Sukses

6 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong bagi Kesehatan

Manfaat minum air putih saat perut kosong terutama di pagi hari dapat menyehatkan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum air putih saat perut kosong terutama di pagi hari dapat menyehatkan tubuh. Tentunya kamu bisa menerapkan kebiasaan sehat yang sederhana ini setiap harinya. Apalagi, saat perut masih kosong di pagi hari, kamu harus berhati-hati untuk mengonsumsi makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh.

Minum 2-3 gelas air putih segera setelah bangun pagi baik untuk kesehatan. Selain minum 2-3 gelas air putih segera setelah bangun dari tidur di pagi hari, kamu juga harus membiasakan untuk minum 8 gelas air dalam sehari untuk menjaga kesehatan.

Manfaat minum air putih saat perut kosong di pagi hari harus dibiasakan. Air putih merupakan jenis cairan yang paling diperlukan oleh tubuh karena sejumlah manfaatnya. Oleh karena itu, penuhi asupan hariannya agar kesehatan kamu senantiasa terjaga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/7/2020) tentang manfaat minum air putih saat perut kosong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membersihkan Usus dan Mencegah Infeksi

Membersihkan Usus

Manfaat minum air putih saat perut kosong yang pertama adalah membersihkan usus. Minum air putih saat perut kosong akan membantu saluran pencernaan untuk membuang limbah berbahaya yang menumpuk di dalam usus.

Dengan begini, sistem pencernaan akan lebih siap dan lebih mudah menyerap nutrisi yang akan masuk dari makanan yang akan kita konsumsi pada hari tersebut. Hal ini juga bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar (kolon) yang mengancam pria dan wanita.

Mencegah Infeksi

Infeksi juga dapat dicegah dengan manfaat minum air putih saat perut kosong ini. Hal ini disebabkan karena minum air putih di pagi hari bisa membantu menyeimbangkan sistem limfa tubuh kita. Kelenjar getah bening bisa berfungsi lebih optimal dengan menyeimbangkan cairan dalam tubuh hingga mencegah terjadinya infeksi.

Bahkan, minum air putih saat perut kosong dapat membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit, seperti sakit kepala, penyakit jantung, radang sendi, detak jantung cepat, epilepsi, kelebihan lemak, bronkitis, hingga asma.

3 dari 4 halaman

Bantu Menurunkan Berat Badan dan Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih saat perut kosong berikutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini tentunya sangat baik bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, kamu juga bisa terhindar dari kegemukan.

Minum banyak air putih saat diet sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan karena tidak mengandung kalori. Minum air juga menghilangkan semua racun dan mengurangi keasaman. Saat air meningkatkan metabolisme, tubuh kamu juga cenderung membakar kalori lebih cepat.

Coba minum 500 ml air putih pada pagi hari. Minum 500 ml air putih saat perut kosong bisa meningkatkan kinerja metabolisme sebanyak 24% pada pagi hari.

Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Air bisa membantu mengeluarkan racun-racun dari dalam darah. Hal ini pun bisa berdampak langsung pada kulitmu. Jadi, manfaat minum air putih saat perut kosong selanjutnya adalah membuat kulit jadi tampak lebih cerah dan bersinar.

Apalagi, jika kamu kekurangan asupan air putih, maka kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah kulit. Dehidrasi menyebabkan keriput dini dan membuat kulit keropos. Minum air putih saat perut kosong mengatur aliran darah dan meningkatkan kualitas kulit. Dengan membantu melepaskan racun dari tubuh, air putih dapat membuat kulit lebih cerah.

 

4 dari 4 halaman

Memaksimalkan Produksi Sel Baru dan Meningkatkan Energi

Memaksimalkan Produksi Sel Baru

Manfaat minum air putih saat perut kosong juga dapat memaksimalkan produksi sel baru. Produksi sel-sel darah dan otot yang baru bisa meningkat dengan kebiasaan minum air putih dalam keadaan perut kosong di pagi hari.

Air juga akan menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi yang sangat penting untuk berfungsinya organ internal tubuh. Hal ini jelas akan sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Meningkatkan Energi

Manfaat minum air putih saat perut kosong di pagi hari juga bisa jadi cara meningkatkan energi secara instan. Pasalnya, ketika kamu mengalami dehidrasi di pagi hari, maka kamu bisa merasa lelah.

Jadi, jika sering merasa lelah di pagi hari, minumlah segelas air hangat. Minum air putih saat perut kosong akan merangsang sel darah merah untuk tumbuh lebih cepat, sekaligus memperlancar asupan oksigen ke dalam darah. Tubuh pun menjadi lebih berenergi dan semangat.

Kebiasaan minum air putih saat perut kosong di pagi hari tentunya sangat mudah dilakukan secara rutin setiap harinya. Optimalkan manfaat minum air putih saat perut kosong di pagi hari ini dengan menjaga pola makan dan olahraga teratur untuk membuat kesehatan dan kebugaran tubuh senantiasa terjaga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.