Sukses

Demi Bisa Bersekolah, Gadis Ini Rela Kayuh Sepeda Sejauh 24 Km

Liputan6.com, Jakarta Mendapat pendidikan yang layak adalah hak bagi semua orang, terutama anak-anak. Untuk mendapat pendidikan khususnya formal, seorang anak perlu bersekolah dan dibimbing oleh guru. Dengan menempuh pendidikan di sekolah, siswa diharapkan dapat membangun masa depannya dengan baik dan berguna untuk sekitarnya.

Namun tidak semua orang dapat dengan mudah untuk mendapatkan pendidikan. Banyak anak-anak yang putus sekolah karena keterbatasan ekonomi. Selain itu, ada pula anak didik yang harus berjuang keras untuk dapat merasakan bangku sekolah.

Seperti yang dialami oleh seorang siswa asal India yang bernama Roshni Bhadouriya ini. Hampir setiap hari ia berjuang keras mengayuh sepedanya sejauh 24 kilometer demi dapat bersekolah dan memperoleh ilmu.

Meskipun harus menempuh jarak yang sangat jauh, namun gadis berusia 15 tahun itu tetap semangat dan melanjutkan pendidikannya demi kehidupan yang lebih baik dan membanggakan orangtuanya. Roshni terpaksa bersepeda di bawah terik matahari dan hujan lebat untuk mencapai sekolah.

2 dari 2 halaman

Mendapat Nilai yang Bagus di Sekolah

Bahkan pada suatu ketika saat pelajaran usai, ia sempat tidak bisa pulang ke rumahnya karena terhalang banjir. Tidak jarang pula, ia terpaksa menginap di rumah sanak saudaranya karena tidak cukup waktu untuk pulang.

Namun semua lelah dan jerih payahnya itu pun berbuah manis. Roshni berhasil membuktikan bahwa ia mampu bersekolah dan mendapat nilai gemilang. Ia lulus dengan nilai mencapi 98,5 dari 100 pada ujian yang diselenggarakan di sekolahnya. Roshni juga berada di urutan ke delapan dalam daftar prestasi nasional.

Gadis 15 tahun itu sendiri bukan dari keluarga kaya raya. Ayah Roshni adalah seorang petani berusia 39 tahun di sebuah desa. Pria bernama Purushottam Bhadouriya ini sangat bangga dengan pencapaian putrinya tersebut.

"Semua anak saya adalah pelajar yang bagus, tapi ia membuat semuanya bangga. Tak ada siapapun di keluarga kami yang mendapat nilai sebagus itu," kata sang ayah seperti dikutip oleh Liputan6.com dari mStar, Rabu (8/7/2020).

Purushottam berharap putrinya dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dan bisa bekerja di perusahaan besar suatu saat nanti. Ayah Roshni juga mengaku tidak pernah terpikir untuk menghentikan pendidikan anak-anaknya.