Sukses

6 Cara Mencuci Botol Susu Bayi yang Benar, Jangan Lupa Sterilisasi

Liputan6.com, Jakarta Cara mencuci botol susu bayi yang benar harus selalu diterapkan. Apalagi, botol susu bayi ini nantinya akan menampung susu yang akan diminumnya dan menjadi tempat menempelnya mulut bayi. Tentunya semua bagiannya harus dijaga tetap bersih dan steril.

Mencuci botol susu bayi memang tidak boleh sembarangan. Kebersihan botol susu bayi berkaitan erat dengan kesehatannya. Kamu bisa menerapkan cara membersihkan botol susu bayi secara manual maupun menggunakan mesin pencuci. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan sterilisasi.

Cara mencuci botol susu bayi yang benar berguna untuk menghindarinya dari gangguan kesehatan. Membersihkan botol susu bayi dengan cara yang benar dapat mencegah bayi terserang berbagai jenis gangguan pencernaan, seperti diare dan muntah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/7/2020) tentang cara mencuci botol susu bayi yang benar.

2 dari 5 halaman

Pastikan Tangan Bersih dan Gunakan Sabun Khusus

Pastikan Tangan Kamu Bersih

Cara mencuci botol susu bayi yang benar pertama adalah memastikan tangan kamu bersih terlebih dahulu. Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir. Gosok tangan menggunakan sabun selama kurang lebih 20 detik.

Gunakan Sabun Khusus untuk Mencuci Botol Bayi

Cara mencuci botol susu bayi selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun khusus pembersih botol dan peralatan bayi yang memiliki formula 100% food grade yang aman. Kamu juga harus memilih sabun khusus mempunyai stain removal yang dapat menghilangkan sisa lemak susu yang sering menimbulkan bau pada botol bayi.

Selain itu, pilih sabun pembersih botol yang tidak terlalu banyak menghasilkan busa, karena busa biasanya menandakan bahwa sabun tersebut memiliki kandungan detergent yang tinggi.

3 dari 5 halaman

Lepas Semua Komponen Botol dan Rendam Dalam Air Hangat

Lepas Semua Komponen Botol

Melepas semua komponen botol sebelum mencucinya merupakan salah satu cara mencuci botol susu bayi yang harus diterapkan. Sering kali terjadi, kamu tidak melepas semua komponen dan hanya mencuci pada bagian tertentu saja, terutama pada leher pengencang dot dan gelang dot.

Padahal ternyata di tempat inilah biasanya banyak kotoran dan kuman menempel yang menjadi sumber penyakit. Jadi, pastikan untuk membuka semua elemen botol dan bersihkan satu persatu agar steril.

Rendam Dalam Air Hangat dan Sabun

Cara mencuci botol susu bayi berikutnya bisa dengan merendamnya dalam air hangat dan sabun. Rendam bagian-bagian botol dalam baskom berisi air hangat dan sabun. Hindari meletakkannya di wastafel, karena dapat meningkatkan risiko botol terkontaminasi kuman.

4 dari 5 halaman

Gunakan Sikat Khusus dan Bilas Hingga Bersih

Gunakan Sikat dan Spon Khusus untuk Mencuci Botol Bayi

Cara mencuci botol susu bayi selanjutnya adalah dengan menggunakan sikat dan spon khusus. Gunakan spons berbeda untuk mencuci botol dan peralatan bayi, dan jangan dicampur dengan spons yang biasa dipakai untuk mencuci peralatan rumah tangga lainnya.

Hal ini bertujuan agar spons yang khusus digunakan untuk mencuci botol tidak terkontaminasi kuman atau bakteri dari sisa mencuci peralatan rumah tangga lainnya. Mulailah bersihkan botol dari bagian paling dasarnya. Saat membersihkan dot, pastikan kamu bisa mengeluarkan air dari lubang dot untuk memastikannya sudah benar-benar bersih.

Bilas Hingga Bersih, Lalu Keringkan

Setelah mencucinya hingga bersih, kamu bisa membilasnya kembali dan mengeringkannya. Penting untuk membilas botol hingga bersih agar tidak ada sisa sabun yang tersisa dan pastikan juga proses pengeringan botol benar agar tidak timbul jamur pada botol.

Selain mencuci secara manual, kamu juga bisa menerapkan cara mencuci botol susu bayi yang benar dengan menggunakan mesin pencuci. Walaupun lebih praktis, kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya dengan teliti.

5 dari 5 halaman

Cara Sterilisasi Botol Susu Bayi

Setelah mengikuti semua cara mencuci botol susu bayi yang benar, kamu juga perlu menerapkan sterilisasi. Dengan begitu, botol susu bayi dapat digunakan kembali. Kamu harus memastikan botol susu yang dipakai benar-benar steril dari kuman dan bakteri, agar bayi tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Cara sterilisasi botol susu bayi ini cukup dengan memisahkan semua bagian botol, kemudian rendam semua bagian tersebut dalam panci berisi air mendidih selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, angkat dan keringkan dengan handuk bersih. Hal ini bisa diterapkan jika kamu belum memiliki steam ataupun alat sterilisasi dengan sinar UV.

Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter tentang cara mencuci botol susu bayi yang benar ini agar lebih aman dan kesehatan bayi tetap terjaga.