Sukses

6 Cara Memilih Buah Semangka yang Manis, Kenali Ciri-cirinya

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih buah semangka yang manis ternyata tidak begitu sulit. Kerap kali kamu membeli buah semangka yang belum dipotong dan mendapatkan rasanya tidak begitu manis. Bagi kamu yang belum tahu cara memilihnya tentu hanya bisa pasrah setelah membeli semangka.

Namun, kamu bisa melihat berbagai ciri fisik pada semangka agar mendapatkan yang manis. Buah manis dengan warna kulit hijau dan daging buah berwarna merah ini cocok sekali dikonsumsi di siang hari saat sedang panas-panasnya. Kandungan airnya sangat menyegarkan.

Cara memilih buah semangka yang manis bisa dilakukan dengan mengenali ciri-cirinya. Sebelum membeli, kamu harus benar-benar memperhatikan ciri-ciri pada kulit semangka agar mendapatkan yang manis dan matang sempurna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Brightside dan berbagai sumber lainnya, Jumat (3/7/2020) tentang cara memilih buah semangka yang manis.

 

2 dari 7 halaman

Bercak Kekuningan

Cara memilih buah semangka yang manis pertama adalah dengan melihat bercak kekuningan pada kulitnya. Bercak kekuningan, yang dikenal sebagai field spot, adalah tanda di mana semangka diletakkan di tanah.

Bercak kekuningan pada kulit semangka ini biasanya berada di bagian bawah semangka dan bisa menjadi indikator kematangan buah. Semakin lebar dan berwarna kuning bercak tersebut, berarti semangka juga telah ditanam cukup lama.

Namun, bila semangka hanya memiliki bercak kekuningan berukuran kecil dengan warna putih atau terkesan pucat, berarti semangka tersebut dipanen lebih awal sebelum benar-benar matang. Semangka matang selalu memiliki bercak-bercak kuning atau bahkan oranye kekuningan, tidak putih.

3 dari 7 halaman

Perhatikan Jaring Berwarna Cokelat

Cara memilih buah semangka yang manis berikutnya adalah dengan memperhatikan jaring berwarna cokelat pada kulitnya. Tekstur kecokelatan yang menyerupai sarang laba-laba di permukaan semangka menandakan bahwa lebah menyentuh bagian penyerbukan bunga berkali-kali.

Semakin banyak jaring berwarna cokelat yang mirip sarang laba-laba di semangka, semakin manis buah tersebut. Kamu tinggal memperhatikan ciri-ciri ini sebagai cara memilih buah semangka yang manis.

4 dari 7 halaman

Periksa Tangkainya

Memeriksa tangkai buah semangka juga bisa menjadi salah satu cara memilih buah semangka yang manis selanjutnya. Tangkai semangka yang kering menunjukkan bahwa buah semangka tersebut sudah matang.

Tangkai buah semangka yang sudah kering dan mudah dicacut menandakan semangka yang kamu pilih sudah matang. Namun, jika tangkainya berwarna hijau, semangka tersebut dipetik terlalu cepat dan belum matang.

5 dari 7 halaman

Perhatikan Ukuran Semangka

Cara memilih buah semangka yang manis selanjutnya adalah dengan memperhatikan ukuran semangka. Sebaiknya kamu tidak memilih buah semangka yang berukuran paling besar ataupun yang paling kecil.

Cara memilih buah semangka yang manis adalah dengan membeli semangka yang berukuran sedang. Perlu diperhatikan, pilihlah semangka yang terasa berat karena isinya, bukan hanya karena besar atau kecil ukurannya. Semangka yang berkualitas baik akan memiliki berat yang sesuai dengan ukuran buah.

6 dari 7 halaman

Semangka Jantan dan Betina

Selain itu, kamu juga bisa menerapkan cara memilih buah semangka yang manis dengan mengenali semangka jantan dan betina.Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa para petani membedakan jenis kelamin semangka.

Sebagai contoh, semangka jantan berbentuk lebih besar dan memanjang dengan rasa yang lebih berair. Semangka betina bentuknya lebih bulat dan memiliki rasa yang sangat manis.

7 dari 7 halaman

Mengetuk Buah Semangka

Cara memilih buah semangka yang manis selanjutnya adalah dengan mengetuknya terlebih dahulu. Kamu dapat mengetuk permukaan semangka untuk memeriksa kepadatan daging buah. Semangka yang matang sempurna akan mengeluarkan suara yang berat dan penuh saat diketuk. Sedangkan, semangka yang memiliki banyak rongga di dalamnya akan berbunyi lebih nyaring saat diketuk.