Sukses

10 Cara Merawat Kuku Tangan dan Kaki dengan Bahan Alami, Mudah dan Murah

Liputan6.com, Jakarta Merawat kuku tangan dan kaki tidak hanya dilakukan oleh wanita saja. Merawat kuku juga wajib bagi para pria. Tentu saja, perawatan ini untuk menunjang penampilan dan kepercayaan dirinya.

Merawat kuku tangan dan kaki tidak harus pergi ke salon. Perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan bahan alami. Penggunaan bahan alami seperti minyak zaitun, garam, dan bawang putih ini juga lebih aman.

Selain aman, merawat kuku tangan dan kaki dengan bahan alami menjadi lebih mudah dan murah. Hanya perlu meluangkan waktu setiap akhir pekan misalnya. Setiap pagi, sore, atau saat akan tidur di malam hari. Perawatan yang dilakukan secara rutin, akan membuat kuku tangan dan kaki lebih bersih, sehat, dan cantik secara alami.

Berikut Liputan6.com ulas cara merawat kuku tangan dan kaki dengan bahan alami dari berbagai sumber, Jumat (3/7/2020).

2 dari 6 halaman

Minyak Zaitun dan Air Jeruk

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa dijadikan bahan alami untuk merawat kuku tangan dan kaki. Meski sebenarnya minyak ini sering digunakan sebagai bahan makanan dan obat herbal. Khasiatnya tetap bisa diandalkan untuk kuku agar tetap sehat.

Minyak zaitun mampu membantu menjaga kelembaban kuku. Kuku yang lembab akan membuatnya menjadi tidak mudah patah. Cara menerapkannya juga sangat mudah. Hanya perlu mengoleskannya secara merata di seluruh permukaan kuku. Jika sudah diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan kapas.

Air Jeruk

Merendam kuku dengan air jeruk akan memberikan efek yang cukup baik untuk kuku, dimana kuku akan terlihat bersih dan berkilau. Caranya, siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk ke dalamnya. Rendamlah kukumu selama 15-20 menit, lalu bilas mengggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

 

3 dari 6 halaman

Air Garam dan Baking Powder

Air Garam

Air garam bisa diandalkan untuk merawat kuku tangan dan kaki. Perawatan ini dilakukan dengan merendam kuku pada air garam. Merendamnya secara rutin akan membuat kuku nampak lebih bersih secara alami. Hal ini disebabkan karena air rendaman garam dapat melepaskan sel kotoran yang tidak terlihat. Hingga membuat kuku lebih mengkilap dan sehat.

Caranya hanya perlu menyiapkan air hangat dalam wadah. Tambahkan garam secukupnya dan aduk hingga garam larut. Jika dirasa sudah larut sempurna, rendamlah kuku tangan dan kaki beberapa saat. Lakukan rendaman secara berulang dengan jeda beberapa saat.

Baking Powder

Baking powder adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Meski begitu baking soda juga bisa digunakan untuk merawat kuku tangan dan kaki. Bahkan beberapa juga ada yang menjadikannya sebagai facial exfoliant. Hal ini disebabkan karena baking soda memiliki sifat mampu mengangkat sel kulit mati.

Cara menerapkannya pada kuku juga cukup mudah. Hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air pada sikat gigi. Kemudian sikatkan secara perlahan pada kuku tangan dan kaki. Jika sudah, bilas dengan air hangat atau air biasa.

4 dari 6 halaman

Belimbing Wuluh dan Cuka Apel

Belimbing Wuluh

Jika kamu melihat kuku mu hampir rusak dan kering, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasinya, sala satunya adalah belimbing wuluh. Cukup gosokkan potongan buah yang memiliki rasa asam ini pada kuku yang mau dibersihkan. Kemudian bilas dengan air bersih.

Cuka Apel

Sekali waktu cobalah dengan melakukan hal ini, kamu cukup masukkan jari-jarimu ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya agar kukumu menjadi cantik dan bening.

5 dari 6 halaman

Bawang Putih dan Antiseptik

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk merawat kuku tangan dan kaki. Bawang putih bisa membantu membersihkan kuku tangan dan kaki yang kotor. Bahkan, bawang putih juga mampu mengangkat kuman dan bakteri yang menempel pada kuku.

Hal inilah yang akan membuat kuku tampak lebih sehat. Caranya siapkan satu siung bawang putih yang sudah dikupas. Kemudian oleskan bawang putih secara perlahan pada kuku tangan dan kaki. Jika sudah bilas dengan air hangat atau air biasa.

Antiseptik

Antiseptik bisa digunakan untuk mengatasi kuku tangan dan kaki yang bau. Kuku tangan dan kaki yang bau biasanya berasal dari jamur/kotoran di bawah kuku yang lama tidak dibersihkan.

Hal ini tentu bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri. Antiseptik bisa membantu menghilangkan bau busuk ini. Antiseptik akan membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada kuku. Menerapkannya pada kuku juga dapat membuat kuku lebih bersih dan mengkilap.

6 dari 6 halaman

Lemon dan Kulit Semangka

Lemon

Lemon bisa digunakan untuk merawat kuku tangan dan kaki. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C dalam lemon. Kandungan inilah yang akan mengangkat sel-sel mati atau sisa-sisa cat pada kuku.

Perawatan dengan lemon akan membuat kuku menjadi lebih mengkilap. Coba terapkan jeruk lemon yang sudah dipotong pada kuku. Gosokkan secara perlahan dan tunggu beberapa saat lalu bersihkan.

Kulit Semangka

Coba gunakan kulit semangka untuk merawat kuku tangan dan kaki. Alih-alih membuangnya lebih baik gunakan untuk membersihkan kuku. Selain dapat membuat kuku nampak lebih bersih, kulit semangka juga akan membuat kuku lebih mengkilap.

Caranya hanya perlu menggosokkan kulit semangka pada kuku tangan dan kaki. Tunggu sampai air kulit semangka pada kuku mengering. Jika sudah bersihkan dengan tisu atau handuk hingga kuku nampak mengkilap.