Sukses

10 Makanan Penurun Berat Badan Tercepat, Kaya Serat dan Rendah Kalori

Liputan6.com, Jakarta Makanan penurun berat badan tercepat didominasi oleh buah-buahan. Hal ini karena kandungan serat cukup tinggi yang dapat membuat seseorang kenyang lebih lama. Selain itu, buah juga dikenal rendah kandungan lemak dan kalori.

Beberapa orang mengurangi asupan makanan saat ingin menurunkan berat badan. Padahal kamu bisa memilih berbagai makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan ini. Selain konsumsi makanan mengandung serat, makanan yang memiliki kekuatan untuk membakar lemak juga baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Makanan penurun berat badan tercepat bisa dikonsumsi secara rutin. Namun, untuk menurunkan berat badan, kamu tentunya juga harus menerapkan gaya hidup yang sehat, seperti menghindari makanan tinggi kalori, membatasi konsumsi gula, memperbanyak minum air putih, dan rutin berolahraga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/7/2020) tentang makanan penurun berat badan tercepat.

2 dari 6 halaman

Buah Apel dan Pir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan penurun berat badan tercepat didominasi oleh buah-buahan. Buah apel dan pir merupakan makanan yang baik untuk menurunkan berat badan.

Hal ini tentunya berkat kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori. Apalgi, apel juga mengandung senyawa pektin yang mampu memperlambat proses pencernaan, sehingga kamu dapat merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan flavonoid pada buah apel dan pir sangatlah tinggi. Kedua bahan kimia alami dalam makanan nabati ini memiliki efek melawan lemak. Hal inilah yang menyebabkan dua buah ini dianggap sebagai buah terbaik untuk menurunkan berat badan.

Pada sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa perempuan yang sering mengonsumsi flavonoid secara signifikan memiliki peningkatan indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada perempuan yang makan paling sedikit.

Saat mengonsumsi apel, kamu dianjurkan memakannya bersama dengan kulitnya. Ini bertujuan agar kandungan serat di kulit apel tidak terbuang sia-sia.

3 dari 6 halaman

Jeruk Bali dan Alpukat

Grapefruit atau Jeruk Bali

Grapefruit atau Jeruk Bali merupakan salah satu makanan penurun berat badan tercepat yang bisa kamu konsumsi. Buah ini dapat menurunkan berat badan karena kandungan kalori yang rendah, sehingga cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet.

Selain itu, kandungan air yang terdapat pada jeruk bali juga mencapai 90%, hal ini membuat kamu lebih cepat kenyang dan dapat menahan rasa lapar.

Alpukat

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi alpukat dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan karena asam oleat yang terkandung di dalamnya dapat menekan rasa lapar.

Makanan penurun berat badan tercepat ini juga dapat membuat kamu memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil. Namun, jangan mengonsumsi alpukat dengan bahan tambahan yang tinggi kalori, seperti gula, susu kental manis dan lain sebagainya.

4 dari 6 halaman

Gandum dan Pisang

Gandum

Makanan penurun berat badan tercepat selanjutnya adalah gandum. Pada proses menurunkan berat badan, bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsi karbohidrat. Selama yang dipilih adalah jenis yang tepat, karbohidrat sebenarnya sangatlah baik.

Bahkan karbohidrat merupakan salah satu sumber makanan pembakar lemak yang harus dikonsumsi. Hal ini guna mencukupi kebutuhan serat. Kamu bisa memilih gandum utuh sebagai sumber karbohidrat, yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama dan menghentikan kamu dari makan berlebihan.

Pisang

Pisang juga merupakan salah satu makanan penurun berat badan tercepat. Meski cukup tinggi kalori dibandingkan buah lainnya, kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat membantu kamu menurunkan berat badan.

Hal ini karena serat mampu membuat kamu cepat kenyang dan merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

5 dari 6 halaman

Jeruk dan Telur

Jeruk  

Buah yang tinggi kandungan vitamin C ini bisa kamu konsumsi sebagai makanan penurun berat badan tercepat berikutnya. Tak hanya tinggi vitamin C, jeruk juga kaya akan kandungan serat alami. Kandungan serat ini bisa membuat kamu tidak cepat merasa lapar usai mengonsumsinya.

Telur

Protein juga membantu dalam proses menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Hal ini karena tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk memecah makanan protein daripada untuk memecah makanan lain.

Protein merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan untuk membantu pembakaran lemak. Protein juga membantu kamu untuk mempertahankan massa otot saat kamu menurunkan berat badan dan karena otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak.

6 dari 6 halaman

Produk Olahan Susu dan Kacang-kacangan

Produk Olahan Susu

Pada sebuah penelitian mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi susu paling banyak akan mengalami penurunan massa lemak sebanyak 1,6 pon lebih besar daripada mereka yang tidak mengonsumsi susu.

Hal ini dikarenakan adanya kalsium dalam susu yang mampu menurunkan kadar vitamin yang mendorong sel-sel lemak untuk tumbuh, sehingga lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kacang-kacangan, seperti almond merupakan bahan makanan pembakar lemak yang harus kamu konsumsi ketika ingin menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan serat, protein, dan lemak baik yang terkandung di kacang bisa meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin dan membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, kacang kenari juga merupakan salah satu sumber non ikan terbaik yang bisa dikonsumsi jika kamu ingin mencari kandungan asam lemak omega-3 dan almond memberikan manfaat tambahan dalam pembentukan tulang karena kalsiumnya yang tinggi. Jadi, kamu bisa juga mengonsumsi kacang-kacangan ini sebagai makanan penurun berat badan tercepat.