Sukses

5 Cara Merawat Alis agar Tidak Rontok, Mudah Dipraktikkan

Ikuti beberapa cara merawat alis agar tidak rontok ini agar penampilan selalu terjaga.

Liputan6.com, Jakarta Cara merawat alis agar tidak rontok tampaknya cukup penting diperhatikan terutama bagi para wanita. Sebab, cara merawat alis agar tidak rontok ini akan membantu Anda untuk selalu terjaga dari segi penampilan. Mengingat, dengan alis yang tebal dan memiliki bentuk indah serta sehat akan menambah tegas karakter wajah yang semakin memesona.

Namun, keinginan untuk memiliki alis yang memiliki bentuk indah dan memesona tersebut terkadang tidak dibarengi dengan cara merawat alis agar tidak rontok. Sehingga, alis terkadang justru tidak bertahan lama keindahannya, bahkan berisiko mengalami alis gundul dan harus melakukan perawatan secepatnya.

Jika Anda salah satu orang yang beruntung memiliki jenis alis tebal dan berbentuk indah, maka coba praktikkan cara merawat alis agar tidak rontok yang benar. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot berdandan terlalu lama sehari-hari hanya untuk membentuk alis dengan pensil alis, yang terkadang membutuhkan waktu berjam-jam dan perlu keahlian khusus agar hasilnya terlihat alami.

Selain menggunakan alat rias seperti pensil alis, terkadang demi mendapatkan alis yang terlihat tebal dan indah ada yang sampai melakukan sulam alis. Memang, sah-sah saja untuk melakukan berbagai cara di atas, namun akan sangat disayangkan jika alis alami yang Anda dimiliki tidak diperlakukan dengan baik, dan justru membuat Anda menyesal di kemudian hari.

Nah, supaya tidak membuat Anda menyesal akibat alis rontok, maka di bawah ini Liputan6.com telah merangkum cara merawat alis agar tidak rontok dari berbagai sumber. Namun, yang perlu diingat adalah cara merawat alis agar tidak rontok ini akan efektif dan optimal hasilnya apabila dilakukan dengan rutin, Rabu (8/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Rutin Menyisir Alis

Cara merawat alis agar tidak rontok ini sangatlah mudah, yaitu Anda cukup menyisir alis dengan kuas khusus alis secara teratur. Hal ini akan membantu sel kulit mati di bawah alis dapt terkelupas dan terangkat. Selain itu, melakukan cara merawat alis agar tidak rontok ini juga akan membantu aliran darah tetap lancer dan juga mendorong pergantian dan pertumbuhan rambut pada alis.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Minyak Alami

Selain menyisir alis dengan rutin, agar hasil yang didapatkan lebih maksimal, Anda juga bisa menambahkan penggunaan minyak kelapa, minyak kemiri, minyak almond, minyak biji wijen, atau minyak jarak ketika sedang menyisir alis. Penggunaan berbagai jenis minyak tersebut akan membantu alis Anda tetap terjaga kelembutannya, alis menjadi mudah diatur, serta alis menjadi lebih sehat dan tidak mudah rontok. Sebab, berbagai minyak tersebut memiliki kandungan Omega 3 serta vitamin yang akan sangat baik bagi kesehatan kulit serta rambut pada alis.

4 dari 6 halaman

3. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Cara merawat alis agar tidak rontok ini mungkin tidak menggunakan metode yang bersentuhan langsung. Namun, memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi dari berbagai jenis makanan sehari-hari sangat penting diperhatikan. Sebab, selain baik untuk kesehatan, makanan dengan kandungan nutrisi tinggi seperti biotin dan zinc akan sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, kulit, serta kuku.

Tidak hanya sampai disitu, kandungan makanan berupa protein juga dapat membantu alis tumbuh lebih tebal. Bahkan, pada makanan bernutrisi tinggi biasanya terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral lain yang sangat baik untuk membantu kesehatan serta pertumbuhan alis, seperti vitamin E, B12, dan asam lemak Omega 3.

Jenis makanan bernutrisi tinggi tersebut seperti, sayuran, buah-buahan, serta jenis sumber protein seperti daging merah atau jenis daging ikan segar. Jadi, apabila Anda merasa megalami kerontkan pada rambut di kepala atau alis, lebih baik perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

5 dari 6 halaman

4. Hindari Paparan Produk Perawatan Wajah

Hal ini mungkin kurang diperhatikan, padahal paparan produk perawatan kulit wajah yang terkena bagian rambut alis dapat perlahan-lahan merusaknya. Biasanya, kerusakan tersebut akan dimulai dari rontok secara perlahan dan akhirnya alis mengalami kebotakan. Jenis produk perawatan kulit wajah seperti krim wajah, pelembap, serta tabir surya ternyata sangat banyak mengandung bahan kimia, yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan rambut alis.

6 dari 6 halaman

5. Cabut Alis Sehabis Mandi

Mungkin mencabut alis merupakan cara terbaik yang sangat mudah dilakukan agar bentuk dari alis tetap terlihat rapi. Akan tetapi, cara ini ternyata berpotensi untuk menyebabkan iritasi serta menimbulkan rasa sakit. Jadi, pastikan Anda mencabut alis setelah mandi. Sebab, ketika mandi, terutama jika menggunakan air hangat, pori-pori tubuh akan terbuka.

Selain itu, ketika mandi menggunakan air hangat juga sangat membantu melembutkan folikel rambut alis yang dapat menurunkan risiko kemerahan dan iritasi di sekitar area kulit tersebut.

Nah, mungkin cara merawat alis agar tidak rontok di atas bias Anda praktikkan dengan rutin. Terutama, jika Anda mengalami kerontokan pada rambut alis Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini