Sukses

8 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Awet dan Tetap Segar

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet perlu diperhatikan. Hal ini juga berpengaruh terhadap kualitasnya kamu konsumsi nantinya. Jika kualitas bahan makanan tersebut sudah buruk sejak dari penyimpanannya, maka saat kamu konsumsi nutrisinya juga bisa telah menurun.

Oleh karena itu, kamu bisa menyimpan sayuran di dalam kulkas agar lebih awet dan terjaga kesegarannya. Tidak hanya melakukan beberapa trik menyimpan sayuran, sebelum itu kamu juga harus memperhatikan kebersihan kulkas agar tidak memengaruhi kualitasnya.

Cara menyimpan sayuran di kulkas yang tepat akan menentukan kualitas bahan makanan tersebut. Hal ini dapat menghindarkan sayuran menjadi busuk dan cepat layu, sehingga kamu bisa tetap menggunakannya dalam jangka waktu tertentu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/7/2020) tentang cara menyimpan sayuran di kulkas.

2 dari 5 halaman

Pilih Sayur yang Masih Segar dan Simpan Dalam Plastik Terlebih Dahulu

Pilih Sayur yang Masih Segar

Sebelum mengenali cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet, kamu harus terlebih dahulu memilih sayuran yang segar saat membelinya. Ketika membeli sayuran hijau, pastikan membeli sayur yang masih segar dan baru. Kamu dapat mengetahui sayur tersebut masih baru atau tidak dari teksturnya yang cukup keras dan tak layu.

Simpan Dalam Plastik Terlebih Dahulu

Cara menyimpan sayuran di kulkas yang pertama adalah menjaga tingkat kelembapan. Kandungan air pada sayuran dan buah harus dijaga agar tahan lama dan tidak cepat membusuk.

Ketika buah atau sayur dipanen, maka akan banyak air yang hilang akibat penguapan. Jadi, jaga kandungan air tersebut dengan menyimpannya di dalam plastik yang dilubangi agar ia tetap masih bisa bernafas.

3 dari 5 halaman

Pastikan Kulkas Bersih dan Jangan Simpan di Freezer

Pastikan Kulkas Bersih

Memastikan kulkas bersih juga merupakan salah satu cara menyimpan sayuran di kulkas yang tepat. Kulkas yang bersih menjadi hal yang juga penting agar kualitas makanan tetap terjaga. Suhu pada kulkas juga mampu menentukan munculnya bakteri atau tidak.

Idealnya, suhu di dalam kulkas yaitu antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka bisa menimbulkan bakteri yang nantinya memengaruhi rasa dan juga aroma makanan. Sementara itu, jika lebih rendah akan membuat sayuran beku.

Jangan Simpan di Freezer

Seperti yang telah disinggung pada poin sebelumnya, suhu di dalam kulkas sangat menentukan penyimpanan sayur. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat buah dan sayur tak tahan lama sehingga cepat membusuk. Apalagi jika kamu menyimpannya di dalam freezer, maka sayuran akan langsung rusak saat dicairkan.

Tanda kerusakan tersebut seperti bercak kecokelatan pada apel dan lembek pada buah pir. Sebaliknya, jika disimpan pada suhu sangat tinggi, maka bahan makanan tersebut akan lunak, berkerut dan keriput.

4 dari 5 halaman

Jangan Cuci Sayuran Sebelum Menyimpannya dan Simpan dengan Kertas

Jangan Cuci Sayuran Sebelum Menyimpannya

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet selanjutnya adalah dengan tidak mencucinya sebelum menyimpan. Jika kamu ingin menyimpan sayur atau buah di kulkas, maka pastikan dalam keadaan kering.

Sayuran dan buah yang basah tidak akan tahan lama dan cepat akan rusak jika langsung disimpan di lemari es. Oleh karena itu, cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet dengan tidak mencucinya dulu harus diterapkan.

Simpan dengan Kertas dan Tisu Dapur

Menyimpan dengan kertas untuk menjaga kelembapan juga bisa diterapkan sebagai cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet. Simpanlah sayuran dengan membungkusnya menggunakan kertas.

Kertas mampu menyerap kelembapan yang berlebih sehingga sayuran tidak akan cepat membusuk. Jika ingin lebih kering, maka lapisi dengan tisu dapur di bagian bawah sayur, lalu bungkus kertas.

5 dari 5 halaman

Simpan Sayur di Tempat Khusus dan Ambil Sesuai Kebutuhan

Simpan Sayur di Tempat Khusus

Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet berikutnya adalah simpan di tempat khusus. Kini banyak jenis tempat penyimpanan sayur, buah dan makanan lain yang mampu menjaga kesegarannya. Pastikan tempat penyimpanan tersebut kedap udara sehingga sayuran akan lebih tahan lama disimpan di lemari es.

Ambil Sesuai Kebutuhan

Jika kamu ingin menggunakan sayuran yang sedang disimpan di kulkas, ambil lah sesuai kebutuhan. Cara menyimpan sayuran di kulkas agar awet ini bertujuan agar sayur tidak terlalu sering keluar masuk kulkas. Jika sayuran terlalu sering keluar masuk kulkas, maka kualitasnya akan menurun dan mudah busuk karena sering terpapar suhu yang berbeda-beda. Jadi, saat ingin mengolahnya, ambillah secukupnya.