersebar di kota-kota besar lain dan juga daerah-daerah di seluruh Nusantara.

Menu makanan warteg identik dengan masakan rumahan yang sederhana. Meski terbilang sederhana, menu makanan warteg terdiri dari aneka rupa dan rasa. Banyaknya pilihan menu makanan warteg dengan harga terjangkau membuat banyak orang begitu mencintai warung ini.

Menu makanan warteg menjadi pilihan praktis bagi masyarakat yang tak sempat masak namun ingin tetap berhemat. Menu makanan warteg biasanya disajikan di dalam etalase warung. Pembeli hanya tinggal menunjuk menu yang ingin disantap.

Berikut menu makanan warteg yang sering hadir di etalase, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (2/7/2020).

2 dari 8 halaman

Aneka tumisan dan oseng

Tumis kangkung

Tumis kangkung menjadi menu makanan warteg yang sering ditemui. Tumis kangkung sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Tak ayal, tumis kangkung menjadi pilihan terjangkau yang bisa dinikmati di warteg.

Selain tumis kangkung, di warteg Anda juga bisa menemukan cah jamur, tumis buncis, hingga cap cay.

Oseng kacang panjang

Selain tumisan, menu lain yang selalu ada di etalase warteg adalah aneka osengan. Oseng kacang panjang jadi masakan yang banyak ditemui. Selain oseng kacang panjang, Anda juga bisa menemukan jenis osengan lain seperti oseng kikil, oseng tauge, oseng teri dan banyak lagi.

3 dari 8 halaman

Olahan tahu tempe

Tempe orek

Warteg tak akan lengkap tanpa kehadiran tempe orek di etalasenya. Tempe orek merupakan olahan tempe yang dipotong memanjang atau dadu dan ditumis bersama kecap, bawang putih, dan cabai. Tempe orek memiliki rasa manis, gurih, dan pedas.

Sayur tahu

Sayur tahu menjadi masakan warteg favorit banyak orang. Sayur ini biasanya hadir dalam versi kuah kuning atau kuah pedas. Tahu dipotong balok dan dimasak bersama santan dan bumbu rempah lainnya.

Kering tempe

Selain orek tempe, kering tempe juga kerap hadir dalam menu makanan warteg. Jika biasanya orek tempe memiliki tekstur basah, kering tempe punya tekstur garing yang renyah. Kering tempe biasa diolah bersama kacang tanah, teri, atau kentang.

4 dari 8 halaman

Aneka balado

Telur balado

Balado merupakan menu makanan warteg andalan para pecinta pedas. Jenis balado yang murah meriah adalah balado telur. Selain telur balado juga hadir dalam versi ayam, tongkol, hingga pindang.

Terong balado

Bagi yang tak suka daging atau telur, Anda masih bisa menikmati balado terong yang tak kalah lezat. Rasanya yang pedas dan gurih sangat nikmat sebagai menu makan siang.

Kentang balado

Selain terong, balado yang selalu ada di warteg adalah kentang balado. Kentang balado ini juga kerap disebut sambal goreng kentang. Kentang balado biasa diolah bersama ati ampela dan petai.

5 dari 8 halaman

Aneka ikan

Tongkol

Tongkol merupakan lauk yang sering tersedia di warteg. Tongkol biasanya digoreng, dimasak menjadi balado atau kuah kuning. Tongkol bisa menjadi pelengkap nasi hangat dan menu makanan warteg lainnya.

Lele

Selain tongkol, ada juga ikan lele dengan rasanya yang gurih. Lele juga biasa digoreng atau dimasak bersama kuah kuning.

Ikan pindang

Ikan pindang di warteg kerap diolah dengan cara digoreng biasa atau dijadikan balado. Ikan pindang balado menjadi andalan menu makanan warteg yang murah meriah.

6 dari 8 halaman

Aneka lauk pauk

Telur dadar

Lauk pauk yang tak kalah eksis di warteg adalah telur dadar. Telur dadar ala warteg merupakan telur dadar tebal yang dimasak bersama cacahan daun bawang, kol, irisan bawang merah, dan bawang putih. Warteg juga biasanya menyediakan telur ceplok.

Perkedel kentang

Menu makanan warteg yang populer selanjutnya adalah perkedel kentang. Tiap warteg mungkin punya menu perkedel dengan ukurannya sendiri. Mulai dari kecil, sedang hingga besar. Biasanya perkedel kentang di warteg diberi campuran daun seledri dan ayam. Beberapa warteg juga biasa menyediakan perkedel tahu dan perkedel jagung.

Ayam

Ayam menjadi lauk di warteg yang tak pernah ketinggalan. Menu ini menjadi andalan masakan lezat di warteg. Ayam biasa diolah menjadi banyak masakan seperti ayam goreng, semur, balado, usus, ati ampela, dan banyak lagi.

7 dari 8 halaman

Sayur berkuah

Sup

Sayuran berkuah yang sering hadir di warteg adalah sayur sup. Sayur ini biasanya berisi kol, seledri, wortel, kentang, dan ayam. Sayur lainnya yang biasa tersedia adalah sayur bayam, sayur labu siam, dan banyak lagi.

Sayur lodeh

Selain sup, Anda juga bisa menemukan sayur lodeh di warteg. Sayur ini merupakan olahan kuah bersantan yang berisi sayuran seperti kacang panjang, terong, dan banyak lagi.

Sayur asam

Aneka sayur yang kerap ditemui di warteg selanjutnya adalah sayur asam. Sayur ini memiliki cita rasa segar dengan potongan jagung dan daun melinjo.

8 dari 8 halaman

Makanan pelengkap lainnya

Mi goreng

Menu makanan warteg yang biasa menemani makan adalah mi goreng. Mi goreng ala warteg biasa diolah bersama sayuran seperti sawi dan kol. Mi goreng ini juga biasa diberi tambahan bakso atau sosis.

Gorengan

Pelengkap yang tak pernah ketinggalan di etalase warteg adalah gorengan. Mulai dari tempe, tahu isi, bakwan, pisang goreng, gorengan menjadi pelengkap menu makanan warteg yang selalu dicari pembeli.

Kerupuk

Makan di warteg juga tak lengkap tanpa kehadiran kerupuk. Di warteg Anda bisa menemukan aneka kerupuk mulai dari kerupuk udang, kerupuk putih, hingga aneka rempeyek.