Sukses

7 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut, Efektif dan Mudah Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan bau jengkol di mulut tampaknya masih cukup banyak dicari-cari oleh banyak orang, terutama bagi penggemar makanan yang memiliki aroma khas tersebut. Meski rasanya sangat nikmat terutama jika disantap menggunakan nasi panas, bau mulut yang timbul dari jengkol cukup membuat orang yang sehabis mengonsumsinya seakan kehilangan percaya diri.

Bahkan, tidak hanya dari bau mulut saja, aroma khas jengkol tersebut bahkan bisa tercium dari aroma urin yang dikeluarkan. Sebenarnya, penyebab bau pada jengkol berasal dari asam amino yang akhirnya membentuk sulfur. Kandungan berupa sulfur inilah yang menyebabkan mulut bisa menjadi bau. Sulfur ini juga tidak hanya dari makanan seperti jengkol, namun bisa juga karena bakteri sisa makanan yang tertinggal di mulut.

Cara menghilangkan bau jengkol tidak sulit, cukup dengan bantuan berbagai bahan pembersih mulut serta beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar. Nah, lalu seperti apa cara menghilangkan bau jengkol di mulut tersebut?

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi yang dilansir dari berbagai sumber, mengenai cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang pastinya efektif dan mudah untuk dilakukan, Jumat (3/7/2020).

2 dari 8 halaman

1. Menyikat Gigi

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut dimulai dari cara paling mudah dan sudah pasti biasa Anda lakukan, yaitu menyikat gigi. Mengingat mulut merupakan salah satu sumber dari banyaknya bakteri, maka Anda perlu memberi perhatian lebih pada bagian mulut Anda terutama gigi yang memiliki banyak celah untuk terselipnya sisa dari makanan penyebab bau mulut. Tapi, pastikan cara sikat gigi Anda sudah benar, jangan terburu, agar seluruh sisa makanan dapat terangkat.

3 dari 8 halaman

2. Gunakan Obat Kumur

Setelah Anda menyikat gigi namun masih terasa bau dari jengkol tersebut, maka cara menghilangkan bau jengkol di mulut selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkumur dengan obat kumur. Obat kumur tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek dan minimarket terdekat.

4 dari 8 halaman

3. Membersihkan Lidah

Jika menyikat gigi dan menggunakan obat kumur sudah dilakukan, maka untuk memastikan jika bau dari jengkol tersebut sudah benar-benar hilang, Anda bisa membersihkan bagian lidah menggunakan benang atau Anda bisa mendapatkannya di apotek terdekat.

Mengapa penting untuk membersihkan lidah? Sebab, lidah sendiri merupakan salah satu tempat tumbuhnya bakteri, terutama pada bagian lidah belakang yang sulit dijangkau oleh sikat gigi atau obat kumur. Itulah mengapa sangat disarankan Anda menggunakan pembersih lidah agar bau jengkol dapat hilang sepenuhnya.

Cara membersihkan lidah dengan alat yang tersedia juga cukup mudah. Anda cukup menempelkan pembersih lidah dari area paling belakang, lalu tarik dengan ditekan ke arah depan. Coba lihat saja pada pembersih lidah tersebut, pasti akan banyak kotoran berwarna putih dengan bau kurang sedap.

5 dari 8 halaman

4. Minum Kopi

Jenis bahan minuman ini tampaknya tidak perlu diragukan lagi untuk mengatasi berbagai aroma tak sedap. Anda bisa saja memanfaatkan aroma yang dihasilkan kopi untuk menghilangkan bau jengkol pada mulut Anda.

Apabila Anda tidak dapat meminum kopi karena memliki masalah asam lambung, maka Anda bisa cukup dengan berkumur dengan bubuk kopi yang diberi sedikit air, lalu jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih, agar tidak ada bubuk kopi yang tertinggal di antara celah gigi.

6 dari 8 halaman

5. Mengunyah Daun Mint

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut selanjutnya yaitu dengan mengunyah daun mint. Daun ini memang terkenal dengan aroma mentolnya yang menyegarkan. Bahkan aroma mentol ini banyak digunakan sebagai aroma pada beberapa jenis pembersih mulut atau jenis permen.

Untuk melakukan cara menghilangkan bau jengkol di mulut ini cukup mudah, Anda cukup mengunyahnya beberapa lembar daun mint segar setelah makan jengkol. Anda bisa mengunyah daun mint ini hingga dirasa aroma jengkol sudah mulai hilang. Tapi jangan lupa untuk berkumur dan pastikan tidak ada daun mint yang tersisa dan menempel di gigi.

7 dari 8 halaman

6. Konsumsi Yogurt

Yogurt memang diketahui memiliki kandungan bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini sangat baik dalam membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh salah satunya usus. Pada beberapa penelitian menyebutkan jika kandungan probiotik pada yogurt ternyata sangat efektif untuk mengurangi bau mulut.

Namun, pastikan jenis yogurt yang dikonsumsi rendah gula, ya. Sebab, jika terlalu banyak mengonsumsi yogurt dengan gula akan berbahaya bagi kondisi gula darah Anda.

8 dari 8 halaman

7. Permen Karet

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang terakhir merupakan mungkin yang paling umum dan menjadi solusi paling erfektif jika ingin menghilangkan bau jengkol. Tapi, Anda perlu cermat dalam memilih permen karet yang akan dikonsumsi, sebab tidak semua permen karet memiliki kemampuan untuk menyegarkan aroma mulut.

Sebaiknya, Anda membeli jenis permen karet yang memiliki aroma mentol seperti yang banyak dijual di minimarket-minimarket terdekat. Nah, jadi cukup mudah bukan cara menghilangkan bau jengkol di mulut? Semoga cara di atas berhasil mengembalikan tingkat percaya diri Anda, ya. Selamat mencoba!