Sukses

Anak Kedua Zaskia Adya Mecca Idap Tonsilitis Folikularis, Ini 5 Faktanya

Anak idap penyakit Tonsilitis Folikularis, Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo nampak kompak rawat anak.

Liputan6.com, Jakarta Baru saja membagikan kabar gembira tentang kelahiran anak kelimanya, Bhaj Kama Bramantyo. Kini pasangan Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo sedang bersedih karena anak keduanya, yakni Kala Madali Bramantyo terdiagnosis mengidap Tonsilitis Folikularis.

Kabar ini dibagikan oleh bintang film Ayat-Ayat Cinta ini pada Senin (6/7/2020) via fitur Instagram Stories. Zaskia  Adya Mecca menceritakan secara singkat tentang penyakit yang diderita oleh putri keduanya itu.

Meskipun memilliki kesibukan masing-masing, namun pasangan yang menikah pada tahun 2009 silam ini nampak kompak merawat buah hatinya. Hal ini nampak melalui aktivitas yang dibagikan oleh Zaskia Adya Mecca di akun Instagramnya.

Termasuk penyakit yang umum diderita oleh anak-anak, ini 5 fakta terkait Kala Madali Bramantyo yang idap Tonsilitis Folikularis. Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (7/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Penyakit yang umum diderita anak-anak

Jika mendengar istilah Tonsilitis Folikularis, mungkin masyarakat akan sedikit merasa asing. Namun sebenarnya penyakit ini memiliki nama lain, yakni Radang Amandel. Penyakit yang menyerang pangkal tenggorokan ini cukup umum terjadi pada anak-anak seusia Kala.

3 dari 6 halaman

2. Gejala penyakit

Tidak masuk ke klasifikasi penyakit yang berat, namun Tonsilitis Folikularis juga bisa akut dan membutuhkan penanganan khusus.

Pada umumnya, pasien penyakit ini juga tidak menunjukkan gejala penyakit berat. Tonsilitis Folikularis ditandai dengan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan terkadang disertai demam hingga 39 derajat celsius.

4 dari 6 halaman

3. Sudah minum antibiotik

Usai mengunggah potret pangkal lidah dan amandel Kala dari jarak dekat, Zaskia Adya Mecca pun menjelaskan bahwa penyakit tersebut tak kunjung hilang meski sudah minum antiobiotik.

Bintang sinetron Para Pencari Tuhan menjelaskan, "Namanya Tonsilitis Folikularis, infeksi bakteri. Harus minum antibiotik tapi sudah 4 botol antibiotik belum hilang juga."

5 dari 6 halaman

4. Kondisi Kala terus menurun

Infeksi bakteri memicu demam kambuhan dan badan lemas. Inilah yang meresahkan hati Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo. Pengobatan tuntas kuncinya.

"Kalau kumat, dia demam, badan lemas. Nah kalau ada begini HARUS dituntasin. Karena dalam sebulan bolak-balik demam enggak enak badan," artis kelahiran Jakarta, 8 September 1987, ini memaparkan.

6 dari 6 halaman

5. Melakukan cek darah

Kala Madali kemudian menjalani tes darah untuk memastikan kondisi kesehatan terkini dan mendapat diagnosis sahih. Mengingat gejala Tonsilitis Folikularis sekilas mirip difteri.

"Sekarang cek darah setelah dari dokter anak mau ke THT, gitu," ujar Zaskia Adya Mecca. Fakta Kala Madali terinfeksi di tengah wabah Covid-19 jelas bikin ketar-ketir. Zaskia Adya Mecca berharap putrinya segera pulih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini