Sukses

7 Cara Mengeriting Rambut Tanpa Catokan, Mudah dan Lebih Murah

Liputan6.com, Jakarta Cara mengeriting rambut tanpa catokan bisa dengan mudah kamu terapkan di rumah. Daripada menggunakan catokan yang tentunya membuat rambut terkena panas, kamu bisa menggunakan cara-cara alami yang tidak membuat rambut menjadi rusak. 

Seperti yang telah banyak diketahui, mencatok rambut dengan suhu lebih dari 185 derajat terlalu sering dapat merusak tekstur rambut, membuat rambut menjadi kering, bercabang dan juga rapuh. Bahkan, bagi kamu yang mewarnai rambut, hal ini akan merusak rambutmu.

Cara mengeriting rambut tanpa catokan dapat menjaga rambut dari kerusakan. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menerapkannya. Hal ini tentu lebih menguntungkan daripada menggunakan catokan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/7/2020) tentang cara mengeriting rambut tanpa catokan.

2 dari 4 halaman

Kepang dan Cepol Rambut

Kepang Rambut

Cara mengeriting rambut tanpa catokan yang pertama adalah dengan mengepangnya. Untuk memaksimalkan hasilnya, kamu bisa mengepang rambut dan membiarkannya semalaman. Selain itu, dalam mengeriting rambut dengan cara kepang ini, kamu harus melakukannya saat rambutmu masih sedikit lembap.

Cara mengeriting rambut tanpa catokan satu ini tidak akan menyebabkan rambut rusak. Perlu diperhatikan, jangan mengepang rambut dengan terlalu ketat agar gelombang yang dihasilkan lebih alami.

Cepol Rambut

Selain kepang, menerapkan cepol rambut juga bisa dilakukan sebagai cara mengeriting rambut tanpa catokan. Menerapkan cepol rambut juga tidak sulit dilakukan. Cukup dengan memelintir dan cepol longgar bagian rambut yang ingin dibuat keriting.

Setelah itu, kamu tinggal mengikatnya dengan karet atau bobby pins, kemudian diamkan beberapa jam. Untuk membuat hasil keriting lebih awet, kamu bisa menyemprotkan hairspray. Rambut akan terlihat lebih gaya dan modis.

3 dari 4 halaman

Gunakan Jedai dan Rol Rambut

Gunakan Jedai

Cara mengeriting rambut tanpa catokan selanjutnya adalah dengan menggunakan jedai atau jepitan badai. Seperti yang telah banyak diketahui, jedai dapat membuat rambut tampak lebih bervolume dan bergelombang secara alami.

Selalu sedaia jedai di dalam tas agar kamu bisa menggunakannya kapan saja. Cukup dengan menggulung rambut dengan rapi, lalu terapkan cara menggunakan jedai, kamu bisa mendapatkan rambut yang keriting.

Rol Rambut

Cara mengeriting rambut tanpa catokan yang paling mudah dan telah dikenal sejak zaman dahulu adalah menggunakan rol rambut. Cara ini mungkin sudah sering kamu lihat ada di film-film ataupun digunakan ibu-ibu di rumah.

Menggunakan rol rambut ini dapat menghasilkan gelombang keriting yang lebih halus dan rapi. Selain itu, cara mengeriting rambut dengan rol rambut ini juga tidak membuat rambut menjadi rusak. Kamu bisa memilih bahan rol rambut yang sesuai dengan keinginan.

4 dari 4 halaman

Gunakan Bobby Pin, Bandana/Headband, dan Kaus Kaki

Gunakan Bobby Pin

Cara mengeriting rambut tanpa catokan berikutnya adalah dengan bobby pin atau jepit lidi. Caranya, setelah keramas bagilah rambutmu menjadi beberapa bagian. Setelah itu, ambil beberapa bagian rambut tersebut lalu gulung dengan jari. Kemudian jepitlah dengan bobby pin. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil rambut keriting yang kamu inginkan.

Gunakan Bandana/Headband

Kamu juga bisa menerapkan cara mengeriting rambut tanpa catokan dengan bandana/headband. Kamu bisa melakukannya saat rambut masih lembap. Caranya, mulailah dengan mengambil rambut di bagian depan, lalu tarik rambut dan selipkan ke dalam bandana/headband.

Lakukan cara ini hingga semua rambut tergulung dan pasanglah beberapa jepit rambut untuk menjaganya agar tidak terlepas. Kemudian, keringkan rambut dengan hairdryer atau dengan menunggunya saja.

Kaus Kaki

Kamu bisa menggunakan kaus kaki sebagai cara mengeriting rambut tanpa catokan. Pertama-tama, pastikan rambut kamu dalam keadaan setengah lembap. Lalu, kuncir rambut kamu menjadi dua bagian dan gulung kaus kaki bersamaan dengan rambut dan ikat kencang. Biarkan 3 jam sampai rambutmu kering lalu lepas.