Sukses

7 Kota Tertua di Dunia, Ada yang Berusia Hampir 11.000 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan perkembangan zaman, tentunya membuat usia sebuah negara ataupun kota juga semakin bertambah. Sebuah kota yang sudah menginjak usia ribuan tahun tentunya menarik untuk ditelaah. Pasalnya, walaupun sudah berusia ribuan tahun tak sedikit kota di beberapa negara di dunia masih memiliki daya tarik tersendiri.

Sebuah kota yang sudah berusia ribuan tahun tentunya memiliki daya tarik yang lebih menarik. Arsitektur bangunan yang identik dengan zaman dahulu masih dipertahankan hingga kini. Hal tersebut merupakan salah satu kota tersebut tetap terlihat estetik walaupun sudah ribuan tahun usianya.

Kota tertua di beberapa negara di dunia ini tentunya masih kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Walaupun sudah berada di zaman modern, rupanya jika berkunjung ke beberapa kota tertua tersebut seseorang akian merasakan suasana seperti ribuan tahun yang lalu. Salah satu kota tertua di dunia masih aktif hingga kini adalah Damaskus di Suriah.

Selain Damaskus, ada beberapa kota lainnya yang tersebar di beberapa negara yang tentunya usianya membuat seseorang berdecak kagum. Selain usianya, rupanya sejarah terkait berdirinya beberapa kota tertua di dunia ini menarik untuk diketahui.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber tentang 7 kota tertua di dunia, ada yang berusia hampir 11.000 tahun, Minggu (5/7/2020).

2 dari 8 halaman

1. Damaskus, Suriah

Kota Damaskus diyakini sebagai kota tertua di dunia yang secara konsisten masih dihuni oleh penduduk. Saat ini, Damaskus memiliki populasi lebih dari 2,5 juta jiwa. Selain itu, Damaskus merupakaniIbu kota kebudayaan Arab sejak tahun 2008, juga menjadi ibu kota Republik Arab Suriah.

Terdapat sebuah bukti bahka kota Damaskus telah berpendudukan sejak didirikan hampir 11.000 tahun yang lalu. Awal keberadaan kota Damaskus yang paling awal yakni sekitar tahun 9.000 SM. Kota Damaskus menjadi salah stau kota tertua yang konssiten dihuni dan selalu memiliki penduduk.

3 dari 8 halaman

2. Byblos, Lebanon

Kota tertua di dunia selanjutnya adalah Kota Byblos yang terletak di Lebanon. Menurut filsuf Alexandria pada masa Kekaisaran Romawi, menyebut bahwa Kota Byblos adalah kota tertua di dunia.

Menurut filsuf yang lahir sekitar 25 abad sebelum masehi ini, pada zaman dahulu mereka tidak memiliki alat bantu untuk melakukan arkeologis dalam membuktikan Byblos adalah kota tertua di dunia. Terdapat sebuah bukti bahwa kota Byblos didirikan sekitar 7.000 tahun yang lalu. Saat ini, penduduk kota Byblos ini menginjak sekitar 40.000 orang.

4 dari 8 halaman

3. Yerusalem

Yerusalem merupakan salah satu kota tertua di dunia dan menjadi kota yang berkembang pesat hingga saat ini. Yerusalem sudah ada selama hampir 5.000 tahun yang lalu.

Kota tersebut menjadi kota paling penting bagi banyak agama besar, beberapa di antaranya adalah Yudaisme, Islam, dan Kristen. Hal tersebut pula yang menjadikan Kota Yerusalem menjadi kota yang sangat penting bagi miliaran orang di seluruh dunia.

Kota tersebut selalu diganggu oleh konflik militer hingga budaya, meskipun begitu kota Yerusalem terus dihuni oleh penduduk dan menjadi kota yang berkembang pesat. Selain menjadi salah satu kota tertua, Kota Yerusalem juga menjadi salah satu kota terpadat di dunia.

5 dari 8 halaman

4. Athena, Yunani

Kota Athena yang terletak di Yunani tentunya sudah tidak asing bagi masyarakat dunia. Tak jarang kota tersebut selalu dikunjungi dan menjadi salagh satu tujuan wisata. Kota yang merupakan salah satu kota tertua di dunia ini adalah tempat kelahiran filsafat demokrasi, dan peradaban barat modern.

Kota Athena telah dihuni dan berdiiri di bumi sejak 7.000 tahun yang lalu. Hal tersebut berarti Kota Athena sudah ada jauh sebelum filsuf-filsuf berpengaruh seperti Socrates, Plato dan Artistoteles menjadikannya sebagai kota yang palig signifikan secara historis peradaban manusia.

Kini Athena menjadi Ibukota Yunani yang juga menjadi pusat ekonomi, budaya, dan politik Yunani. Selain menjadi kota tertua di dunia, Kota Athena kaya akan bangunan, monumen, dan karya seni kuno.

6 dari 8 halaman

5. Plovdiv, Bulgaria

Bulgaria merupakan negara selanjutnya yang menyimpan sebuah kota tertua di dunia. Bulgaria merupakan negara yang pernah menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Kota Plovdiv atau disebut Philippopolis dan merupakan kota besar di dalam kekaisaran.

Menurut bukti yang ditemukan arkeolog, kota tersebut diyakini telah terus dihuni penduduk selama hampir 6.000 tahun. Hingga saat ini, Plovdiv adalah kota terbesar kedua di Bulgaria dengan jumlah penduduk 7 juta jiwa.

7 dari 8 halaman

6. Faiyum, Mesir

Faiyum merupakan salah satu kota tertua di dunia yang sudah dihuni selama lebih dari 6.000 tahun. Kota Faiyum merupakan rumah bagi petani dan komunkita agraris.

Kekeringan, perang, dan bencana lainnya telah menyebabkan penurunan jumlah populasi penduduk kota ini. Walaupun begitu, kota yang sudah dihuni selama lebih dari 6.000 tahun ini belum pernah tidak berpenghuni. Populasi salah satu kota tertua ini adalah sekitar 350.000 orang.

8 dari 8 halaman

7. Luoyang, China

Kota tertua selanjutnya adalah kota yang terletak di salah satu negara terpadat yakni China. Kota Luoyang merupakan kotya tertua dan terpadat di Asia.

Kota Luoyang ini telah dihuni danb berdiri elama lebih dari 4.000 tahun. Kota tersebut terletak di persimpangan dua sungai yakni (Luo dan Yi). Selain itu, kota tersebut kemungkinan merupakan pusat besar bagi para pedagang di kekaisaran China selama ratusan tahun.

Kota Luoyang memiliki fakta unik yakni merupakan pusat geografis China Kuno. Hal tersebut kemudian menjadikan Kota Luoyang menjadi salah satu dari tujuh ibu kota Kuno Besar China.