Sukses

7 Cara Membuat Masker Rambut Kering dari Bahan Alami, Aman Digunakan

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut kering, kusam, dan kasar adalah masalah. Rambut yang seperti ini akan sangat mengganggu penampilan bukan? Bahkan, bisa sampai mengganggu aktivitas keseharian karena kulit kepala menjadi gatal. Cara membuat masker rambut kering menjadi penting untuk diketahui untuk mengatasinya.

Cara membuat masker rambut kering dari bahan alami akan sangat membantu rambut menjadi sehat kembali. Menggunakan masker rambut setiap pekan tentu ini lebih efektif diterapkan dibanding menggunakan shampoo saja. Jangan terus membiarkan rambut kering hingga membuatnya menjadi mudah patah, ya.

Bahan alami dipilih dalam pembuatan masker rambut kering karena lebih aman dari bahan kimia. Efek sampingnya juga tidak berbahaya dan tidak berisiko tinggi merusak kulit kepala. Bahan ini juga menjadikan cara membuat masker rambut kering menjadi lebih mudah. Sebab, bahan yang dibutuhkan pun tidak sulit untuk ditemukan.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat masker rambut kering dari berbagai sumber, Jumat (3/7/2020).

2 dari 7 halaman

Masker Putih Telur dan Minyak Kelapa

Putih telur dan minya kepala bisa dipadukan untuk membuat masker rambut kering. Tidak hanya membantu mengatasi rambut kering, tetapi juga membantu mengatasi rambut rontok dan patah. Minyak kelapa menutrisi rambut dan menggantikan protein yang hilang. Sedangkan putih telur membantu menambah kekuatan rambut karena protein yang dimilikinya.

Berikut cara membuat masker rambut kering:

1. Campurkan 2 putih telur dengan 2 sdm minyak kelapa, kocok putih telur hingga tercampur dengan minyak secara merata.

2. Oleskan campuran tersebut dari akar hingga ujung rambut.

3. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dan keramas seperti biasa.

 

3 dari 7 halaman

Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa dan madu bisa diandalkan untuk mengatasi rambut yang kering. Tidak hanya rambut kering tetapi juga rambut yang rusak dan bercabang. Kandungan dalam madu dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut. Sedangkan minyak kelapa memiliki sifat mudah terserap oleh batang rambut. Sifat ini akan membuat rambut mudah mendapat nutrisi dan mendapat asupan protein lebih mudah.

Berikut cara membuat masker rambut kering:

1. Campurkan 1 sdt madu organik dengan 1 sdt minyak kelapa organik.

2. Panaskan campuran tersebut sebentar, sambil diaduk rata.

3. Biarkan campuran tersebut dingin, kemudian oleskan ke seluruh rambut.

4. Diamkan selama 40 menit, kemudian keramas seperti biasa.

4 dari 7 halaman

Telur, Madu, dan Cuka Apel

Telu, madu, dan cuka apel bisa dipadukan untuk membuat masker rambut yang kering. Perpaduan ketiganya dapat membantu menghidrasi dan memberi kilau pada rambut. Putih telur dapat memperkuat rambut dan kuning telurnya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut karena nutrisinya. Sedangkan madu melembapkan dan cuka apel menghilangkan residu pada rambut.

Berikut cara membuat masker rambut kering:

1. Siapkan 1 butir telur, 1 sdt madu, dan 1 sdm cuka apel, campurkan semua bahan hingga merata.

2. Aplikasikan campuran ke seluruh rambut.

3. Diamkan selama 30-40 menit, kemudian bilas hingga bersih.

5 dari 7 halaman

Masker Lemon dan Minyak Zaitun

Memiliki keluhan rambut kering dan bersisik bisa diatasi dengan masker lemon dan minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit dan lemon akan membantu menutrisinya lebih dalam. Fungsi dari minyak zaitun ini bahkan hampir sama dengan minyak kelapa.

Berikut cara membuat masker rambut kering:

1. Campurkan 2 sdm jus lemon, 2 sdm minyak zaitun, dan 2 sdm air.

2. Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala, pijat kulit kepala dengan lembut.

3. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

 

6 dari 7 halaman

Masker Alpukat, Minyak Kelapa, dan Lidah Buaya

Masker alpukat, minyak kelapa, dan lidah buaya adalah perpaduan yang pas untuk mengatasi rambut kering. Apalagi rambut kering sering disandingkan dengan rambut gatal dan berketombe. Perpaduan ketiganya bisa membantu mengatasi ketombe juga, loh.

Alpukat mengandung asam folat, zat besi, dan magnesium. Kandungan ini dapat menutup kutikula rambut. Jika kutikula tertutup, maka rambut akan terhindar dari kerusakan. Minyak kelapa dan lidah buaya sendiri akan membantu menutrisi dan melembapkan rambut secara alami.

Berikut cara membuat masker rambut kering:

1. Campurkan 1 buah alpukat matang, 2 sdm gel lidah buaya, dan 1 sdt minyak kelapa, gunakan blender agar semua bahan tercampur rata.

2. Oleskan campuran tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala.

3. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut seperti biasa.

7 dari 7 halaman

Minyak Kelapa, Gula, Minyak Esensial, dan Yoghurt

Minyak Kelapa, Gula, dan Minyak Esensial

Terlalu sering berada di AC dan tempat yang dingin akan membuat rambut dan kulit kepala kering. Hal ini kemudian dapat memicu ketombe yang sangat gatal. Nah, minyak kelapa, gula, dan minyak esensial dapat membantu mengatasinya. Masker ini akan bekerja seperti scrub dan dapat membantu menghilangkan serpihan ketombe di kepala.

Berikut cara membuat masker rambut kering:

1. Campurkan minyak kelapa, 4 sdt gula, 5 tetes minyak peppermint, dan 2 tetes tea tree oil.

2. Oleskan masker hingga merata dan pijat kulit kepala dengan halus selama 1-3 menit.

3. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas hingga bersih.

Yoghurt

Yogurt merupakan makanan yang kaya nutrisi dan ternyata bisa diandalkan untuk merawat rambut kering. Hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang dimilikinya. Seperti vitamin B, vitamin D, dan protein yang dapat menutrisi rambut lebih maksimal.

Yoghurt bisa dijadikan masker agar bisa membantu melembapkan rambut. Selain melembapkan, menggunakannya secara rutin bisa meningkatkan kekuatan rambut, dan mengurangi kerusakan rambut.

Berikut cara membuat masker rambut kering:

1. Campurkan 1 cangkir yogurt, 1 sdm cuka apel, dan 1 sdm madu dalam sebuah wadah.

2. Aplikasikan campuran tersebut mulai dari akar hingga ujung rambut.

3. Diamkan selama 15-30 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.