Sukses

6 Cara Memilih Deodoran yang Tepat, Sesuaikan dengan Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta Cara memilih deodoran yang tepat perlu Anda ketahui agar tidak menyebabkan masalah pada kulit ketiak Anda. Mengapa demikian? Sebab, kulit pada ketiak merupakan kulit yang sangat sensitif dan rentan timbul iritasi di area tersebut. Itulah mengapa, sangat diperlukan kehati-hatian ketika akan membeli deodoran.

Membeli deodoran memang sudah mulai menjadi kebutuhan bagi tiap orang. Hal tersebut tidak terlepas dari aktivitas tinggi sehari-hari yang dapat menimbulkan produksi keringat berlebih. Sebenaranya, keringata yang dihasilkan oleh tubuh tidak berbau, akan tetapi, bau tidak sedap tersebut justru dapat timbul karena adanya bakteri yang tercampur pada keringat tersebut.

Mungkin tercampurnya bakteri dan keringat tersebut tidak dapat dihindari, namun di sinilah mengapa penggunaan deodoran sangat penting. Hal ini karena deodoran memiliki tugas yang sangat penting dalam mengurangi bau tak sedap hasil keringat tercampur bakteri dan dapat menjaga aroma tubuh Anda tetap segar. Bahkan deodoran tersebut yang mampu menangkal bakteri pada kulit, sehingga menekan kemungkinan timbulnya bau tidak sedap ketika berkeringat.

Untuk memakai deodoran juga terdapat waktu yang disarankan. Waktu tersebut adalah sesaat setelah mandi atau sebelum beraktivitas. Sebab keringat masih belum timbul ke permukaan kulit. Dengan kata lain, bahwa dengan menggunakan deodorant pada waktu tersebut, tubuh Anda akan terlindungi dari bakteri penyebab bau badan yang sudah sewajarnya muncul di tengah aktivitas.

Meksi begitu, Anda harus memastikan jika cara memilih deodoran yang tepat sudah Anda lakukan. Tentunya, tiap kulit manusia serta kebutuhan akan deodoran sangat berbeda dari tiap orangnya. Atau mudahnya, Anda perlu menentukan apa sebenarnya masalah yang sedang dihadapi dan mengapa membutuhkan deodoran tersebut. Hal tersebut menjadi dasar dari cara memilih deodoran yang tepat.

Nah, agar Anda tidak bingung mengenai cara memilih deodoran yang tepat, maka di bawah ini Liputan6.com telah menyiapkan informasi mengenai cara memilih deodoran yang tepat tersebut untuk Anda yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/7/2020).

2 dari 7 halaman

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal paling mendasar sebelum membeli deodoran adalah dengan memahami mengapa Anda membutuhkan deodoran. Sebab, memilih deodoran harus disesuaikan dengan kondisi dari tubuh. Apabila Anda merupakan seseorang yang memiliki kondisi badan dengan masalah berupa bau badan akan tetapi tidak terlalu berkeringat, maka Anda bisa memilih deodoran apapun yang ada di pasaran. Akan tetapi, jika Anda merupakan orang dengan masalah bau badan dan memiliki produksi keringat yang sangat besar, maka akan lebih baik jika Anda membeli jenis deodoran yang sudah terdapat antiperspirant.

Antiperspirant sendiri merupakan sebuah zat yang akan membantu tubuh dalam mengurangi produksi keringat, karena kandungan bahan aktif berupa garam aluminium yang akan larut dalam kelembapan permukaan kulit. Adanya larutan inilah yang kemudian membentuk gel yang dapat menyelimuti kelenjar keringat dan menekan jumlah produksi keringat pada tubuh. Sehingga tidak heran, jika jenis deodoran yang mengandung antiperspirant sangat disarankan karena mampu memberikan aroma segar sekaligus menghentikan keringat, mengingat deodoran biasa hanya bisa mengatasi bau badan tanpa membantu dalam menekan produksi keringat berlebih.

3 dari 7 halaman

2. Kenali Produk Deodoran

Apabila Anda sudah mengetahui deodoran seperti apa yang cocok untuk tubuh Anda, maka cara memilih deodoran yang tepat selanjutnya adalah dengan mengenali merek dan produk deodoran yang ditawarkan. Sebab, di Indonesia sendiri sudah sangat banyak tersedia berbagai merek deodoran dan antiperspirant yang dijual di pasaran. Namun, sayangnya tidak semua merek mampu memberikan hasil yang optimal untuk mengatasi masalah bau badan atau produksi keringat yang berlebih.

4 dari 7 halaman

3. Jangan Memilih Deodoran yang Mengandung Alkohol

Sempat disinggung di awal tadi, jika kulit ketiak merupakan jenis kulit yang cukup sensitif. Mungkin, tidak semua orang merasakan sensitifas kulit ketiak dan tidak masalah ketika menggunakan jenis deodoran yang memiiki kandungan alkohol. Namun, jika Anda merasa memiliki kulit yang terlalu senstif, maka akan lebih bijak dan aman jika memilih jenis deodoran yang bebas alkohol. Sebab, kandungan alkohol pada deodoran dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

5 dari 7 halaman

4. Jangan Memilih Deodoran yang Mengandung Pemutih

Selain baik untuk menghindari deodoran yang mengandung alkohol, Anda juga lebih baik untuk menghindari jenis deodoran yang memiliki kandungan pemutih. Sebab, kandungan pemutih yang ada di dalam deodoran juga sangat berpotensi untuk menyebabkan iritasi pada kulit ketiak yang memang cukup sensitif.

6 dari 7 halaman

5. Pilih Deodoran yang Aromanya sama dengan Parfum

Hal ini sangat penting diperhatikan, terutama jika Anda merupakan orang yang rajin menggunakan parfum. Sebab, aroma deodoran biasanya sangat kuat, sehingga akan mengganggu aroma dari parfum yang Anda gunakan. Agar aroma parfum tidak tercampur dengan aroma deodoran dan menyebabkan bau menyengat serta tidak sedap, ada baiknya Anda memperhatikan aroma deodoran yang akan dibeli.

Pastikan jika deodoran tersebut memiliki bau yang cukup netral dan aman jika dikombinasikan dengan aroma parfum yang digunakan. Selain bahaya jika tercampur parfum, Anda juga perlu memastikan jika aroma deodoran aman jika tercampur dengan aroma tubuh Anda. Sebab, salah-salah justru berpotensi membuat aroma tubuh Anda semakin tidak sedap.

7 dari 7 halaman

6. Pilih Deodoran dengan Teknologi Terbaru

Cara memilih deodoran yang tepat ini mungkin cukup membuat Anda bertanya-tanya. Namun, percaya atau tidak, banyak merek deodoran yang sudah menerapkan inovasi dari segi teknologi pada deodoran yang akan memberi hasil lebih baik ketika deodoran digunakan. Bahkan, ada jenis deodoran yang mampu menghalangi timbulnya noda kuning pada pakaian putih atau noda putih pada pakaian hitam. Selain itu, ada juga jenis deodoran yang akan semakin melindungi tubuh dari keringat dan bau badan berlebih ketika aktivitas yang dilakukan semakin tinggi.

Nah, jadi tidak sulit bukan cara memilih deodoran yang tepat. Namun memang diperlukan pemahaman terhadap kebutuhan diri sendiri. Selamat mencari deodoran yang sesuai, ya.