Sukses

5 Cara Merawat Bunga Mawar Agar Tidak Layu, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Bunga mawar konon dijuluki sebagai ratunya bunga. Bunga ini memang sungguh indah, harum, dan menawan. Tidak heran jika harga bunga mawar tergolong mahal. Hal ini membuat cara merawat bunga mawar agar tidak layu juga penting untuk diketahui. 

Bunga mawar bisa tahan lama jika bisa dirawat dengan benar. Bunga mawar juga bisa cepat layu jika hanya dibiarkan. Padahal sebenarnya, cara merawat bunga mawar agar tidak layu mudah diterapkan. Tentu saja hanya perlu sedikit ketelatenan.

Cara merawat bunga mawar agar tidak layu bisa mulai dipraktikkan sebelum memetiknya. Ada pula bahan yang bisa digunakan untuk menjaga kesegaran bunga mawar secara alami. Bahan ini seperti soda, cuka apel, koin, hingga aspirin.

Berikut Liputan6.com ulas cara merawat bunga mawar agar tidak layu dari berbagai sumber, Rabu (8/7/2020).

 

2 dari 6 halaman

Persiapkan Bunga

Mempersiapkan bunga mawar termasuk cara merawat bunga mawar agar tidak layu. Persiapan ini bisa dilakukan sebelum memotong bunga mawar. Bisa juga sebelum memutuskan untuk membelinya. Jika ingin mempersiapkan bunga mawar dari kebun sendiri, sebaiknya dipotong sepagi mungkin.

Memotong bunga mawar lebih pagi dilakukan karena udara pagi lebih sejuk. Setelah memotongnya, segera rendam tangkai pada air tawar bersih. Bisa gunakan ember atau baskom, ya.

Nah, sebelum memotongnya di pagi hari jangan lupa untuk menyiramnya sedikit air pada malam hari. Hal ini ditujukan agar mawar terhidrasi dengan baik dan bisa segar lebih lama. Potong tangkai bunga mawar dengan kemiringan 45 derajat menggunakan alat pangkas bersih.

Namun jika ingin membelinya dari toko, pastikan bahwa penjual memetiknya pada agi hari. Lalu pilih bunga mawar yang paling segar. Bisa juga untuk memilih bunga mawar yang disimpan di dalam unit pendingin. Bunga mawar ini tentu lebih segar.

 

3 dari 6 halaman

Vas Bunga

Setelah memetik/membelinya, cara merawat bunga mawar agar tidak layu selanjutnya dengan mempersiapkan vas. Pastikan vas bunga yang akan digunakan sudah dalam keadaan bersih. Vas bunga yang bersih akan menghindarkan bunga mawar dari bakteri. Jika bunga mawar terhindar dari bakteri, maka bunga ini tidak akan mudah layu.

Vas bunga yang sudah dipersiapkan juga harus diisi dengan air. Pastikan bahwa air yang digunakan air hangat, bukan air dingin. Air yang hangat akan lebih memudahkan penyerapan nutrisi di dalam air. Selain itu, pastikan bahwa suhu airnya 45 derajat celcius.

 

4 dari 6 halaman

Penempatan

Bunga mawar yang sudah dimasukkan dalam vas bunga, selanjutnya harus ditempatkan pada lokasi yang tepat. Bunga mawar yang sudah dipetik tidak menyukai sinar matahari. Jadi, lebih baik hindari paparan sinar matahari dan sumber panas yang lain.

Paparan panas ini akan membuat bunga mawar justru terkena radiasi dan mudah layu. Pastikan bahwa bunga mawar ini tidak kekurangan air. Lakukan juga pemotongan di dalam air jika tangkai bunga yang dipetik terlalu panjang. Potong bagian ujung kira-kira 1 cm dengan cara menyerong.

5 dari 6 halaman

Perawatan

Perawatan secara berkala juga perlu dilakukan. Mengganti air dalam vas bunga sebanyak 2 hari sekali. Hal ini ditujukan agar air kotor tidak diserap oleh tangkai bunga. Air yang kotor akan membuat bunga mawar menjadi lebih cepat layu.

Jangan lupa terapkan cara merawat bunga mawar agar tidak layu dengan memotong tangkai secara berkala. Tangkai bunga yang terlalu lama di dalam air sudah pasti akan mengalami kebusukan. Begitu juga daya serap tangkai tehadap air juga sudah tidak maksimal. Hal ini ditandai dengan tangkai bunga yang berwarna gelap.

6 dari 6 halaman

Kesegaran Bunga

Soda

Soda bisa digunakan untuk mempertahankan kesegaran bunga mawar. Cara merawat bunga mawar agar tidak layu juga mudah. Hanya perlu memotong bagian tangkai yang busuk dan merendam tangkai baru dengan campuran soda dan air. Soda ini berfungsi untuk mengembalikan kesegaran bunga mawar yang dipotong. Bunga mawar juga akan mekar dan lebih tahan lama karena kandungan gula dalam soda.

Cuka apel

Campuran air dan cuka apel bisa digunakan untuk menjaga kesegaran bunga mawar. Cara merawat bunga mawar agar tidak layu ini bisa dengan menambahkan cuka apel dalam air. Kemudian ditambah dengan 2 sendok gula pasir ke dalam vas bunga. Jangan lupa untuk menggantinya secara berkala.

Aspirin

Aspirin bisa diandalkan untuk menjaga kesegaran bunga mawar. Cara merawat bunga mawar agar tidak layu dengan aspirin cukup mudah. Hanya perlu menghaluskan pil aspirin. Jika sudah dihaluskan kemudian tambahkan dalam vas bunga yang berisi air. Ganti pula air secara berkala.

Uang koin

Logam koin juga bisa digunakan untuk menjaga kesegaran bunga mawar. Cara merawat bunga mawar agar tidak layu dengan logam lebih mudah dari yang lain. Hanya perlu menyiapkan uang logam atau kepingan logam.

Kemudian masukkan ke dalam vas bunga yang berisi air dan mawar. Tambahkan air dalam vas dengan satu sendok gula pasir. Tujuannya agar kesegarannya tetap terjaga dan tidak ditumbuhi bakteri. Jangan lupa untuk tetap menggantinya secara berkala.