Sukses

5 Cara Menyimpan Daging Ayam di Kulkas Agar Tahan Lama

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan daging ayam di kulkas perlu diperhatikan agar awet. Sebagai salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi di Indonesia, kamu tentunya perlu mengetahui cara menyimpan ayam di kulkas. Pasalnya, sering kali ayam yang belum digunakan langsung disimpan di dalam kulkas.

Kadang untuk kebutuhan stok makanan di rumah, kamu perlu menyimpan daging ayam di dalam freezer. Membekukan daging ayam di freezer merupakan salah satu cara paling efektif untuk membuat daging ayam tahan lama.

Cara menyimpan daging ayam di kulkas sebenarnya mudah saja diterapkan. Apalagi, hal ini berkaitan dengan suhu dingin yang bisa memperlambat pertumbuhan bakteri penyebab pembusukan, Seperti salmonella.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/7/2020) tentang cara menyimpan daging ayam.

2 dari 6 halaman

Simpan di Dalam Freezer

Cara menyimpan daging ayam di kulkas yang pertama adalah menyimpannya di dalam freezer. Jika menyimpan ayam segar pada rak kulkas dengan suhu 4 derajat Celcius dapat membuatnya tahan hingga 2 hari, kamu bisa mengawetkan daging ayam segar dalam freezer (yang bersuhu minus) yang membuatnya bertahan hinga 1 tahun, seperti dikutip dari United States Department of Agriculture (USDA).

Namun, jika kamu menyimpan ayam matang atau yang sudah dimasak dalam rak kulkas, bisa bertahan selama 3-4 hari di suhu yang sama. Jadi, cara menyimpan daging ayam di kulkas agar tahan lama perlu diletakkan dalam freezer.

3 dari 6 halaman

Memotong Daging Ayam

Cara menyimpan daging ayam di kulkas agar tahan lama berikutnya adalah memotongnya terlebih dahulu atau tidak. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Jika kamu ingin lebih mudah dalam proses mencairkan dan mengolah daging ayam, ada baiknya daging ayam dipotong jadi beberapa bagian sebelum disimpan di dalam freezer.

Namun, jika ayam telah dipotong sebelum disimpan, masa simpannya jadi lebih pendek, yaitu 9 bulan. Hal ini karena, ayam potong lebih banyak terkena sentuhan saat proses pemotongan, yang menjadi jembatan bagi bakteri maupun kotoran pada daging ayam.

4 dari 6 halaman

Jangan Cuci Dulu

Cara menyimpan daging ayam di kulkas selanjutnya adalah tidak dicuci dulu sebelum menyimpan. Daging ayam yang baru dibeli tak perlu dicuci terlebih dahulu. Proses pencuciannya bisa dilakukan saat daging ayam akan diolah atau dimasak.

Bila akan dibekukan, daging ayam tak perlu dicuci. Jadi, daging ayam yang baru dibeli tinggal dipotong jadi beberapa bagian saja kalau ingin lebih mudah diolah nantinya.

5 dari 6 halaman

Siapkan Kantong Plastik

Cara menyimpan daging ayam di kulkas berikutnya adalah menyiapkan kantong plastic. Siapkan beberapa kantong plastik. Masukkan potongan daging ayam yang sama pada satu kantong plastik. Misalnya, sayap ayam disimpan dalam kantong plastik yang berbeda dari dada ayam.

Bila memungkinkan, tuliskan keterangan pada masing-masing kantong plastik. Sehingga nantinya akan memudahkan kita dalam proses sebelum memasaknya.

6 dari 6 halaman

Simpan dalam Wadah Khusus

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara menyimpan daging ayam di kulkas lebih baik dalam freezer. Namun, sebaiknya jangan langsung ditaruh begitu saja di dalam ruang freezer. Kamu bisa menyiapkan wadah khusus untuk menyimpan daging ayam.

Bisa wadah plastik yang cukup besar untuk menampung semua stok daging ayam. Tutup rapat agar baunya tidak memengaruhi bahan makanan lain dan tidak terkontaminasi bau dari bahan makanan lain.

Itulah beberapa cara menyimpan daging ayam di kulkas agar tahan lama. Jangan sampai salah dalam menyimpan bahan makanan ini, sehingga daging ayam yang telah kamu beli terbuang percuma.