Sukses

5 Cara Menghilangkan Panas di Tangan Karena Cabai

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan panas di tangan karena cabai sebenarnya sangat mudah, yaitu cukup dengan beberapa bahan yang bisa Anda temukan di sekitar. Biasanya rasa panas cabai tersebut memang sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Rasa panas tersebut biasanya akan timbul setelah Anda mengonsumsi makanan yang sarat akan kandungan cabai yang cukup banyak, atau ketika Anda memasak atau menyentuh cabai langsung dalam jumlah banyak.

Tapi, kenapa sebenarnya cabai bisa membuat tangan menjadi panas? Sebab, cabai mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin. Kandungan senyawa berupa capsaicin inilah yang akan membuat tangan atau perut Anda terasa panas dan terbakar. Senyawa capsaicin ini merangsang dan mengikat reseptor rasa sakit, dan ketika reseptor ini aktif maka Anda akan merasakan sensasi panas serta terbakar.

Tapi jangan panik, meski begitu menghasilkan sensasi panas dan terbakar, senyawa capsaicin tidak akan membuat anggota tubuh Anda mengalami kerusakan jaringan atau luka bakar. Hal tersebut karena molekul pada senyawa capsaicin hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit di sekitar tangan Anda, dan sudah tentu bisa dihilangkan dengan mengikuti cara menghilangkan panas di tangan karena cabai.

Berikut beberapa cara menghilangkan panas di tangan karena cabai tersebut seperti yang telah Liputan6.com rangkum di bawah ini, Senin (6/7/2020).

2 dari 6 halaman

1. Gunakan Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan panas di tangan karena cabai yang pertama adalah cara yang tampaknya cukup darurat dan menjadi respon paling umum yang dilakukan banyak orang. Wajar saja, banyak yang percaya jika penggunaan sabun cuci piring merupakan cara menghilangkan panas di tangan karena cabai yang cukup efektif.

Caranya, cukup dengan menggosok sabun cuci piring di seluruh bagian telapak tangan dan juga bawah kuku. Setelah dirasa cukup bersih, maka Anda tinggal membilasnya saja dengan air bersih dan mengeringkannya. Lakukan cara ini beberapa kali jika rasa panas masih belum hilang.

3 dari 6 halaman

2. Rendam ke Dalam Susu

Selain ampuh menghilangkan rasa pedas di mulut, susu ternyata ampuh dijadikan cara menghilangkan panas di tangan karena cabai. Berbagai produk dari susu memiliki kandungan yaitu asam yang dapat mengurangi rasa panas di tangan akibat cabai. Bahkan, kandungan protein pada susu yang disebut dengan kasein memiliki fungsi selayaknya deterjen alami yang dapat memecah capsaicin.

Tidak sampai itu saja, kandungan lemak pada susu juga mampu melarutkan senyawa capsaicin yang menjadi penyebab tangan menjadi panas. Cara memanfaatkan susu untuk menghilangkan rasa panas di tangan cukup dengan merendam tangan Anda ke dalam semangkuk susu. Lalu, biarkan selama beberapa saat hingga rasa panas sudah berangsur menghiang. Agar lebih efektif, Anda bisa membilasnya dengan tambahan sabun cuci piring.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan Alkohol

Cara menghilangkan panas di tangan karena cabai yang selanjutnya dapat menggunakan bantuan hand sanitaizer atau jenis alkohol. Cairan alkohol tersebut sanga berguna untuk dijadikan penghilang rasa panas akibat sengatan capsaicin pada cabai. Sebabnya, kandungan minyak cabai dan capsaicin justru lebihg mudah larut apabila terkena alkohol dibandingkan jika menggunakan air biasa.

Untuk mengaplikasikan alkohol sebagai bahan yang membantu dalam menghilangkan rasa panas di tangan, cukup dengan meneteskan cairan alkohol ke tangan, lalu gosok-gosokkan hingga merata. Sensasi dingin yang ditimbulkan alkohol ternyata sangat membantu dalam menurunkan gejala panas di tangan karena cabai.

5 dari 6 halaman

4. Lumuri dengan Saus Tomat

Cara ini mungkin menjadi cara menghilangkan panas di tangan karena cabai yang cukup darurat namun hasilnya efektif. Agar rasa panas di tangan lansung hilang, Anda cukup dengan melumuri seluruh bagian tangan yang panas menggunakan saus tomat. Lalu setelah digosok dan diratakan, Anda cukup mendiamkannya selama 15-20 menit saja lalu jangan lupa bilas hingga bersih.

6 dari 6 halaman

5. Rendam ke Dalam Air Bekas Cucian Beras

Cara menghilangkan panas di tangan karena cabai yang terkhir Anda bisa memanfaatkan air bekas cucian beras. Cara ini cukup dengan merendam tangan Anda ke dalam air cucian beras tersebut, lalu gosok dan diamkan lagi hingga 10 menit. Setelah proses tersebut selesai, Anda bisa membilas tangan Anda dengan air bersih. Dan jika masih terasa cukup panas, maka Anda bisa mengulangi proses tersebut hingga dua kali lalu coba membilasnya dengan bantuan sabun cuci piring agar rasa panas semakin menghilang.

Jadi, sebenarnya cara menghilangkan panas di tangan karena cabai cukup mudah bukan? Namun, memang butuh pemahaman yang lebih luas mengenai berbagai bahan yang mampu membantu menghiangkan rasa panas di tangan tersebut. Selamat mencoba berbagai cara menghilangkan panas di tangan karena cabai di atas, ya. Tapi ingat, apabila tangan terasa panas karena cabai, jangan menyentuh mata atau hidung dahulu.