Sukses

Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA untuk Pemula, Ketahui Syarat Pengajuannya

Liputan6.com, Jakarta Kartu kredit adalah alat pembayaran pengganti uang tunai dalam bentuk kartu. Kartu kredit ini diterbitkan oleh bank untuk memudahkan nasabah bertransaksi. Ada banyak jenis kartu kredit yang bisa digunakan, seperti kartu kredit BCA, BRI, Mandiri, BNI, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini ketahui cara menggunakan kartu kredit BCA untuk pemula.

Kartu kredit BCA ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi nasabahnya. Kartu kredit BCA menyediakan fasilitas cicilan 0% dan sering mengadakan promo. Fasilitas ini bisa digunakan nasabah untuk mengatur besaran cicilan bulanan sesuai dengan kemampuan. Hal ini membuat cara menggunakan kartu kredit BCA semakin menarik untuk diketahui bukan?

Jika belum mengetahui cara menggunakan kartu kredit BCA dan pertama kali menggunakannya, perhatikan bahwa pengelolaan penting dilakukan. Pengelolaan pengeluaran tetap harus diperhatikan agar tidak terlilit hutang. Sebaiknya gunakan kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan yang benar-benar diperlukan dan jangan berlebihan.

Nah, berikut Liputan6.com ulas cara menggunakan kartu kredit BCA dari berbagai sumber, Jumat (3/7/2020).

2 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA

Syarat Pengajuan Kartu Kredit BCA

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi NPWP

3. Keterangan Penghasilan (Slip Gaji/SPT/Surat Keterangan Penghasilan dari Perusahaan

4. Fotokopi Rekening Koran/Rekening Tabungan 3 Bulan Terakhir

Cara Membuat Kartu Kredit BCA

1. Mengisi formulir yang diberikan petugas.

2. Mengisi biodata lengkap. Mulai dari nama lengkap, nomor KTP, tempat tanggal lahir, alamat rumah, nomor hp, dan lain sebagainya.

3. Isi biodata keluarga yang akan ikut andil dalam penggunaan kartu kredit BCA. Sebelum mengisinya, lebih baik minta izin terlebih dahulu dan jangan asal mengisinya.

4. Isi nominal gaji sesuai dengan gaji asli dan tidak perlu di-markup. Perhitungan gaji yang sesuai syarat hanya bisa ditentukan oleh pihak bank. Jadi, isi saja nominal yang sebenarnya.

5. Setelah mengisi formulir, tunggu saja pihak bank menghubungi. Bisanya pihak bank akan memproses dengan menghubungi tempatmu bekerja dan mengecak segala data yang sudah diisikan.

3 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA

Aktivasi

Lakukan aktivasi kartu dan buat pin. Biasanya petunjuk penggunaan ini tertera pada lembaran kertas yang dikirim bersamaan kartu kredit BCA. Ada dua langkah yang harus dilakukan, yakni melalui SMS dan secara online.

1. Ketika AKT[spasi]KK#16 digit nomor kartu#Tanggal lahir (ddmmyy) misalnya AKT KK#12348989898989#121297 lalu kirim ke nomor 69888. Selanjutnya buat PIN dengan cara selanjutnya.

2. Ketik REQ[spasi]KODE[spasi]OTENTIKASI#nomor kartu kredit. Contoh REQ KODE OTENTIKASI#123459393939239 lalu kirim ke 69888.

3. Jika sudah, akan ada balasan sms berisi 6 digit kode otentikasi. Catat kode ini untuk proses pengaktifan PIN.

4. Buka halaman credit card BCA (www.bca.co.id/creditcard).

5. Kemudian scroll dan pilih menu Fasilitas Online > Aktivasi PIN.

6. Masukan nomor kartu KK BCA, tanggal lahir, nomor handphone, tanggal expired, dan kode verifikasi > Proses.

7. Pilih menu Aktivasi PIN Kartu Kredit BCA > Pilih kartu kredit yang akan aktivasi PIN > Proses.

8. Masukan kode otentikasi dari sms yang sebelumnya sudah diterima > Proses.

9. Buat PIN kartu Kredit BCA dua kali > Proses > Selesai.

Penggunaan

Untuk kartu kredit BCA yang sudah aktif bisa langsung digunakan untuk berbelanja. Belanja ini bisa dilakukan dengan menggunakan mesin EDC. Kartu kredit BCA ini berbeda dengan visa atau mastercard. Penggunaannya harus menunggu 1×24 jam, jika tidak maka transaksi akan gagal.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Kartu Kredit BCA

Belanja

1. Pastikan lagi bahwa kartu kredit sudah berhasil diaktifkan dan pin sudah berhasil dibuat.

2. Cek lagi bahwa limit kartu kredit cukup untuk membayar belanjaan. Pengecekan ini bisa dilakukan melalui aplikasi BCA mobile, klikbca, dan line.

3. Gunakan kartu kredit BCA jika merchant memiliki mesin EDC BCA. Berikan kartu kredit kepada kasir dan akan ditanya menggunakan PIN atau tanda tangan. Lebih aman menggunakan PIN saja.

4. Setelah transaksi selesai maka sisa limit akan berkurang sesuai dengan nominal belanja dan simpan struk belanja sebagai bukti.

Tempat

Semua tempat yang memiliki mesin EDC BCA atau visa/mastercard bisa digunakan untuk pembayaran dengan kartu kredit BCA. Misalnya saja seperti di Indomaret, Superindo Carrefour, McD, CFC, Informa, dan masih banyak lagi. Pada beberapa tempat mungkin akan memberi syarat minimum transaksi. Misalnya saja seperti di Indomaret dengan Rp 100 ribu.

Belanja Online

Kartu kredit BCA juga bisa digunakan untuk belanja online. Misalnya saja untuk membayar Tokopedia, Bukalapak, membeli tiket pesawat, kereta, dan lain sebagainya. Namun sayangnya hanya bisa menggunakan kartu kredit BCA berlogo visa atau mastercard saja.

Langsung buka halaman pembayaran > Masukan nama pemilik > Nomor kartu > Tanggal expired > Serta kode CVV > Masukan kode OTP yang dikirim via sms > Selesai.