Sukses

Cara Memotong Rambut Sendiri Model Bob di Rumah, Mudah dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Cara memotong rambut sendiri model bob bisa diterapkan di rumah. Hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran kamu untuk potong rambut. Dengan mempelajari cara memotong rambut sendiri, kamu tidak perlu lagi ke salon dan membayar cukup mahal. 

Walaupun begitu, penerapan memotong rambut sendiri ini tentunya bukanlah hal yang mudah. Apalagi, kamu tidak bisa melihat rambutmu sendiri sepenuhnya. Kamu perlu menerapkannya dengan teliti dan menyiapkan segala peralatannya.

Cara memotong rambut sendiri model bob tidak terlalu sulit, namun harus dikerjakan dengan hati-hati. Kamu harus ekstra sabar agar potongan rambutmu sesuai dengan yang kamu inginkan. Sebaiknya, memotong rambut sendiri ini kamu terapkan jika belum ada keperluan penting saja saat kamu di rumah.

Jika berniat potong rambut karena ada keperluan penting, tentunya ke salon atau ke tempat cukur rambut lebih disarankan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/7/2020) tentang cara memotong rambut sendiri model bob.

2 dari 6 halaman

Siapkan Perlengkapan Potong Rambut

Cara memotong rambut sendiri model bob yang pertama adalah menyiapkan perlengkapan yang tepat. Kamu perlu membeli guntung rambut yang berkualitas dan khusus untuk kecantikan. Usahakan pilih gunting kecil dengan bilah sekitar 5-7,5 cm, sehingga kamu lebih mudah mengendalikannya. Jangan lupa juga menyiapkan sisir rambut yang sekiranya cocok dijadikan pemotong rambut.

3 dari 6 halaman

Perhatikan Model Rambut Bob yang Diinginkan

Sebelum memotong rambut, kamu perlu melihat contoh model bob yang kamu inginkan terlebih dahulu. Hal ini agar kamu lebih mudah menerapkan pemotongan rambut karena ada contohnya. Hal ini dapat memudahkan kamu untuk memikirkan bagaimana membuat model bob yang kamu inginkan ini.

Kamu bisa melihat foto-foto selebritas di internet yang memiliki rambut model bob, dan menirunya. Dengan begitu, kamu tidak terlalu kesulitan membayangkan bagaimana hasil akhirnya nantinya.

4 dari 6 halaman

Basahi Rambut Terlebih Dahulu

Cara memotong rambut sendiri model bob selanjutnya adalah dengan membasahi rambut terlebih dahulu. Hal ini karena memotong rambut dalam keadaan basah lebih mudah ditangan dan dikendalikan daripada saat kering. Jangan lupa sisir rambut menggunakan sisir bergigi rapat. Sisir ke bawah, terutama untuk rambut yang sering diselipkan ke belakang telinga.

5 dari 6 halaman

Cara Memotong Rambut Sendiri Model Bob dengan Metode Ekor Kuda

Cara memotong rambut sendiri model bob yang pertama bisa diterapkan dengan metode ekor kuda belah. Kamu bisa membersihkan rambut yang lembap karena dibasahkan terlebih dahulu. Berikut cara memotong rambut sendiri model bob dengan metode ekor kuda:

- Tahap pertama, belahlah rambut di bagian tengah selurus mungkin dengan menggunakan sisir bergigi rapat untuk menyisir rambut di masing-masing sisi rambut.

- Selanjutnya, tarik rambut ke belakang dan ikan menjadi ekor kuda rendah pada tengkuk. Pastikan rambut tertarik dengan kencang dan rata di kepala saat kamu menariknya untuk mengikat menjadi ekor kuda.

- Pastikan ekor kuda terletak tepat di tengah belakang kepala, dan berada sangat rendah di tengkuk.

- Kemudian, ikatkan satu karet rambut lagi tepat di atas tempat kamu ingin memotongnya. Hal ini berkaitan dengan panjang rambut yang kamu inginkan setelah dipotong.

- Tarik ekor kuda ke arah lanigt-langit secara perlahan. Pastikan kedudukan ekor kdua di tengkuk tidak menjadi longgar.

- Lalu, baru kamu boleh menggunting rambut di bawah pengikat kuncir tersebut. Lakukanlah sedikit demi sedikit agar kamu mendapatkan potongan yang rata. Jangan mencoba menggunting rambut sekaligus.

- Setelah menggunting bagian pengikat kuncir yang telah ditandai, kamu bisa melepaskan pengikat ekor kuda.

- Jika, guntingan kurang rapi atau tidak rata, kamu bisa merapikannya lagi sedikit demi sedikit.

6 dari 6 halaman

Cara Memotong Rambut Sendiri Model Bob dengan Metode Puntir

Cara memotong rambut sendiri model bob juga bisa dilakukan dengan metode puntir. Dengan metode ini, kamu bisa mendapatkan model bob yang miring. Berikut cara memotong rambut sendiri model bob dengan metode puntir:

- Kamu perlu menyisir rambut terlebih dahulu menjadi satu pada puncak kepala, kemudian puntir rambut dengan kencang.

- Setelah menandai seberapa panjang rambut yang akan dipotong, kamu bisa lengsung memotongnya dengan hati, hati. Peganglah rambut dengan erat di atas kepala, kemudian gunting rambut dengan posisi gunting ke arah dalam.

- Setelah itu, kamu bisa melepaskan rambut dan membiarkanya terurai untuk memuntir lagi ke arah sebalinya.  

- Bersamaan dengan menarik rambut ke atas sekali lagi, puntirlah rambut ke arah yang berbeda dari sebelumnya. Kamu bisa menggunting rambut yang masih belum beraturan saat potongan pertama.

- Setelah itu, kamu bisa menahan rambut yang sudah dipuntir di atas kepala sekali lagu untuk memeriksa ujung-ujung rambut yang masih belum rapi.

- Rapikan rambut yang masih mencuat dan tidak rata. Setelah itu, lepaskan dan biarkan terurai.

- Sisir rambut ke arah bawah dengan rapi, lalu kamu bisa menatanya agar lebih indah dan rapi.