Sukses

7 Cara agar Daging Sapi Empuk, Mudah untuk Dipraktikkan

Beberapa cara agar daging sapi empuk ini dijamin membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat.

Liputan6.com, Jakarta Cara agar daging sapi empuk sebenarnya sangat mudah dipraktikkan. Beberapa tahapan cara agar daging sapi empuk sebenarnya dimulai dari awal ketika memilih daging yang dibeli di pasar. Sebab, kesalahan mendasar ketika memotong seluruh bagian pada daging sapi akan berpengaruh terhadap empuk tidaknya daging ketika dimasak. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana alur serat daging sapi tersebut beserta arah potongnya.

Namun, apabila Anda terlanjur membeli daging sapi yang tidak memiliki alur serat yang bagus, masih ada cara agar daging sapi empuk ketika disantap. Cara agar daging sapi empuk dengan memanfaatkan berbagai metode seperti memukul-mukul daging hingga menggunakan bantuan berbagai bahan yang memang terbukti dapat membuat daging lebih empuk.

Berbagai bahan yang menunjang cara agar daging sapi empuk tersebut sangat mudah ditemukan, bahkan harganya juga sangat murah. Selain itu, cara pengaplikasiannya juga tidak terlalu rumit, sehingga Anda sendiri pun bisa melakukannya di rumah. Cara tersebut sebenarnya merupakan alternatif ketika Anda tidak memiliki alat presto yang biasa digunakan untuk mengempukkan daging, yang memang harganya tidak murah.

Nah, mungkin Anda cukup penasaran, bagaimana sebenarnya cara agar daging sapi empuk tersebut, yang pastinya tidak perlu menggunakan bantuan alat presto khusus. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai cara agar daging sapi empuk tersebut untuk Anda dari berbagai sumber, Kamis (2/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Potong Daging Melintang Seratnya

Dimulai dari langkah pertama, yaitu memperhatikan cara memotong daging sapi tersebut. Sebab, cara potong ini ternyata bisa mempengaruhi daging menjadi empuk atau tidak. Cara memotong daging sapi yang benar yaitu dengan melawan alur urat dan seratnya. Sebab, memotong dengan cara ini akan membantu supaya daging menjadi empuk setelah selesai dimasak dan disantap nanti.

3 dari 8 halaman

2. Pukul-Pukul Daging Sapi

Cara selanjutnya sangat mudah dan sudah lazim dilakukan. Anda bisa menggunakan bantuan alat pemukul daging. Caranya cukup dengan pukul-pukul kedua sisi daging hingga teksturnya menjadi lebih empuk. Tapi jangan lupa, pastikan alas yang digunakan dalam memukul daging cukup kuat. Menggunakan metode memukul daging ini sangat ampuh dalam meregangkan serat-serat pada daging yang memang menjadi penyebab mengapa daging sapi menjadi keras ketika diolah.

4 dari 8 halaman

3. Gunakan Nanas atau Daun Pepaya

Cara agar daging sapi empuk selanjutnya bisa dengan memanfaatkan penggunaan nanas atau daun pepaya. Kedua bahan ini dapat dibilang merupakan kunci rahasia yang sangat efektif dalam melunakkan daging yang alot. Jika Anda ingin menggunakan daun pepaya, maka Anda cukup mencincang halus daun pepaya tersebut, lalu remas dan balurkan keseluruh bagian daging sapi tersebut. Diamkan selama 15-20 menit agar daging benar-benar mulai empuk.

Setelah itu, jika Anda ingin menggunakan bantuan dari nanas, maka cukup dengan memarut buah nanas hingga halus. Selanjutnya remas-remas nanas dan balurkan ke daging tersebut. Tunggu 10-15 menit, lalu daging siap dimasak. Yang terpenting, jangan terlalu lama dalam proses dengan menggunakan kedua bahan tersebut, sebab dikhawatirkan akan membuat daging justru menjadi hancur.

5 dari 8 halaman

4. Dengan Bantuan baking soda

Salah satu cara mengempukkan daging sapi ini sebenarnya cara yang cukup sering digunakan para koki profesional. Selain efektif dalam mengempukkan daging, baking soda juga bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah di toko-toko kue. Cara penggunaanya cukup dengan menaburkan baking soda ke seluruh bagian daging sapi. Lalu, biarkan daging selama 40-60 menit. Setelah itu, jangan lupa untuk mencucinya dengan air bersih sebelum mulai diolah menjadi berneka ragam masakan. Mengapa baking soda bisa membuat daging menjadi empuk? Sebab, baking soda akan bekerja dengan memecah kolagen pada daging sapi. Hal tersebut yang akan menghasilkan tekstur daging menjadi lebih lunak.

6 dari 8 halaman

5. Taburi Daging Sapi dengan Garam Laut

Garam laut ternyata sangat berguna untuk menghancurkan ikatan protein dan serat yang ada di dalam daging sapi. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa garam akan sangat baik dan berfungsi efektif untuk membuat daging menjadi empuk. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu dengan menabur garam laut ke seluruh daging dan biarkan selama 30 menit hingga 1 jam. Lalu bilas bersih dan daging siap dimasak.

7 dari 8 halaman

6. Gunakan Bubuk Pengempuk Daging

Saat ini sudah sangat banyak bahan instan yang bisa membantu dalam mengempukkan daging yang akan dimasak. Bahan pengempuk daging ini berupa bubuk yang dijual di toko-toko bahan makanan atau dapat dibeli secara online. Untuk menggunakan bubuk pengempuk ini cukup mudah, yaitu dengan membalurkan sleuruh bubuk pengempuk daging ke seluruh bagian daging dan remas-remas daging. Setelah itu, tusuk-tusuk daging dengan garpu agar meresap hingga ke dalam bagian daging.

Setelah dilumuri dan ditusuk menggunakan garpu, selanjutnya Anda cukup mendiamkan daging selama 20-30 menit. Namun, lamanya durasi tersebut bisa disesuaikan berdasar ketebalan daging yang akan dimasak. Semakin tebal daging yang akan dimasak, maka semakin lama juga proses penyerapan dari bubuk pengempuk daging tersebut.

8 dari 8 halaman

7. Masak Perlahan

Cara mengempukkan daging sapi yang terakhir yaitu dengan memperhatikan waktu dari memasak daging sapi. Sebab, daging sapi yang memilki tekstur lebih tebal membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimasak, begitupun sebaliknya. Dengan memasak daging sapi secara perlahan akan lebih efektif untuk menghancurkan jaringan-jaringan yang ada di dalam daging sapi, sehingga lebih empuk dan sedap untuk disantap. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati ketika memasak daging sapi. Sebab, jika memasak daging sapi kelewat matang, justru akan membuat tekstur daging menjadi keras dan kurang enak untuk disantap.

Jadi, tidak sulit bukan mempraktikkan cara agar daging sapi empuk di atas. Selamat mencoba ya, dan semoga berhasil membuat masakan dari daging sapi yang empuk dan nikmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.