Sukses

6 Cara Mencukur Bulu Ketiak Agar Tidak Iritasi, Mudah dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara mencukur bulu ketiak mungkin tampak mudah, akan tetapi faktanya banyak yang justru mengalami iritasi hingga kulit ketiak justru menjadi hitam. Mengapa bisa begitu? Hal tersebut disebabkan karena kulit ketiak memiliki sifat yang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Itulah mengapa kulit ketiak sangat mudah sekali iritasi. Dikarenakan sifat kulit ketiak yang mudah iritasi tersebut, maka Anda lebih baik berhati-hati dan mengkuti cara mencukur bulu ketiak yang benar. Sebenarnya cara mencukur bulu ketiak dengan benar cukup mudah, namun proses ketika mencukur serta beberapa hal dasarnya ada yang perlu diperhatikan.

Jadi, supaya Anda tidak salah dalam mencukur bulu ketiak, di bawah ini Liputan6.com telah merangkum cara mencukur bulu ketiak dari berbagai sumber, Jumat (3/7/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

1. Gunakan Alat Cukur yang Tepat

Cara mencukur bulu ketiak yang benar dimulai dengan hal yang cukup mendasar yaitu memilih alat cukur yang tepat. Maksudnya, Anda sangat perlu lebih cermat ketika akan memilih alat untuk mencukur bulu ketiak, sebisa mungkin memiliki pisau cukur yang cukup tajam. Hal ini dimaksudkan agar hasil cukuran menjad mulus dan rata.

Selain dari segi ketajaman pisau yang akan digunakan untuk mencukur, jika memungkinkan Anda juga bisa menggunakan jenis alat cukur yang memiliki pisau ganda. Hal tersebut agar hasil cukuran menjadi lebih bersih dan cepat, sebab Anda tidak perlu melakukan pencukuran hingga berkali-kali. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat cukur yang memiliki fitur berupa pelumas anti iritasi kulit, atau alat cukur khusus ketiak.

3 dari 7 halaman

2. Gunakan Krim Cukur

Cara mencukur bulu ketiak dengan benar yang selanjutnya, Anda lebih baik mengoleskan krim cukur atau gel khusus untuk mencukur. Penggunaan gel atau krim cukur ini akan membantu dalam mengatasi iritasi yang disebabkan pisau cukur menggores permukaan kulit ketiak. Akan tetapi ada baiknya Anda memahami karakter kulit Anda. Sebab, mungkin saja ada beberapa jenis krim cukur yang bisa menyebabkan iritasi kulit-kulit tertentu.

Namun, saat ini juga sudah cukup banyak jenis krim atau gel cukur yang memiliki kandungan kimia aman bagi segala jenis kulit, termasuk jenis kulit yang sensitif seperti pada kulit ketiak.

4 dari 7 halaman

3. Cukur Ketiak di Malam Hari

Salah satu cara mencukur bulu ketiak dengan benar yaitu melakukan proses pencukuran bulu ketiak pada malam hari. Sebab, ketika mencukur bulu ketiak di malam hari, maka kulit ketiak Anda akan memililki waktu untuk memulihkan lapisan pelindung kulit. Jika Anda melakukan pencukuran bulu ketiak pada siang atau pagi hari, akan sangat berpotensi bagi kulit ketiak terkena berbagai paparan zat kimia yang biasanya berasal dari deodorant yang Anda gunakan.

Selain itu, dengan mencukur ketiak di malam hari akan menghindarkan Anda dari terburu-buru untuk mencukur ketiak, sebab jika terburu-buru dalam mencukur bulu ketiak, akan berpotensi menyebabkan kulit ketiak tergores dan justru timbul iritasi. Maka dari itu, usahakan untuk Anda mencukur bulu ketiak di malam hari.

5 dari 7 halaman

4. Perhatikan Arah Mencukur

Sudah menjadi hal wajar jika arah tumbuh bulu ketiak cenderung tidak beraturan. Oleh sebab itu, sangat disarankan jika Anda melakukan pencukuran bulu ketiak ke segalah arah. Jadi, Anda bisa melakukan arah potong bulu ketiak ke arah kanan, kiri, atas, dan bawah. Namun, Anda harus hati-hati apabila sedang melakukan gerakan mencukur. Sebab bisa saja jika Anda terlalu keras menekan alat cukur, justru membuat kulit ketiak terselip dan menimbulkan sayatan.

6 dari 7 halaman

5. Tarik Kulit Sebelum Mencukur

Anda juga bisa melakukan penarikan sedikit pada bagian kulit ketiak. Sebab, biasanya kulit ketiak terlipat dan cukup sulit untuk dilakukan pencukuran. Maka dari itu Anda bisa menarik kulit ketiak agar lebih rata dan mudah dilakukan pencukuran. Namun, jika tetap saja sulit dilakukan pencukuran, maka Anda bisa dengan mengangkat tangan dan menekuk siku hingga kulit ketiak tertarik.

Tapi tetap perhatikan kekuatan ketika mencukur, agar tidak menimbulkan luka sayat pada kulit ketiak Anda. Selain itu, pastikan alat cukur Anda juga sudah tepat dan aman digunakan.

7 dari 7 halaman

6. Gunakan Pelembab sehabis Bercukur

Biasanya, kulit ketiak yang sehabis dilakukan pencukuran akan mengalami kekeringan. Hal tersebut bisa menjadi pemicu iritasi apabila terjadi gesekan yang disebabkan aktivitas berat yang dilakukan. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan pelembab untuk kulit ketiak dengan jenis deodorant yang memiliki formula anti-iritasi bagi ketiak. Namun, tetap ingat untuk memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya, apakah aman untuk digunakan pada kulit Anda atau tidak.

Nah, jadi cukup mudah bukan untuk melakukan cara mencukur bulu ketiak yang benar. Tentunya, hal beberapa hal di atas dapat menghindarkan Anda dari masalah yang bisa saja timbul setelah mencukur bulu ketiak, seperti iritasi hingga ketiak justru menjadi hitam. Jadi, selamat mencoba ya dan semoga berhasil!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.